Inilah 10 Objek Wisata Pulau di Padang, Harga Serta Cara Menuju Lokasi

Avatar Of Adri
Objek Wisata Pulau Pasumpahan
Objek Wisata Pulau Pasumpahan

Anda Tertarik Dengan Objek Wisata Pulau di Padang Sumatera Barat adalah salah satu tujuan wisata terfavorit di Indonesia dan pernah dinobatkan menjadi tujuan wisata halal terbaik di dunia. Beragam jenis perjalanan wisata yang bisa dilakukan mulai dari wisata budaya, pendidikan, bisnis, petualangan dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Sumatera Barat, Tour Pulau Padang menjadi salah satu tujuan yang sangat populer. Tour Pulau paling umum yang biasanya dijadikan tujuan oleh wisatawan:

Pulau Pagang

Bisanya ini adalah pulau pertama yang dikunjungi. Hal ini karena pulau ini sangat komplek dan cocok dijadikan untuk beragam aktifitas. Bahkan untuk melakukan foto underwater juga cocok karna di pulau ini banyak terdapat banyak spot yang dipenuhi ikan dan terumbu karang.

Pulau Pamutusan

Biasanya pulau ini dikunjungi untuk melakukan traking ke puncaknya, meskipun pulau ini juga sangat indah, namun pulau yang bersebrangan langsung dengan pulau pagang ini mempunyai cirri khas pada pemandangan yang terdapat di puncak bukitnya. Banyak yang bilang kalau pemandangan dipuncak bukit yang terdapat ditengah bukit ini tidak kalah denga pemandangan yang ada pada wisata mahal di timur Indonesia yakni Raja Ampat.

Pulau Pasumpahan

Lokasi ini biasanya paling sering digunakan untuk mengabiskan sore. Hal ini dikarenakan pulau ini punya kawasan terbuka yang sangat besar dan nyaman untuk bersantai. Selain itu disini juga terdapat beragam wahana olagraga air seperti banana boat, jetski, dll.

Pulau Sironjong Ketek

Pulau ini bisanya dijadikan opsional bagi wisatawan yang ingin merasakan lompat tebing dari pulau.

Pulau Sirandah

Sesuai namanya pulau ini terlihat rendah jika dilihat dari jauh, di pulau ini terdapat fasilitas yang terbilang paling mewah dibanding pulau lainnya, mulai dari penginapan yang sudah tergolong mewah hingga prosotan yang langsung mengarah ke laut. Namun tempat ini juga memiliki kekurangan, yaitu agak sulit menemukan spot untuk melakukan foto underwater.

Baca Juga   Anda Penggemar Drama dan Film Korea? Ini yang Tayang Agustus 2022

Pulai Sikuai

Ini adalah pulau yang bisa dibilang awal atau cikal bakal dari wisata pulau di padang, namun sayangnya pulau ini harus ditutup lebih awal dan tidak bisa dinikmati dalam waktu yang sangat lama karena ada masalah internal pada kepimilikan dan operasional pulau tersebut. Namun dari info terbaru yang kami dapatkan, saat ini Pulau Sikuai Telah Dibuka Kembali untuk wisatawan.

Pulau Setan

Pulau ini berada di kawasan Bahari Mandeh, Kawasan yang sangat terkenal indahnya jika dilihat dari atas dan sangat memepesona jika dikelilingi dengan kapal boat. Secara administrasi pulau ini masuk kedalam kawasan Pesisir Selatan. Dari beberapa opsi dermaga keberangkatan di Kawasan Bahari Mandeh, pulau ini biasanya dicapai dengan waktu kurang dari 30 menit.

Pulau Cubadak

Pulau yang masuk kedalam kawasan Pesisir Selatan ini sangat berbeda dari pulau lain disekitarnya, Hal ini karna pulau ini sebagian besar tamunya adalah wisatawan asing. Hal ini tak lain karna pulau ini pada dasarnay digunakan untuk wisatawan yang benar-benar ingin ketenangan. Biasanya untuk wisatawan lokal akan sedikit sulit untuk masuk kepulau ini, silahkan hubungi agen perjalanan anda jika anda ingin difasilitasi berkunjung ke pulau ini.

Update: Pulau ini sudah tidak dikelola oleh asing dan saat ini wisatawan lokal sudah bisa masuk dengan bebas, namun seluruh fasilitas yang sebelumnya ada sudah tidak tersedia.

Pulau Kapo-Kapo

Pulau ini terkenal dengan jalan menuju pulau yang berupa hutan mangrove. Wisatawan bisa merasakan seolah-seolah sedang melewati sungai amazone mini.

Jophira Tintin

Pulau ini sangat tenang dan cocok untuk siapa saja yang ingin benar-benar rehat dari kesibukan kota. Biasanya tamu di Pulau ini adalah wisatawan asing dari Italy, Prancis dan wisatawan asing lainnya yang menginap dalam waktu yang cukup lama. Namun tenang saja pulau ini dengan senang hati juga menerima wisatawan lokal untuk bermalam dan ingin merasakan memiliki pulau pribadi.

Baca Juga   Lupa Pesan Mama, Jedar Posting Foto dengan 4 Kancing Atas Baju Terbuka

Selama dipulau pada umumnya wisatawan akan berenang, diving, snorkeling, memancing dan berfoto dibawah air bersama ikan dan terumbu karang. Namun bagi yang ingin menguji adrenalin, juga bisa mencoba untuk terjuk dari tebing di Pulau Sironjong Ketek. Pulau ini berjarak sekitar 25 – 40 menit dari pulau pagang dan sudah menjadi ciri khas dari pulau ini untuk menjadi lokasi lompat tebing, bahkan pemerentah telah membuatkan tangga yang bisa didaki dengan mudah dan tinggal loncat sesuai ketinggian yang diinginkan.

Cara Mengunjungi Lokasi

Untuk mengunjungi Pulau-pulau indah di Padang ini wisatawan bisa memilih beberapa opsi untuk sampai ke lokasi, adapan opsinya adalah:

Cara Pertama Berangkat Melalui Kawasan Pelabuhan Bungus

Berangkat menggunakan kapal boat melalui kawasan Pelabuhan Bungus. Dari kota padang lokasi ini bisanya dapat ditempuh sekitar 60 menit menggunakan kendaraan bermotor. Wisatawan juga bisa menggunakan transportasi online seperti Gojek, Grab dan Maxim atau juga bisa menggunakan kendaraan Rental Khsusus Pariwisata seperti Mobil Hiace, ELF hingga Bus Pariwisata. Opsi ini adalah yang paling umum digunakan oleh wisataawan, harga yang terjangkau dan bisa menikmati pemandangan pelabuhan Teluk Bayur, PLTA Teluk Sirih dan melalui beberapa pulau yang sangat indah pastinya. Dari Bungus menuju Pulau Pagang dan pulau sekitarnya biasanya memakan waktu sekitar 50 menit

Cara Kedua Melalui Sungai Pisang

Berangkat menggunakan kapal boat melalui Sungai Pisang. Dari kota padang lokasi ini bisanya dapat dutempuh sekitar 90 menit menggunakan kendaraan bermotor. Pada dasarnya wisawatan yang ingin berangkat melalui Sungai Pisang akan melalui Kawasan Bungus Terlebih Dahulu jika wisatawan berangkat dari Kota Padang. Opsi ini diambil orang wisawatan yang ingin menekan biaya liburan. Dengan opsi ini biaya bisa ditekan namun perlu diingat wisatawan harus memakan waktu lebih lama sebelum bisa menaiki kapal Boat dan wisatawan tidak bisa menikmati keindahan pelabuhan teluk bayur dari atas kapal boat. Dari Sungai Pisang menuju Pulau Pagang dan pulau sekitarnya biasanya memakan waktu sekitar 20 menit.

Baca Juga   Tak Selamanya Perasaan Cemburu Hadirkan Dampak Negatif

Cara Ketiga Melalui Pelabuhan Muara

Berangkat dari Pelabuhan Muara, Ini adalah opsi yang paling sederhana dan mewah. Hal ini dikarenakan biasanya wisatawan yang berangkat dari kawasan ini akan mengguakan Kapal Boat Private (Yatch), namun dipastikan pilihan ini adalah yang paling mahal dari opsi lainnya, tapi harga pastinya sesuai dengan kualitas. Hanya dibutuhkan 10-20 menit untuk menuju Pelabuhan Muara dan menjadi tempat wisatawan untuk berangkat menuju Pulau. Wisatawan akan menhabiskan waktu sekitar 90 menit, namun senasi berada di samudra hindia lepas dan menaiki kapal pribadi layak menjadi pertimbangan bagi anda yang membutuhkan layanan VIP.

Cara Ke Empat Dari Kawasan Mandeh Painan

Berangkat dari Kawasan Bahari Mandeh. Terdapat beberapa dermaga keberangkatan di lokasi ini, seperti di Kampung Mandeh, Dermaga Tarusan dan juga bisa naik di beberapa resort yang ada di sepenjang pantai mandeh. Beberapa Pulau populer yang dekat jika diakses dari mandeh adalah Pulau Setan, Cubadak, Kapo-Kapo dan Sironjong Ketek.

Itu hanya beberapa dari begitu banyak pulau cantik yang ada di Padang Sumatera Barat. Bagi yang ingin berwisata kesini bisa datang secara mandiri dan membayar sewa boat atau kapal nelayan serta membayar tiket masuk ke masing-masing pulau. Biaya tiket masuk pulau berfariasi tergantung pulaunya. Biaya masuk pulau berkisar Rp. 5.000 – Rp. 50.000, namun untuk kenyamanan wisatan lebih disarankan berangkat menggunakan Tour Operator (Travel Agent) yang akan menyiapan semua akomodasi anda, mulai dari boat ke pulau, Tiket Masuk Pulau, peralatan snorkeling, makan dan minum selama di pulau, guide hingga asuransi. Biaya jika berangkat dengan Travel Agent berkisar Rp. 200.000 – Rp. 350.000 / orang untuk keberangkatan dari Kawasan Pelabuhan Muara, Sungai Pisang dan Kawasan Bahari Mandeh serta berkisar 1 – 2 juta jika berangkat menggunkan yatch dari kawasan pelabuhan muara. Jadi apakah anda sudah kesini?