Ampiang Dadiah, Yoghurt Khas Ranahminang

Avatar Of Teddy Chaniago
14. Ampiang Dadiah | Buliran.com

YOGHURT! menyebut nama tersebut, tentu ingatan kita akan berpaling ke Negara Swedia dan Belgia. Karena kedua negara Skandinavia tersebut memang akrab dengan kuliner tersebut.

Namun jangan salah, orang Minang juga punya yoghurt versi sendiri, yang dibuat dengan metode fermentasi alami yakni amping dadiah. Yoghurt Minangf ini telah dikenal sangat lama dan menjadi kuliner turun temurun yang senantiasa diburu oleh para penikmat kuliner dari manapun.

Ampiang dadiah sudah ada sejak zaman dulu. Ampiang dadiah berasal dari Bahasa Minang, “ampiang” berarti berdekatan dan “dadiah” berarti susu yang dikentalkan atau susu fermentasi.

Pesona dadiah “yoghurt” khas Minang bahkan terdengar sampai telinga chef kenamaan Gordon Ramsay. Pada kesempatannya mengunjungi Sumatera Barat dalam salah satu episode acara Gordon Ramsay: Uncharted yang tayang di National Geographic Channel beberapa waktu lalu, Ramsay memeras susu kerbau untuk bahan dadiah.

1. Ampiang Dadiah | Buliran.com

Dikutip dari Pesona Indonesia, dadiah adalah susu kerbau yang difermentasi dalam batang bambu. Proses fermentasi ini membuat susu kerbau jadi punya cita rasa asam yang khas seperti yoghurt. Saat proses fermentasi, susu kerbau tersebut hanya dimasukkan ke dalam wadah bambu lalu ditutup dengan daun pisang atau daun waru.

Tidak ada bibit untuk membantu proses fermentasi. Proses fermentasi dadiah memakan waktu 2-3 hari. Dadiah siap disantap jika sudah menggumpal. Umumnya dadiah dinikmati dengan ampiang.

Ampiang adalah beras ketan yang ditumbuk pipih. Uniknya proses pemipihan ampiang ini dilakukan saat beras ketan masih panas setelah direbus kering. Ampiang di Sumatera Barat merupakan hidangan rumahan yang terdapat di Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. Tepatnya di Jorong Ladang Laweh sekitarnya.

Pembuat ampiang umumnya dipanggil “induak induak” atau kaum ibu. Mereka membuat ampiang di “dangau” atau pondok ampiang yang lazim berada di dekat rumah masing-masing.

Baca Juga   Ikan Asap Selais, Si Gurih Renyah Kebanggan Riau

Pengerjaan ampiang harus beberapa orang, minimal tiga orang. Satu orang menumbuk, satu menimang, dan satu lagi merendang (merandang). Ampiang umumnya dipasarkan ke berbagai kota di Sumatera Barat. Seperti Kota Padang, Bukittinggi, dan Padangpanjang.

Sensasi menikmati dadiah layaknya memakan puding yoghurt dengan bau yang lebih menusuk. Dadiah dinikmati untuk sajian sarapan dengan emping dan gula merah. Selain itu, dadiah juga bisa dinikmati dengan sambal, bawang, dan sirih. Dadiah juga cocok dijadikan lauk pendamping nasi ditambah sambal. (*/kps)