1 Muharam, Momentum untuk Berubah Menjadi Lebih Baik

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Has.jpg | Buliran.com

BuliranNews, DEPOK – Peringatan tahun baru Islam, 1 Muharam 1444 H tahun ini, memiliki banyak arti dalam kehidupan bermasyarakat. Setelah cukup lama terkungkung oleh pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, maka tahun-tahun ini agak longgar mulai dirasakan oleh masyarakat.

Namun demikian, jangan sampai situasi ini justru membuat masyarakat abai. Menjaga diri dan keluarga dari hal-hal yang merugikan juga harus dilakukan.

8.1 Has.jpg | Buliran.com

Tahun Baru Islam menghadirkan suatu momentum yang membawa kesan, pesan, bahkan hikmah untuk kehidupan. Penanggalan Tahun Baru Islam mengingatkan pada suatu peristiwa yaitu hijrahnya Nabi Muhammad SAW sehingga disematkan dengan nama hijriyah.

“Tahun baru 1 Mu jangan hanya diartikan sebagai pergantian tahun semata, namunkita harus bersama-sama sebelumnya menggelarkan tekad untuk menjadi lebih baik tahun-tahun,” kata tokoh muda Kota Depok, HM Hasbullah Rahmad saat mengikuti pawai Muharam yang jamaah Masjid Al Ikhlas, RW 08 Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok.

8.3 Has.jpg | Buliran.com

Hijrah kata pria yang akrab disapa Bang Has ini, memiliki arti berpindah dan beralih tempat. Namun, hijrah memiliki makna yang lebih dalam yaitu suatu komitmen yang dibangun oleh kesadaran hati nurani dan spiritual untuk berpindah ke dalam keadaan yang lebih baik yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Allah kata pria yang sehari-harinya adalah anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Amanat Nasional ini, memerintahkan Nabi Muhammad untuk berhijrah pada suasana yang mampu membangun kedekatan dengan Allah dengan lebih baik.

“Makna hijrah dalam kondisi saat ini, bisa diartikan sebagai sebuah perubahan untuk menjadi lebih baik, dalam hal beribadah, meningkatkan nilai-nilai Islam, dan mampu berinteraksi sosial yang lebih baik lagi dengan lingkungan,” tambahnya.

8.2 Has.jpg | Buliran.com

Bang Has menyebutkan, dengan momentum tahun baru Islam ini, maka bagi mereka yang lebih jarang ke masjid, bisa meningkatkannya. Bagi yang belum pernah tahajud, mari berhijrah dengan membiasakan menunaikan tahajud. Kebiasaan baik yang sudah dilakukan sebelumnya, bisa meningkat.

Baca Juga   24 Pasangan Mesum Diamankan Petugas Saat Gerebek Prostitusi di Bogor

“Hijrah yang sesungguhnya adalah, apabila belum menampilkan ajaran Islam dengan baik, maka tampilkanlah keadaan Islam dalam setiap kehidupan kita. Lisan kita harus berislam, mata kita harus berislam, telinga kita berislam, sampai ujung ke kaki kita pun harus selalu berislam,” tambahnya. .

Sebagai wakil rakyat, Hasbullah Rahmad yang digadang-gadang banyak pihak sebagai calon kuat Walikota Depok periode mendatang juga diharapkan untuk melakukan yang lebih baik lagi dalam melayani dan mendukung semua aspirasi dari masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepadanya. (ted)