Mengenal Negara-Negara Tanpa Masjid

Avatar Of Teddy Chaniago
4. Shalat Jamaah | Buliran.com

SEBAGAIMANA yang kita ketahui bersama, Masjid adalah salah satu bangunan yang penting bagi umat muslim yang menjadi tempat untuk menunaikan ibadah.

Berbeda jauh dengan Indonesia di mana masjid tersebar cukup luas di semua wilayah, di dunia bagian lain ada negara yang tidak ada masjid berdiri sama sekali.

Hal ini terjadi umumya dikarenakan populasi muslimnya yang sedikit. Namun ada pula yang memang melarang pembangunan masjid bahkan menyebut bahwa Islam sebagai agama yang tidak diakui di negara tersebut.

Untuk mengetahui ulasan mendalamnya, simak negara yang tidak ada masjidnya sebagaimana dikutip dari Opera News berikut ini.

1. Slowakia

4.1 Slowakia | Buliran.com

Slowakia atau Slovakia adalah negara pegunungan yang terkurung daratan di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Polandia di utara, Hongaria di selatan, Ukraina di timur, Austria di barat daya, dan Republik Ceko di barat.

Slovakia adalah negara dengan hukum paling ketat terhadap agama Islam di mana mereka bahkan memiliki undang-undang yang sah yang membuat Islam tidak diterima sebagai salah satu agama resmi negara.

Oleh sebab itulah, hingga saat ini, Slovakia adalah satu-satunya negara anggota Uni Eropa yang tidak memiliki masjid. Sebagian kecil umat Islam di negara itu hanya melaksanakan salat di rumah kontrakan atau mushala sementara.

2. Uruguay

4.2 Uruguay | Buliran.com

Uruguay adalah negara Spanyol terkecil yang terletak di tenggara Amerika Selatan. Memang, ada muslim di sana namun tidak ada masjid di dalamnya.

Meski begitu, pihak Kedutaan Mesir di ibu kota negara Uruguay, Montevideo, menyediakan ruangan untuk salat Jumat.

3. San Marino

4.3 San Marino | Buliran.com

Selanjutnya, San Marino adalah salah satu negara terkecil di dunia, dikelilingi oleh Italia, dan dikatakan sebagai republik tertua di dunia yang masih hidup.

Baca Juga   Deretan Kota Terkenal yang Dikira Ibukota Negara

Di San Marino, populasi Muslim lebih sedikit lagi. Tidak ada masjid di negara ini sehingga umat ​​Islam sering berjalan dengan susah payah ke masjid Forli dan Ravenna yang terletak di negara tetangga, Italia.

4. Monako

4.4 Monako | Buliran.com

Monako adalah negara terkecil kedua di dunia, di mana posisi pertama didahului oleh Vatikan.

Dikarenakan masuk dalam daftar negara yang tidak ada masjid, jemaah muslim di Monako harus keluar negara menuju pusat ibadah di negara terdekatnya, Prancis.

5. Vatikan

4.5 Vatikan | Buliran.com

Vatikan, negara terkecil di dunia, terletak di jantung kota Roma. Ini adalah denyut nadi kehidupan Katolik. Ini menarik jutaan peziarah dari seluruh dunia, yang datang setiap tahun untuk berkumpul dalam doa dan mencari berkat Paus.

Saat ini, di Kota Vatikan, tidak ada masjid da tidak ada pusat sosial juga. Fasilitas tersebut hanya bisa diakses di negara tetangga, Italia.

6. Estonia

4.6 Estonia | Buliran.com

Estonia adalah negara beribu kota Tallinn yang terletak di timur laut Eropa, berbatasan dengan Laut Baltik, antara Swedia dan Rusia. Negara ini salah satu negara Eropa dengan populasi Muslim terkecil di mana belum ada mesjid yang resmi di sana.

Umat ​​Muslim yang berpenduduk sedikit di negara itu biasanya melaksanakan salat di Pusat Kebudayaan Islam Turath yang terletak di ibu kota Estonia, Tallinn.

7. São Tome dan Príncipe

4.7 Sao Tome Dan Principe | Buliran.com

Terletak di Samudra Atlantik di lepas pantai khatulistiwa barat Afrika, São Tomé and Príncipe adalah negara pulau berbahasa Portugis. Negara ini sangat kecil dan baru benar-benar merdeka dari Portugal pada 12 Juli 1975 silam.

Lebih dari 95% populasi São Tomé dan Principe adalah orang Kristen. Katolik Roma adalah agama Kristen yang paling dominan di negara ini.

Baca Juga   Deretan Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Tidak ada satu pun masjid di São Tomé dan Principe saat ini, menjadikannya sebagai satu-satunya negara di Afrika yang punya identitas sebagai negara yang tidak ada masjid sama sekali. ***