5 Negara dengan Pengguna Sepeda Motor Terbanyak di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Motor | Buliran.com

SEPEDA motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak digunakan sebagai kendaraan pribadi atau hanya untuk mengantar barang. Sepeda motor merupakan alat transportasi yang bisa mengantarkan ke tujuan dalam waktu singkat, sehingga masih banyak digunakan di berbagai negara di dunia.

Kendaraan ini umumnya digunakan di negara berkembang karena harganya yang terjangkau. Di Indonesia sendiri penggunaan sepeda motor sangat banyak, karena moda angkutan umum yang masih belum memadai untuk wilayah-wilayah tertentu. Tidak hanya di Indonesia, berikut ini negara-negara dengan pengguna sepeda motor terbanyak.

1. Indonesia (80 juta)

Indonesia menjadi negara pertama dengan pengguna sepeda motor terbanyak di dunia. Sekitar 85 persen rumah tangga di Indonesia minimal memiliki satu buah sepeda motor dan menjadikannya sebagai alat transportasi utama. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menemukan dalam surveinya, jumlah motor di Indonesia mencapai 80 juta.

Indonesia juga menjadi pasar untuk sepeda motor dan skuter terbesar di dunia. Terdapat 15 juta sepeda motor yang melewati kota Jakarta setiap harinya.

2. China (68,9 Juta)

China menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Di samping itu, negara ini juga masih menggunakan motor untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Masyarakat di China menggunakan sepeda motor untuk berbagai hal, seperti untuk kendaraan pribadi atau pekerjaan, kurir, sampai untuk perjalanan pendek.

Dari keseluruhan populasi negara ini, terdapat 68,9 juta penduduk atau sekitar 60% yang menjadi pengendara sepeda motor. Pada akhir Juni 2020, Kementerian Keamanan Publik Republik Rakyat China menyebutkan bahwa kendaraan bermotor di negara ini sudah mencapai 360 juta.

3. Vietnam (45 Juta)

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, masyarakat di Vietnam banyak menggunakan sepeda motor. Sepeda motor di negara ini mencapai 86 persen atau sekitar 45 juta sepeda motor, dengan populasi penduduk mencapai 90 juta orang.

Baca Juga   Bermanuver dengan Mobil? Ini Tips Amannya

Kemacetan menjadi salah satu hal biasa di negara ini, seperti di jalan ibu kota Hanoi, terdapat 5 juta sepeda motor setiap harinya. Penjualan sepeda motor di negara ini juga terus mengalami peningkatan. Setiap rumah di Vietnam memiliki setidaknya satu sepeda motor.

4. Thailand (21 juta)

Thailand menjadi negara dengan pengguna sepeda motor terbanyak di dunia. Menurut Pusat Penelitian Pew, 87 persen rumah tangga di Thailand memiliki minimal satu sepeda motor. Negara ini sampai memiliki julukan sebagai “negeri 100 juta skuter” karena banyaknya sepeda motor dari berbagai merek.

BBC memaparkan bahwa terdapat 21 juta motor di Thailand, dengan 20 juta motor yang terdaftar dan satu juta lagi tidak terdaftar. Dari jumlah pengguna sepeda motor tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa angka kematian akibat kecelakaan motor juga menduduki posisi tertinggi, yakni mencapai rata-rata 5.000 kematian setiap tahun.

5. Malaysia (13 Juta)

Malaysia menjadi negara urutan keempat dengan jumlah sepeda motor terbanyak di dunia. Dari 32,37 juta penduduk di Malaysia atau sekitar 7 juta rumah tangga, terdapat 5,8 juta di antaranya memiliki sepeda motor.

Sepeda motor menjadi transportasi favorit di negara ini. Hal tersebut dibuktikan dengan terdapat 13 juta sepeda motor yang ada di negara ini. Di samping itu, kecelakaan pengendara sepeda motor juga menjadi bagian terbesar dari kematian di jalan raya bagi Malaysia. ***