Agustus Diprediksi Deflasi

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Deflasi | Buliran.com

SETELAH lima bulan diterjang badai inflasi tinggi, Indeks Harga Konsumen (IHK) Indonesia diperkirakan akan turun atau mengalami deflasi pada Agustus tahun ini.

Konsensus pasar seperti dikutip dari laman CNBC Indonesia, dari 14 institusi memperkirakan pergerakan IHK pada Agustus akan turun atau mencatatkan deflasi sebesar -0,11% dibandingkan bulan sebelumnya (month to month/mtm). Jika ramalan ini benar maka ini akan menjadi deflasi pertama sejak Februari 2022.

Namun, inflasi secara tahunan (year on year/yoy) masih akan tinggi dan menembus 4,83% pada bulan ini. Jika sesuai perkiraan maka inflasi (yoy) akan mencapai level tertingginya sejak November 2015 atau sekitar 6,5 tahun terakhir. Pada saat itu, inflasi menyentuh 4,89%.

Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan data inflasi Agustus pada Kamis (1/9/2022). Sebagai catatan, inflasi pada Juli 2022 mencapai 0,64% (yoy) dan 4,94 % (yoy).

Inflasi bulanan Indonesia menukik tajam dalam lima bulan terakhir. Pada Maret, inflasi menembus 0,66% (mtm), kemudian terbang 0,95% pada April sebelum sedikit melandai pada Mei menjad 0,40%. Inflasi melambung menjadi 0,61% pada Juni dan menguat 0,64% pada Juli.

Konsensus ini sejalan dengan survei Bank Indonesia (BI). Berdasarkan Survei Pemantauan Harga BI pada minggu IV Agustus 2022 diperkirakan akan terjadi deflasi sebesar 0,13% (mtm) pada Agustus.

Komoditas utama penyumbang deflasi Agustus di antaranya bawang merah, cabai merah, minyak goreng, cabai rawit, daging ayam ras, tarif angkutan udara, tomat, bayam, bawang putih dan jeruk. Sementara itu, komoditas yang mengalami inflasi Bahan Bakar Rumah Tangga (BBRT), telur ayam ras, rokok kretek filter, beras semen, air kemasan dan kentang.

Ekonom BNI Sekuritas Damhuri Nasution mengatakan deflasi pada Agustus terutama disebabkan oleh menurunnya harga beberapa bahan makanan seperti daging ayam, daging sapi, bawang merah dan bawang putih, cabe, dan lain-lain. Harga turun seiring dengan meningkatnya produksi dan pasokannya pada Agustus 2022.

Baca Juga   Modal Jual Toyota Innova Bisa Punya SPBU Mini, 3 Tahun Balik Modal, Mau?

“Dengan berakhirnya musim liburan sekolah mendorong harga-harga jasa transportasi dan akomodasi kembali ke level normal setelah mengalami kenaikan yang signifikan selama musim liburan sekolah pada Juli 2022,” tutur Damhuri. (*/cic)