DPLN Induk Keluarga Minangkabau Malaysia, Kebanggaan Rang Minang di Negeri Jiran

Avatar Of Teddy Chaniago
1.1 Ikm Malaysia.jpg | Buliran.com

BuliranNews, KUALA LUMPUR – Berada jauh di negeri orang, tak menghalangi eksistensi perantauan asal Sumatera Barat untuk tetap besar dalam budaya dan adat istiadat leluhur mereka. Ini pula yang tampak dalam potret keseharian dari keluarga besar Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) Induk Keluarga Minangkabau Malaysia.

Walaupun tak semua warga Induk Keluarga Minangkabau di negeri jiran tersebut, berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), namun kebanggan mereka akan kultur, budaya dan negeri asal tak pernah luntur sama sekali. Bahkan tak sedikitpun mereka ragu mengatakan kalau mereka Urang Minang.

“Masalah identitas kependudukan bukan sebuah halangan bagi kami untuk bersama-sama membesarkan marwah Minangkabau di perantauan khususnya di Malaysia. Saya sendiri yang berasal dari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam identitas kependudukan saya adalah warga Malaysia. Namun saya, sampai kapan pun akan tetap menjadi urang awak,” kata Harwin Darwis yang bersuku Piliang ini.

1.2 Ikm.jpg | Buliran.com

Melalui DPLN Induk Keluarga Minang Malaysia dan Jaringan Pertubuhan Masyarakat Minangkabau  Malaysia (JP3M),  Harwin menyebutkan senantiasa menumbuhkan adat dan budaya Minangkabau di negeri jiran. Bahkan, DPLN Induk Keluarga Minangkabau  Malaysia dan JP3M yang telah menjadi organisasi bersakala nasional di Malaysia selalu berkomunikasi dengan Bahasa Minang.

“Jika DPLN Induk Keluarga Minangkabau Malaysia usianya baru hitungan jari, namun JP3M sudah berkiprah puluhan tahun. Dan saat ini telah menaungi 40 organisasi kekerabatan masyarakat Minang didalamnya,” kata Harwin Darwis yang saat ini dipercaya sebagai Timbalan Setia Agung Usaha atau Wakil Sekretaris Jenderal JP3M.

Harwin juga menyebutkan, beberapa waktu lalu DPLN Induk Keluarga Minangkabau Malaysia, melakukan kunjungan kehormatan pada YB Senator Tan Sri Dato’ Seri Utama DR Rais Yatim Yang Di Pertuan Dewan Negara Malaysia (Ketua MPR) .

Baca Juga   Bedah Buku “Jangan Mau Mati Sebelum Sukses” karya Panji Anugerah pada Literasi Go Cafe Pustaka Dua-2

“Ada yang menarik, dalam pertemuab tersebut kami berdiskusi menggunakan Bahasa Minang dan membahas berbagai hal terkait masyarakat Minangkabau di Malaysia. Mulai dari budaya, adat istiadat, warisan hingga kuliner,” ucap Harwin yang di JP3M juga dipercaya sebagai ketua penerangan dan perhubungan atau humas ini.

1. Ikm Malaysia.jpg | Buliran.com

Ada sejumlah kegiatan yang telah disusun oleh DPLN Induk Keluarga Minangkabau Malaysia dan JP3M ke depan yang juga mendapat dukungan dari YB Senator Tan Sri Dato’ Seri Utama DR Rais Yatim. Diantaranya program-program kebudayaan seperti : Pidato adat, Pantun, Pencak silat. Lagu Minang serta Saluang dan Dendanf.

“Kegiatan tersebut akan melahirkan rasa kecintaan akan budaya Minangkabau dan tentunya kuliner Minangkabau perlu lebih dikembangkan di Malaysia,” kata DR Rais Yatim sebagaimana diucapkannya kepada Harwin Darwis.

Malah dalam pertemuan dengan tokoh besar di Malaysia itu, Harwin Darwis yang juga dipercaya sebagai ketua dewan penasehat DPLN Induk Keluarga Minangkabau Malaysia, juga mempersembahkan atraksi budaya berupa Randai Cindua Mato. (ted)