Tips  

Mau Nikahi Janda? Persiapkan 10 Hal Ini Agar tak Menyesal

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Janda | Buliran.com

SETIDAKNYA terdapat 10 persiapan sebelum Anda benar-benar menginginkan keputusan menikahi seorang janda. Ya, janda ini sesuatu yang perlu dikuatirkan. Asalkan bisa saling memahami menerima apa adanya Insya Allah tujuan pernikahan akan tercapai.

Janda di masyarakat sering dipandang sebelah mata bahkan dikucilkan. Padahal, sejatinya tidak ada satu wanita pun yang ingin pernikahannya berakhir dengan derai air mata.

Sebagai kaum adam seyogyanya tak bisa memilih dengan siapa yang jatuh cinta. Saat mencari wanita sebagai pendamping hidup ternyata adalah seorang janda. Tentu saja menikah dengan janda suatu masalah, sebab yang terpenting adalah tujuan dari pernikahan itu sendiri.

Berikut 10 persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum meminang seorang janda dan membangun bahtera rumah tangga bersamanya.

1. Abaikan stigma masyarakat

Patikan diri telah mantap memilih wanita dengan status janda sebagai tambatan hati. Penting sekali untuk menanamkan kepercayaan dan rasa saling terbuka pada pasangan. Sebab stigma buruk masyarakat bisa menggoyahkan pendirian. Perlu diingat, masyarakat tidak punya andil atas hidup kita.

2. Erat menyambung silaturahmi

Jalinlah hubungan baik dengan keluarga dekat dan keluarga jauh sang wanita. begitu juga dengan menjalin hubungan baik dengan suami dan anak dari pernikahan terdahulu. Dengan menjalin silaturahmi kedamaian pernikahan akan terwujud.

3. Bertanggung jawab atas anak hasil pernikahan sebelumnya

Sebelum melangkah lebih jauh, kenali lebih jauh apakah wanita dengan status janda tersebut sudah memiliki anak atau belum. Jika sudah memiliki anak, mau tidak mau kamu harus menerima dan bertanggung jawab juga dengan anak dari pernikahan sebelumnya.

4. Direstui orangtua

Restu orangtua menjadi salah satu bekal dasar dalam pernikahan. Untuk itu mintalah restu orang tua supaya pernikahan lebih harmonis, mendapat support dan lebih berkah.

Baca Juga   Ponsel Anda Lemot? Ini Cara untuk Mempercepatnya

5. Pahami kondisi pasangan

Jika menikahi janda dengan anak perlulah untuk memahami bahwa ia memiliki tanggungan untuk mengasuh anak dari pernikahan sebelumnya. Hal ini mungkin menjadi salah satu pertimbangan kesediaan untuk menjalin hubungan keluarga dengan janda yang memiliki anak.

6. Abaikan masa lalunya dan menatap ke depan

Jika memilih menikahi janda, sadarilah bahwa ia memiliki mantan suami di pernikahan terdahulunya. Ke depannya akan terus terjalin komunikasi antara wanita dengan mantan suami apalagi perihal urusan anak. Jadi, tak ada untungnya untuk cemburu pada masa lalunya. Belajarlah untuk berlapang dada ketika menikah dengan janda.

7. Jalin hubungan baik dengan mantan suami

Harus diketahui juga, bahwa menikah dengan janda tidak hanya menjalin hubungan dengan anak tetapi juga dengan mantan suami. Mereka akan terus menjalin komunikasi untuk kebutuhan anak.

Ketimbang cemburu, cobalah untuk menjalin hubungan baik dengan mantan suaminya. Dengan begitu tercipta keakraban dan kebahagiaan. Sang mantan suami juga akan lebih mempercayai dirimu untuk menjaga anaknya.

8. Menerima apa adanya

Menikah dengan janda ataupun tidak kita harus menerima pasangan kita apa adanya. Apalagi dengan janda yang memiliki anak dan mantan suami.

Janda juga biasanya memiliki pengalaman lebih dalam membina rumah tangga. Anggaplah pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk dipahami.

9. Bersikap bijaksana

Mungkin kamu akan merasa bahwa kamu hidup di bawah bayang-bayang mantan suami dari pasanganmu. Sesungguhnya pemikiran tersebut sangat tidak penting dan harus dikubur jauh-jauh.

Percayalah bahwa pasanganmu memilih dirimu karena kamu memiliki keunikan dan rasa tanggung jawab dan kamu tentunya harus selalu memiliki sifat bijaksana.

10. Memilih mundur tak jadi soal

Jika tidak bisa menolerir hubungan dengan janda yang memiliki kekurangan dan sering kali cekcok karena jangan ragu untuk mundur. Bertahan dalam hubungan toksik hanya akan menyiksa satu sama lain.

Baca Juga   Tips Aman Belanja Online

Jika nampak tanda-tanda bahwa pasanganmu bukan seseorang yang baik segeralah melangkah sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius. ***