Maknyos, Ayo Sikat Kuliner Olahan Pisang Berikut

Avatar Of Teddy Chaniago
13. Pisang | Buliran.com

BUAH PISANG memang menjadi salah satu buah yang memiliki banyak sekali penggemar, dan pisang sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh loh guys. Beberapa kuliner olahan pisang dapat kita jumpai di seluruh Indonesia.

Nah manfaat pisang untuk tubuh kita adalah kaya akan vitamin A, melancarkan metabolisme tubuh, Meningkarkan kekebalan tubuh, Mengatasi Anemia, Menurunkan berat badan, dan baik untuk kulit.

Pisang di Indonesia ternyata selain bisa dimakan langsung biasanya diolah loh. Nah beberapa olahan pisang di Indonesia ini juga memiliki rasa yang lezat, dan menjadi jajanan tradisional yang disukai masyarakat Indonesia.

Kalian mau tau apa saja sih olahan pisang yang dijadikan jajanan tradisional? Tentu Kalian hanya mengenal Pisang Goreng dan Kolak Pisang. Nah, kali ini kami tampilkan ragam kuliner olahan pisang. Silahkan lanjutkan membacanya.

1. Pisang Rai

13.1 Pisang Rai | Buliran.com

Pisang Rai ini adalah jajanan tradisional khas Bali yang sangat disukai masyarakat Bali, dan bahkan Pisang Rai ini juga menjadi jajanan tradisional yang disukai wisatawan mancanegara yang sudah pernah mencobanya.

Nah untuk kalian yang masih belum tau Pisang Rai ini terbuat dari adonan tepung yang berwarna hijau, adonan tersebut akan digulung ke pisang, lalu pisang yang sudah di gulung dengan adonan tersebut akan dikukus, dan setelah matang Pisang Rai ini akan dipotong-potong ditaburi kelapa parut yang memiliki tekstur gurih. Untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi jajanan yang satu ini sangat sempurna!

2. Pisang Molen

13.2 Pisang Molen | Buliran.com

Pisang molen ini memang menjadi jajanan tradisional Indonesia yang masih ada sampai saat ini dibeberapa daerah yang ada di Indonesia loh. Pisang molen ini sebenarnya jajanan tradisional dari Bandung guys, dan Pisang molen ini memiliki rasa yang manis serta gurih saat kalian menggitnya. Siapa disini yang rindu dengan jajanan pisang molen?

Baca Juga   Rendang Ayam, Amboi Nikmatnya

3. Nagasari

13.3 Lepat Pisang Nagasari | Buliran.com

Jajanan tradisional yang ada diurutan ketiga ini adalah Nagasari. Nagasari mungkin sudah tidak asing untuk kalian yang tinggal di Pulau Jawa. Karena jajanan yang satu ini masih banyak ditemukan dipasar loh guys! Untuk kamu yang belum tau Nagasari, kuliner ini terbuat dari Tepung sagu, santan, tepung beras, gula, pisang, dan akan dibungkus dengan daun pisang selanjutnya Nagasari akan dikukus hingga matang.

Untuk rasanya memang manis, gurih dari santannya terasa, dan yang paling menarik dari Nagasari adalah aroma daun pisang yang membalut Nagasari ini sangat aromantic. Membuat selera makan kita meningkat loh!

4. Barongko Pisang

13.4 Pisang Barongko | Buliran.com

Jajanan tradisional yang disebut Brongko ini memang merupakan jajanan tradisional dari Sulawesi Selatan yang memiliki banyak sekali penggemar di Indonesia, dan Barongko ini menjadi jajanan tempo dulu yang masih membuat rindu. Untuk kalian yang belum tau Barongko ini sebenarnya terdiri dari santan, garam, gula, telur, pisang, dan akan dibungkus dengan daun pisang selanjutnya akan dikukus.

Untuk rasa memang tidak perlu diragukan karena Barongko ini sangat lembut, dan perpaduan bahan dari Barongko ini memang sangat lumer dimulut. Makanya tak heran jika 1 bungkus Barongko ini masih kurang guys. Nah untuk mencari Barongko memang cukup susah, namun untuk kalian yang pengen Barongko bisa melihat resep yang ada di Sosmed ya. disana banyak banget resep Barongko yang creamy, dan pastinya bisa mengobati rindu kalian dengan jajanan masa kecil.

5. Pisang Epe

13.5 Pisang Epe | Buliran.com

Kuliner olahan pisang selanjutnya Pisang Epe ini memang menjadi jajanan tradisional khas Makassar yang bisa kalian temukan dibeberapa cafe yang ada di Makassar. Pisang Epe ini adalah pisang yang tidak terlalu masak, yang akan ditekan hingga pipih, dan akan dipanggang diatas bara api. Setelah matang Pisang Epe akan disiram dengan gula merah cair. Sehingga memberikan rasa gurih, manis, kecut, asin, dan pastinya Yummy banget.

Baca Juga   Manjakan Selera dengan Ikan Sepit Bakar, Sajian Khas Muratara

6. Es Palu Butung

13.6 Es Palu Butung | Buliran.com

Es Palu Butung ini memang memiliki tampilan yang menggoda, segar, dan sangat nikmat jika diminum saat hari panas. Es Palu Butung ini terdiri dari pisang, gula pasir, vanili, tepung beras, es batu, dan siraman sirup merah yang menambah pesona Es Palu Butung. Untuk menemukan Es Palu Butung memng sangat mudah, dan beberapa pedang kaki lima biasanya menjual Es Palu Butung dipinggir jalan loh. Jadi untuk kalian yang ingin minum Es Palu Butung di Indonesia sangat mudah, dan beberapa cafe juga menjual Es Palu Butung.

7. Carang Gesing

13.7 Carang Gesing | Buliran.com

Sekilas tampilan Carang Gesing ini mirip dengan Nagasari, dan Barongko ya guys! Namun Carang Gesing ini memiliki bahan, dan rasa yang berbeda. Carang Gesing ini terdiri dari Pisang raja, telur, santan, kelapa, dan semua bahan tersebut akan dibungkus daun pisang selanjutnya Carang Gesing akan dikukus. Setelah matang Carang Gesing siap disajikan, Untuk rasa dari Carang Gesing ini manis, gurih, dan tekstur dari Carang Gesing memang lebih lembek dari pada Nagasari.

8. Sale Pisang

13.8 Sale Pisang | Buliran.com

Sale Pisang ini memang sangat terkenal sekali di Pulau Jawa, dan Sale Pisang ini merupakan jajanan khas Jawa Tengah yang diburu traveler saat berkunjung ke Jawa Tengah. Sale Pisang ini biasanya dijadikan oleh-oleh loh. Untuk kalian yang belum tau Sale Pisang ini merupakan pisang yang dipotong tipis-tipis, dibalur dengan tepung, dan akan di goreng.

Sehingga rasa dari Sale Pisang ini mengeluarkan rasa manis, gurih, asin, dan pastinya nagih guys! Sale Pisang ini biasanya sangat lezat jika disajikan bersama secangkir teh, apalagi dinikmati saat pagi hari, atau malam hari saat udara dingin Sale Pisang emang paling pas mantep!

Baca Juga   Sungguh Menggoda Selera, Ayo Cicipi Patin Bakar Bambu

9. Cekodok

13.9 Cekodok | Buliran.com

Kuliner olahan pisang kali ini berasal dari Sumatera. Jadi Cekodok ini terdiri dari pisang yang akan dihancurkan, dicampur dengan tepung, air, gula, dan akan dibentuk bulat-bulat. Setelah dibentuk bulat-bulat Cekodok akan digoreng. Sehingga memberikan tekstur gurih, asin, manis, dan Cekodok cocok dimakan saat siang hari ataupun malam hari loh.

Cekodok ini menjadi jajanan khas Sumatera yang sangat disukai masyarakat Sumatera, dan Cekodok ini juga menjadi jajanan khas Sumatera yang diburu traveler saat berada di Sumatera loh.

10. Semlo

13.10 Semlo | Buliran.com

Kuliner olahan pisang yang ada diurutan terakhir ini adalah Semlo. Jadi Semlo ini adalah jajanan tradisional dari Jogja, dan masih populer hingga saat ini di Jogja. Jadi Semlo terdiri dari Pisang kepok yang dipotong, dicampur dengan air yang terdiri dari jeruk nipis, kayu manus, cengkeh, jahe, dan gula. Kalian bisa bayangkan betapa lezatnya Semlo? Nah dari pada penasaran langsung aja yuk cari Semlo dipinggir jalan Jogja, dijamin kulineran kamu di Jogja kali ini berkesan!