Tips  

Terpapar Mata Panda? Begini Cara Menghilangkannya

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Mata Panda | Buliran.com

APAKAH Anda mengenal istilah mata panda? Mata panda memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering muncul di wajah. Kondisi ini juga mengganggu penampilan sehingga banyak yang mencari cara menghilangkan mata panda.

Mata panda tak memandang gender karena bisa saja muncul pada laki-laki atau perempuan. Namun, biasanya mata panda akan ditutupi dengan make up oleh perempuan. Meski begitu, cara tersebut tidak efektif menghilangkan mata panda.

Apa Itu Mata Panda?

Sebelum mengetahui cara menghilangkan mata panda, Anda harus tahu apa yang disebut mata panda. Mata panda adalah istilah untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Istilah mata panda muncul karena adanya warna kehitaman di bawah mata seperti panda. Kondisi ini biasanya muncul disertai mata bengkak atau sembab.

Mata panda membuat tampak lebih tua, lelah, dan tidak segar. Lingkaran hitam di mata adalah bentuk perubahan warna kulit menjadi lebih gelap yang terjadi di bawah mata. Namun, mata panda umumnya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Penyebab Mata Panda

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya mata panda. Penyebab utama lingkaran hitam di mata biasanya adalah faktor kelelahan. Berikut beberapa penyebab mata panda yang mungkin terjadi pada Anda:

1. Dehidrasi
2. Efek merokok
3. Mengonsumsi minuman beralkohol
4. Kurang tidur atau insomnia
5. Alergi
6. Paparan sinar matahari
7. Faktor genetik
8. Produksi melanin terlalu banyak
9. Penuaan
10. Adanya gangguan tiroid
11. Infeksi kulit wajah
12. Penggunaan tetes mata untuk penyakit glaukoma
13. Mata lelah
14. Kebiasaan menggosok area bawah mata

Apakah Main HP atau Laptop Jadi Penyebab Mata Panda?

Sayangnya, iya. Terlalu lama menatap layar HP atau laptop juga menjadi salah satu penyebab mata panda. Ini terjadi karena mata yang terlalu lama menatap layar HP atau laptop bakal mengalami kelelahan akibat pantulan sinar gadget.

Mata panda juga bisa diperparah dengan kecerahan layar yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, mengurangi durasi menatap layar gadget menjadi cara ampuh mengatasi mata panda. Namun, jika harus menatap layar HP atau laptop dalam waktu yang lama, pastikan Anda mengistirahatkan mata setiap satu jam agar mata kembali segar.

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Jika Anda mengalami mata panda, jangan khawatir. Berikut cara menghilangkan mata panda secara alami, mudah, dan cepat yang bisa Anda coba:

1. Jangan Bergadang

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab munculnya mata panda. Jadi, sebaiknya Anda mulai mengatur pola tidur yang baik dan benar mata panda bisa hilang secara alami.

Kebutuhan tidur setiap orang memang berbeda tergantung dari usianya. Namun, idealnya waktu tidur normal seseorang itu sekitar 7-8 jam per malam. Tidur yang cukup tidak hanya mampu menghilangkan mata panda, tapi juga membuat tubuh Anda lebih segar dan punya daya tahan tubuh ekstra. Tidur cukup juga bisa membuat tubuh Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga   Rasa Malas "Menyerang" di Pagi Hari? Lawan dengan Tips Berikut

2. Atur Posisi Tidur

Selain harus mengatur pola tidur, Anda juga bisa mengatur posisi tidur untuk menghilangkan mata panda. Posisi tidur yang tepat adalah ketika kepala berada lebih tinggi dari tubuh. Ini membuat tidak adanya cairan mata menggenang di bawah mata yang bisa menyebabkan bengkak. Selain itu, pastikan bantal yang Anda gunakan nyaman agar tidak mengganggu kualitas tidur.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami. Munculnya lingkaran hitam di bawah mata bisa saja disebabkan karena kekurangan cairan di dalam tubuh atau disebut dehidrasi.

Selain bisa mengurangi mata panda, air putih juga baik untuk melancarkan pencernaan dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Setiap harinya, tubuh manusia membutuhkan sekitar 2 liter air putih. Jadi, Anda perlu membiasakan untuk memperbanyak air putih untuk menjaga kondisi tubuh dan merawat kulit dari dalam.

4. Kompres Es Batu atau Air Dingin

Cara menghilangkan mata panda secara alami yang lainnya adalah mengompres area bawah mata menggunakan es batu atau air dingin. Ini karena air dingin terbukti bisa menyembuhkan pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang membesar pada area bawah mata.

Untuk mengompres area bawah mata, Anda bisa menggunakan handuk kecil yang bersih untuk membungkus es batu dalam handuk tersebut dan tempelkan pada area bawah mata. Kompres selama kurang lebih 20 menit.

5. Kompres Kantong Teh Bekas

Selain kompres dengan es batu air dingin, Anda juga bisa menghilangkan mata panda secara alami dengan kompres kantong teh bekas. Usai meminum teh celup, jangan langsung membuang sisa teh dalam kantongnya. Sisa teh tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengompres mata dan menyamarkan noda hitam di bawah mata Anda.

6. Memanfaatkan Sendok Dingin

Cara yang tak kalah mudah adalah menggunakan sendok dingin. Anda bisa memasukkan sendok makan bersih ke dalam freezer selama 15-20 menit atau sampai area sendok menjadi dingin. Setelah itu, tempelkan bagian punggung sendok ke bawah mata. Cara sederhana ini bisa Anda lakukan dengan rutin sampai lingkaran hitam dan kantung mata memudar.

7. Pakai Lidah Buaya

Selain bisa melebatkan rambut, lidah buaya juga bisa menghilangkan mata panda secara alami. Caranya tinggal oleskan lidah buaya murni ke area bawah mata sembari memijat dengan lembut selama beberapa menit. Anda bisa melakukan perawatan ini pada malam hari dan membilasnya esok hari. Produk perawatan kulit atau skincare dengan kandungan lidah buaya juga bisa menjadi opsi bagi Anda.

Baca Juga   Gempa Saat Berkendara, Apa yang Harus Dilakukan? Baca Tips Berikut

8. Masker Mentimun

Cara menghilangkan mata panda secara alami selanjutnya dengan menggunakan masker mentimun. Kandungan air yang tinggi membuat timun efektif untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Anda bisa langsung memotong timun tipis-tipis kemudian meletakkannya di area bawah mata dan diamkan selama kurang lebih 16 menit. Lakukan cara ini secara rutin sampai lingkaran hitam yang ada di bawah mata Anda hilang.

9. Masker Tomat

Tomat punya kandungan likopen dan beta karoten yang bisa meminimalisir kerusakan pada jaringan kulit. Jadi, masker tomat bisa menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan mata panda secara alami. Caranya tingga haluskan tomat dan campurkan dengan sedikit air lemon. Aduk, oleskan pada area bawah mata, dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Cara ini bisa Anda terapkan dua kali dalam satu minggu agar mendapatkan hasil maksimal.

10. Masker Kopi

Kopi sebagai minuman kaya kafein juga bisa menjadi cara menghilangkan mata panda secara alami. Gunakan masker kopi dengan cara mencampurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun sampai menjadi pasta. Setelah itu, oleskan di bawah mata, tunggu sampai 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

11. Lemon

Sebagai buah yang kaya kandungan vitamin c, lemon baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Anda bisa menggunakan lemon dengan cara dicampur tomat. Namun, Anda juga bisa mengoleskan air lemon langsung di bawah area mata. Sebelum melakukan cara ini, pastikan kulit Anda bukan kulit yang sensitif.

12. Madu

Kandungan polifenol yang dimiliki madu mampu memperlambat aktivitas tirosinase dan mengurangi pigmentasi pada area bawah mata. Campurkan madu dengan air lemon lalu oleskan pada area di bawah mata. Tunggu sampai mengering dan bilas dengan air bersih.

13. Kentang

Kentang juga punya fungsi yang sama dengan madu untuk mengurangi pigmentasi dan memperlambat aktivitas dari tirosinase. Sayuran yang kaya karbohidrat ini juga bisa membuat kulit Anda lebih sehat. Caranya, haluskan kentang lalu oleskan pada area bawah mata sebelum dibilas dengan air bersih.

14. Air Mawar

Air dari bunga mawar biasa digunakan untuk perawatan kecantikan, termasuk untuk memudarkan lingkaran hitam yang ada di bawah mata. Caranya, celupkan kapas ke dalam air mawar lalu tempelkan pada area bawah mata. Selain itu, kandungan astringent alami yang ada di dalam air mawar bisa juga mengangkat kotoran yang ada di kulit.

15. Susu

Selain kaya protein, kandungan vitamin A dalam susu bisa membuat kulit lebih elastis dan sehat. Untuk memudarkan lingkaran hitam di bawah mata, Anda bisa dinginkan susu segar, celupkan kapas bersih, baru menempelkannya pada area bawah mata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas menggunakan air. Cara ini bisa Anda lakukan dua kali dalam sehari untuk bisa mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga   Daging Kambing dan Sapi, Bagaimana Membedakannya?

16. Teh Hijau

Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membuat warna gelap di bawah mata bisa memudar secara bertahap. Anda bisa menggunakan teh hijau dengan cara merendamnya ke dalam air dan letakkan dalam lemari pendingin selama 15-20 menit. Setelah itu, teteskan teh hijau di bawah mata selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

17. Kunyit

Kunyit punya sifat anti inflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang bisa mencerahkan warna gelap di bawah mata. Gunakan masker kunyit dengan bahan tambahan, seperti tepung dan susu. Setelah itu, oleskan di bawah area mata dan tunggu sampai sekitar 20 menit. Lakukan secara rutin agar mata panda Anda segera memudar.

18. Minyak Almond

Minyak almond memiliki kandungan sclerosant dan emollient yang dapat mencegah adanya pembuluh darah di area bawah kulit. Caranya, teteskan minyak tersebut di area bawah mata lalu lakukan pijatan ringan. Perawatan ini bisa Anda lakukan di malam hari.

19. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa menjadi pilihan cara menghilangkan mata panda secara alami. Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam minyak ini bisa membantu menghaluskan dan mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan minyak zaitun juga bisa mencegah radikal bebas penyebab lingkaran hitam di bawah mata. Cara menggunakannya adalah langsung oleskan minyak zaitun di area bawah mata dan pijat secara lembut.

20. Minyak Kelapa

Terakhir, Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan mata panda secara alami. Anda bisa langsung mengoleskan minyak kelapa di bawah area mata setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apakah Mata Panda Bakal Permanen Jika Tak Segera Diobati?

Mata panda muncul akibat beberapa faktor, termasuk penuaan. Oleh karena itu, biasanya mata panda muncul pada orang yang sudah berusia lanjut. Pada usia muda, mata panda umumnya bakal hilang dengan sendirinya jika istirahat cukup dan melakukan beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami di atas.

Namun, jika didiamkan terus menerus itu akan mempercepat proses penuaan atau penurunan kualitas kulit. Jadi, mata panda bisa saja menjadi permanen jika tak segera diobati dan ini akan menjadi permanen pada orang usia lanjut karena menurunnya elastisitas kulit.

Itulah 20 cara menghilangkan mata panda secara alami, mudah, dan cepat. Jadi, jangan sepelekan mata panda yang Anda alami. Segera obati mata panda agar kulit tetap sehat dan terawat. Semoga bermanfaat! ***