Perodua, Pengancam Kemapanan Avanza-Xenia dari Negeri Jiran

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Perodua | Buliran.com

TOYOTA AVANZA dan Daihatsu Xenia dikenal sebagai mobil kembar yang sudah lahir tahun 2004 silam. Ternyata, di Malaysia juga sudah ada mobil serupa namun dengan nama yang berbeda, yakni Perodua. Hari ini (20/7/22), mobil itu rilis dengan nama Perodua Alza, sejumlah fitur baru pun disematkan, misalnya adaptive cruise control.

Dilansir dari Paultan, ada tiga varian yang lahir pada peluncuran Perodua Alza hari ini, yakni X, H dan AV – dan semuanya ditenagai oleh mesin 1.5L Dual VVT-i dari Myvi facelift dan gearbox otomatis D-CVT.

Alza terbaru dijual dari tipe terendagh yakni tipe X dari 62.500 ringgit (210 jutaan rupiah), lalu tipe H sebesar 68.000 ringgit (Rp 228 jutaan), dan 75.500 ringgit (254 jutaan rupiah) untuk tipe AV.

Pada versi baru ini nampak sejumlah perubahan, misalnya lampu depan serta grill yang lebih besar. Kemudian bumper belakang serta pelek juga didesain ulang.

Perbedaan lainnya juga ditemukan di ground clearance, karena Alza baru hanya sebesar 160 mm, untuk tipe X 150mm, jauh di bawah Avanza-Veloz-Xenia yang 205 mm. Dengan ground clearance yang lebih rendah, maka akses anak-anak dan orang tua untuk masuk ke dalam kabin menjadi lebih mudah.

Perodua juga menggunakan pengaturan suspensi yang lebih sporty/kencang dibandingkan dengan spesifikasi Indonesia.

Mobil ini memang hampir serupa dengan Xenia milik Daihatsu karena Perodua yang merupakan perusahaan lokal Malaysia bekerjasama dengan perusahaan Jepang tersebut.

Uniknya, nama yang digunakan di Malaysia kerap berbeda dengan nama global. Selain Alza dan Xenia, Sirion juga berbeda dengan nama Malaysia yakni Myvi. ***

 

Baca Juga   De Tomaso Mangusta, Mobil Keren nan Menggoda