Tips  

Ayo, Putihkan Pakaian Tanpa Pemutih

Avatar Of Teddy Chaniago
9. Cuci | Buliran.com

MEMILIKI baju putih terkadang jadi satu hal yang cukup menyulitkan. Pasalnya baju puti ini mudah sekali kotor dan berubah warna. Apalagi jika dikenakan sehari-hari seperti seragam, tentunya Anda ingin jika baju putih Anda terlihat bersih bukan?

Untuk membuatnya nampak selalu baru, biasanya penggunaan pemutih jadi solusinya. Sebelum dicuci biasanya direndam terlebih dahulu. Namun pemutih lama kelamaan akan membuat serat kain rusak.

Nah jika Anda mencari alternatif lain, Anda bisa memanfaatkan bahan yang ada di dapur loh. 2 bahan berikut ini bisa membantu Anda untuk memutihkan baju putih Anda tanpa pemutih. Jadi Anda bisa mengganti dengan cara lain.

Apa saja bahannya? Berikut ulasan lengkapnya agar Anda bisa mencobanya di rumah.

Beberapa bahan dapur bisa jadi penolong Anda untuk memutihkan bajut putih tanpa pemutih. Baju putih dekil Anda pun bisa kembali bersih lagi.

1. Cuka putih

9.1 Cuka Putih | Buliran.com

Cara memutihkan pakaian bisa dilakukan dengan menambahkan satu cangkir cuka putih yang sudah disuling ke 3,7 liter air panas. Rendamlah pakaian putih dan biarkan cuka putih meresap semalaman, lalu cuci seperti biasa.

Menambahkan satu cangkir cuka putih pada proses pembilasan saat mencuci pakaian putih atau kain berwarna akan membantu menghilangkan residu deterjen agar tidak terlihat kusam.

2. Soda kue

9.2 Soda Kue | Buliran.com

Selain dipakai untuk membuat aneka kudapan manis, soda kue juga bisa Anda manfaatkan untuk memutihkan pakaian Anda. Cara penggunaannya pun mudah.

Aduk satu cangkir soda kue ke dalam rebusan 3,7 liter air mendidih, lalu angkat dari kompor. Campurkan ke pakaian putih yang kotor, dan biarkan terendam setidaknya selama satu jam atau semalam.

Jika sudah, pakaian bisa dicuci. Natrium bikarbonat atau soda kue akan membantu mengurai kotoran pada pakaian katun yang membuatnya kusam.

Baca Juga   Buliranlovers, Jika Anda Sering Bersepeda Motor Malam Hari, Silahkan Baca Tips Berikut

Anda juga bisa menggunaan bahan lain untuk memutihkan pakain putih Anda salah satunya memakai lemon. Asam sitrat dalam lemon dapat memutihkan kain, terutama untuk serat kapas, linen, dan poliester.

Caranya dengan mencampurkan setengah cangkir air lemon (sekitar empat lemon) ke 3,7 liter air panas. Selanjutnya, campuran bahan tadi, tuangkan ke cucian putih, dan biarkan meresap setidaknya selama satu jam atau hingga semalaman untuk memutihkan. Setelahnya, Anda bisa mencuci pakaian seperti biasa. ***