Deretan Kota Terkenal yang Dikira Ibukota Negara

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Sydney | Buliran.com

IBUKOTA negara menjadi bahasan panas di Indonesia akhir-akhir ini dengan rencana pemindahan pusat pemerintahan dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur. Pemindahan pusat pemerintahan sebuah negara dari kota satu ke kota lainnya di dunia ini bukanlah hal baru. Sejumlah negara pernah melakukannya dan tidak ada masalah sampai sekarang.

Namun, ada fenomena lain selain pemindahan ibu kota ini. Sejumlah kota di dunia justru lebih terkenal dari ibu kota negaranya. Tak heran jika banyak orang yang salah menyangka kalau kota tersebut merupakan ibu kota negara. Padahal, sebenarnya tidak. Kota-kota yang lebih terkenal dari ibu kota negara mereka ini biasanya adalah kota yang menjadi tujuan wisata orang-orang.

Selain itu, mereka juga sering berperan sebagai pusat komersial atau bisnis di negara tersebut. Jadi, apakah kalian juga sempat salah mengira kota-kota ini sebagai ibu kota negara? Simak ulasan berikut ini!

1. Sydney – Australia

8.1 Sydney Tourism1 | Buliran.com

Berbicara tentang kota di Australia, kota pertama yang biasanya melintas di benak orang adalah Sydney—meski ada juga yang akan menjawab Melbourne. Saking terkenalnya kota ini, banyak yang menyangka kalau Sydney adalah ibu kota Australia. Padahal, bukan. Ibu kota Australia adalah Canberra, yang sudah menjadi ibu kota sejak 1901.

Sebagai pusat pemerintahan Australia, Canberra dihuni banyak institusi penting pemerintah federal. Di kota ini juga ada monument nasional dan museum. Jadi, Canberra pun bisa dinikmati untuk traveling bagi pecinta bangunan bersejarah. Yang menarik, Canberra berada di New South Wales, negara bagian Australia dengan Sydney sebagai ibu kotanya. Canberra merupakan wilayah khusus di negara bagian ini. Jaraknya ke Sydney mencapai 248 km.

2. Toronto — Kanada

Baca Juga   Hindari Pertanyaan Ngawur Berikut ke "Mbah" Google

8.2 Toronto — Kanada | Buliran.com

Toronto adalah kota yang sangat terkenal di Kanada. Kota ini dikenal sebagai salah satu kota besar di Kanada dan sering menjadi tujuan para pelancong. Toronto punya banyak tempat untuk dikunjungi dan pemandangan kotanya pun cukup indah, terlebih di malam hari.

Namun, Toronto bukanlah ibu kota Kanada, tapi Ottawa. Banyak bangunan pemerintahan berada di kota ini. Namun, bukan berarti kota ini membosankan. Ottawa River menjadi salah satu daya tarik wisatanya.

3. Istanbul — Turki

8.2 Istanbul | Buliran.com

Sebagian besar orang akan lebih akrab dengan Istanbul ketimbang Ankara jika menyebut Turki. Nama Istanbul lebih kondang karena kota ini sering menjadi tujuan wisata utama orang ketika melancong. Ada Hagia Sophia, Masjid Biru, Menara Galata, Museum Istana Topkapi dan lain-lain.

Kota ini juga kaya sejarah dan budaya. Pemandangannya yang indah membuat siapa saja bisa jatuh cinta pada kota ini. Saking kondangnya, banyak yang menyangka kalau Istanbul adalah ibu kota Turki.

Bukan. Ibu kota Turki adalah Ankara. Berlokasi di pusat kawasan Anatolia, Ankara adalah kota terbesar kedua di Turki setelah Istanbul. Pusat pemerintahan negara tersebut ada di kota ini. Meski kalah terkenal dari Istanbul, Ankara juga punya banyak atraksi turis seperti Masjid Kocatepe, Kastil Ankara, Anitkabir dan lain-lain.

4. Jenewa — Swiss

8.4 Jenewa — Swiss | Buliran.com

Jenewa sering disebut dalam berita terkait Eropa dan sejumlah organisasi di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kota ini adalah kota global dan sebuah pusat finansial. Di kota inilah Konvensi Jenewa ditandatangani.

Tapi, Jenewa bukanlah ibu kota Swiss. Mungkin, ada juga yang akan mengira kalau ibu kota Swiss adalah Zurich, kota lain di negara itu yang terkenal sebagai pusat bisnis. Tapi, bukan juga. Ibu kota Swiss adalah Bern.

Baca Juga   Lebih Dekat dengan 28 Negara Monarki di Dunia

5. Johannesburg — Afrika Selatan

8.5 Johannesburg — Afrika Selatan | Buliran.com

Johannesburg adalah kota terbesar di Afrika Selatan. Bisa dikatakan kalau kota ini adalah pusat bisnis di negara itu dengan perusahaan dan bank mendirikan kantor pusat mereka di sini. Kota ini terletak di bukit Witwatersrand yang kaya mineral. Johannesburg juga menjadi pusat perdagangan emas dan pertama.

Tapi, Johannesburg bukanlah ibu kota Afrika Selatan. Negara ini agak unik. Pusat pemerintahan mereka tidak berada di satu kota, tapi tiga. Ketiga kota itu adalah Pretoria (eksekutif), Cape Town (legislatif), dan Bloemfontein (yudisial).

6. Rio de Janeiro — Brasil

8.6 Rio De Janeiro — Brasil | Buliran.com

Brasil adalah salah satu contoh negara yang sering berganti ibu kota. Di antaranya yang paling terkenal adalah Rio de Janeiro. Pantai Copacabana dan Ipanema membuat kota ini terkenal. Belum lagi dengan patung Christ the Redeemer di atas Gunung Corcovado.

Namun, Rio bukan lagi ibu kota Brasil. Pusat pemerintahan Brasil kini berada di Brasilia. Bukan hanya sekadar ibu kota, Brasilia juga masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena arsitektur modernisnya dan perencanaan urban artistiknya yang unik.

7. Marrakesh — Maroko

8.7 Marrakesh — Maroko | Buliran.com

Pernah dengar Kota Rabat? Sebagian dari kalian mungkin pernah mendengarnya. Tapi, nama kota ini kalah terkenal dibandingkan dengan Marrakesh atau Casablanca jika menyebut Maroko. Bahkan, banyak yang mengira kalau Marrakesh adalah ibu kota Maroko.

Marrakesh atau Casablanca bukanlahi ibu kota Maroko meski mereka terkenal. Rabat adalah ibu kota negara tersebut. Di kota inilah, Menara Hassan terlihat menjulang di antara reruntuhan masjid.

8. Auckland — Selandia Baru

8.8 Auckland — Selandia Baru | Buliran.com

Auckland adalah kota terbesar di Selandia Baru. Kota ini adalah kota metropolitan di Pulau Utara negara ini. Kota ini punya banyak atraksi wisata yang menarik pelancong untuk mengunjunginya. Tapi, Auckland bukan ibu kota Selandia Baru.

Baca Juga   Kenali Sifat Seseorang dari Tipe Matanya

Wellington yang juga berada di Pulau Utara adalah pusat pemerintahan Selandia Baru. Di kota inilah gedung-gedung pemerintahan berada. Meski begitu, seperti kota lain di Selandia Baru, Wellington juga bisa menjadi tempat tujuan wisata yang menarik. ***