Deretan Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Globe | Buliran.com

NEGARA terbesar di dunia bisa dikelompokkan berdasarkan macam-macam tolok ukur, mulai dari jumlah penduduk hingga luas wilayahnya. Lantas, negara apa yang mendapat gelar sebagai negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya?

Indonesia menjadi salah satu negara terbesar di dunia. Namun, Indonesia bukanlah negara terbesar yang ada di dunia jika diukur berdasarkan luas wilayahnya. Supaya rasa penasaran Anda terjawab, berikut daftar 10 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya.

Sebelum mengetahui negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya, Anda perlu paham bagaimana cara menentukan luas wilayah suatu negara. Luas wilayah suatu negara diukur berdasarkan total area, wilayah daratan, dan daerah perairan.

Luas tersebut diukur dalam satuan mil persegi atau kilometer persegi. Setiap negara memiliki dua ukuran luas yang berbeda, yaitu luas daratan dan luas total. Luas total dipakai untuk menunjukkan luas wilayah suatu negara.

Untuk luas total mencakup luas daratan suatu negara termasuk danau, waduk, sungai, serta kadang-kadang perairan pesisir dan teritorial. Sementara, luas daratan dihitung berdasarkan luas dari semua daratan yang ada di dalam sebuah negara dan hanya mengukur tanahnya.

Jika diukur berdasarkan luas wilayah, berarti diukur total area suatu negara termasuk danau, waduk, sungai, serta kadang-kadang perairan pesisir dan teritorial.

Ini dia 10 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya:

1. Rusia

8.1 Rusia | Buliran.com

Berdasarkan luas wilayahnya, Rusia menjadi negara terbesar di dunia dengan total area mencapai 17,1 juta km persegi. Luas negara Rusia termasuk perairan dan danau Baikal, danau air tawar dengan volume terbesar di dunia. Sementara, total wilayah daratan Rusia bahkan mencapai 11% dari total luas daratan dunia.

Baca Juga   Wajib Diketahui! Ini Dampak Terhirup Gas Air Mata

Membentang di bagian utara benua Eurasia, sebanyak 77% wilayah Rusia ada di Asia dan 23% lainnya terletak di Eropa. Lanskap Rusia bervariasi, mulai dari gurun hingga garis pantai yang membeku, pegunungan tinggi, hingga rawa-rawa besar.

Bentang alam utama Rusia termasuk Gunung Elbrus, Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Altai, Pegunungan Ural, Pegunungan Stanovoy, Semenanjung Kamchatka, Dataran Siberia, hingga Dataran Tinggi Siberia.

2. Kanada

8.2 Kanada | Buliran.com

Kanada ada di posisi kedua negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Negara ini memiliki total area sebesar 9,985 juta km persegi atau 6,1% dari total daratan dunia.

Terletak di Amerika Utara, Kanada menempati sekitar dua perlima bagian utara benua Amerika Utara. Kanada memiliki sekitar 31,7 ribu danau dengan sekitar 500 di antaranya seluas lebih dari 100 km persegi.

Dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Atlantik, dan Arktik, Kanada memiliki garis pantai terpanjang di dunia, yaitu sepanjang 243.977 kilometer. Lanskap Kanada juga bervariasi, mulai dari pegunungan megah hingga lembah berhutan.

3. Amerika Serikat

8.3 Amerika Serikat | Buliran.com

Amerika Serikat menduduki negara terbesar ketiga di dunia dengan luas wilayah 9,834 juta km persegi. Jika dibandingkan, luas total Amerika Serikat sekitar 4 kali luas Indonesia.

Lanskap Amerika Serikat bervariasi, mulai dari pantai tropis di Florida hingga puncak di Pegunungan Rocky. Ada juga tanah padang rumput dan gurun tandus di Barat hingga daerah hutan belantara yang lebat di Timur Laut dan Barat Laut.

4. Cina

8.5 Cina | Buliran.com

Cina bercokol di posisi keempat negara terbesar di dunia dengan total area mencapai 9,597 juta km persegi. Luas total Cina lebih kecil dari AS karena negara ini memiliki wilayah perairan yang lebih sedikit.

Namun, Cina lebih besar dari AS jika diukur berdasarkan luas daratan. Luas daratan cina adalah 9,3 juta kilometer persegi atau 2,2% lebih besar dari luas daratan AS yang hanya 9,1 juta kilometer persegi.

Baca Juga   Wajib Tahu, Ini 7 Cairan yang Mematikan dan Paling Ditakuti Manusia

Kondisi geografis Cina meliputi pegunungan, dataran tinggi, gurun pasir, dan hutan lebat. Bahkan, sepertiga wilayah daratan China terdiri dari pegunungan, termasuk Gunung Everest sebagai gunung tertinggi di dunia yang ada di perbatasan Cina dan Nepal.

5. Brasil

8.5 Brasil | Buliran.com

Memiliki luas negara 8,516 juta km persegi, Brasil menempati posisi kelima negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Brasil juga merupakan salah satu negara dengan danau terbanyak, yakni sekitar 20 ribu danau kecil dan besar.

Selain itu, sekitar 519.522.000 hektare lahan di Brasil merupakan hutan. Ada juga perbukitan terjal, hutan pinus, dataran tinggi yang luas, dan pantai yang panjang tersaji di Brasil.

6. Australia

8.6 Australia | Buliran.com

Selanjutnya ada tetangga Indonesia, yakni Australia yang menempati urutan ke-6 negara terbesar di dunia berdasarkan wilayahnya. Australia memiliki luas total 7,69 juta km persegi. Daratan Australia mencakup daratan utama Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Sepertiga daratan Australia adalah padang pasir. Sepertiga lainnya yaitu stepa atau semi padang pasir. Hanya wilayah utara, timur, tenggara, dan barat daya memiliki curah hujan yang cukup untuk mendukung vegetasi.

7. India

8.7 India | Buliran.com

India adalah negara terbesar ketujuh di dunia dengan luas 3,287 juta km persegi. Kendati tidak seluas Rusia, India merupakan negara dengan populasi terbesar kedua setelah China, yaitu sekitar 1,38 miliar jiwa atau hampir 10 kali lebih banyak dari penduduk Rusia.

8. Argentina

8.8 Argentina | Buliran.com

Argentina ada di posisi ke-8 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Negara kelahiran Lionel Messi ini memiliki luas wilayah 2,78 juta km persegi. Kendati cukup luas, negara yang khas dengan Pegunungan Andes ini hanya memiliki populasi 45,38 juta jiwa.

Baca Juga   Deretan Mata Uang Tertua di Indonesia

9. Kazakhstan

8.9 Kazakhstan | Buliran.com

Selanjutnya ada Kazakhstan. Negara di Asia Tengah ini menempati urutan ke-9 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Kazakhstan memiliki luas wilayah mencapai mencapai 2,725 juta km². Lebih dari tiga perempat wilayah Kazakhstan terdiri dari semi-gurun (33,2%) atau gurun (44%).

10. Aljazair

8.10.1 Aljazair | Buliran.com

Terakhir ada Aljazair atau Algeria yang juga menjadi negara terbesar di Afrika. Negara ini memiliki luas wilayah 2,382 juta km persegi. Meski lebih luas dari Indonesia, negara ini punya populasi jauh lebih sedikit. Populasi Aljazair per 2020 yaitu 43,85 jiwa, sementara Indonesia 273 juta jiwa.

Anda mungkin bertanya-tanya, ada di posisi berapa Indonesia? Indonesia ada di urutan ke-15 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Luas negara Indonesia adalah 1,90 juta km persegi dengan luas daratan 1,81 juta km persegi.

Indonesia hampir 8 kali lebih kecil daripada Rusia. Namun, populasi Indonesia hampir 2 kali lebih banyak daripada Rusia yang menyandang status sebagai negara terbesar di dunia, yaitu sekitar 273 juta jiwa banding 144 juta jiwa. ***