Penurun Kolesterol untuk Lansia? Minum Ini Saja

Avatar Of Teddy Chaniago
7. Alansia | Buliran.com

SEDIKITNYA, ada lima minuman penurunan kolesterol yang cocok untuk lanjut usia atau lansia. Dengan mengetahuinya, para lansia tidak perlu khawatir lagi mengalami kolesterol tinggi. Memiliki kolesterol tinggi di usia lanjut memperbesar resiko terkena penyakit jantung . Oleh karenanya menjaga pola makan dan asupan nutrisi sangat diperlukan bagi para lansia.

Untuk menurunkan kolesterol pada lansia sendiri juga memerlukan penanganan khusus. Sebenarnya penanganan ini bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menurunkan kadar lemak jenuh yang berlebih dalam tubuh. Terdapat lima minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, khususnya untuk para lansia. Minuman ini dapat mudah dibuat sendiri dan tidak memerlukan bahan yang sulit untuk didapatkan.

Berikut lima minuman penurun kolesterol cocok untuk lansia :

1. Teh Hijau

7.1 Teh Hijau | Buliran.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh STIKES Insan Cendekia Medika pada lansia usia 46 sampai 55 tahun di Dusun Ngudirejo, Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang membuktikan bahwa dengan memberikan teh hijau dapat menurunkan kolesterol.

Dimana kadar kolesterol sebelum diberikan teh hijau memiliki rata-rata sebesar 241,4 mg/dL yang kemudian turun menjadi 214,1 mg/dL setelah pemberian. Teh hijau memang sudah lama dikenal menjadi obat herbal yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Kandungan polifenol aktif dan catechins ini juga dapat membantu melindungi jantung.

2. Jus Apel

7.2 Jus Apel | Buliran.com

Penelitian juga dilakukan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur Yogyakarta yang telah diberikan jus apel dua kali sehari selama tujuh hari terbukti dapat menurunkan kolesterol.

Rata-rata kadar kolesterol sebelum pemberian jus apel ini sebesar 224,82 mg/dl dan setelahnya turun menjadi 173 mg/dl. Selain nikmat dan mudah dibuat, jus apel ini banyak mengandung serat dan polifenol yang berfungsi memelihara organ jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca Juga   Gangguan Jiwa di Pandemi Covid Rentan Hinggapi Golongan Ini

3. Susu Kedelai

7.3 Susu Kedelai | Buliran.com

Susu kedelai juga dapat menjadi minuman penurun kolesterol, karena punya kandungan asam amino dan isolafon yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Pada penelitian yang dilakukan Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini Semarang mengungkapkan bahwa dalam susu kedelai bubuk bebas lemak jenuh punya nilai gizi yang tinggi dan cocok untuk lansia.

4. Jus Jambu Biji

7.4 Jus Jambu Biji | Buliran.com

Universitas Airlangga mengadakan penelitian pada lansia berusia lebih dari 55 tahun yang berobat di Puskesmas Keliling Pancar Keling Surabaya terbukti dapat menurunkan kolesterol. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan jus jambu biji dua kali sehari selama 2 minggu terhadap 14 orang responden.

Dimana sebelumnya terdapat rata-rata 203 mg/dl menjadi 152 mg/dl. Hal ini dikarenakan jambu biji memiliki serat yang bernama pektin yang dapat larut dengan air. Serat inilah yang berperan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Kunyit Asam

7.5 Kunyit Asam | Buliran.com

Minuman yang sudah dikenal sebagai jamu tradisional Indonesia ini juga dapat menurunkan kolesterol pada lansia. Hal ini karena kunyit asam kaya akan antioksidan dan kurkumin.

Nutrition Journal pada tahun 2017 menyatakan bahwa kadar kolesterol pada orang yang mengkonsumsi kurkumin cenderung menurun dibanding yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. ***