UMKM  

Hasbullah Rahmad Siap Jadi Duta Batik Jatijajar

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Batik | Buliran.com

BuliranNews, DEPOK– Kreativitas dan produk sebuah daerah jangan hanya jadi kebanggaan semu penghias etalase kantor pemerintahan saja. Namun produk tersebut harus dijadikan kebanggaan secara nyata dan diperkenalkan secara terus menerus kepada masyarakat luas.

Batik Jatijajar salah satunya, sebagai produk ekonomi kreatif dari Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, harus diberikan panggung yang tepat untuk mensosialisasikannya sehingga dikenal dan dipakai juga masyarakat lainnya yang berada di luar Jatijajar.

“Kalau produk tersebut hanya dilahirkan untuk sebuah ivent saja, tentu tak akan pernah dilirik. Karenanya, harus diperkenalkan secara luas lagi. Dan untuk batik jatijajar, jika dipercaya, saya siap menjadi dutanya,” kata anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PAN, HM Hasbullah Rahmad.

3. Has | Buliran.com

Kepada BuliranNews, anggota Komisi 4 itu menyebutkan, sulitnya produk masyarakat yang dilahirkan dari sebuah produk rumahan ataupun dari sebuah pelatihan mencuat ke permukaan, disebabkan oleh persoalan kontuniutas produksi dan lemahnya pengembangan atau pemasarannya.

Pria ramah yang digadang-gadang sebagai calon kuat walikota Depok periode mendatang ini, optimis jika persoalan pengembangan ini bisa diatasi, maka semua produk daerah akan lebih mudah menembus pasar yang lebih luas lagi.

Terkait kesiapannya menjadi duta batik Jatijajar, Bang Has menyebutkan bukanlah sebuah hal yang tiba-tiba saja hadir dikepalanya. Namun sebaliknya memang diniatkan untuk lebih mengenalkan batik Jatijajar ke khalayak Jawa Barat secara luas.

“Mungkin dengan rutin menggunakan Batik Jatijajar, kebahagiaan saya sebagai warga Kota Depok akan semakin sempurna,” katanya serius.

Catatan BuliranNews, Batik Jatijajar setahun belakangan memang mulai menggeliat. Melalui pelatihan membatik, muncul dua ikon Batik Jatijajar dengan corak utama yaitu kimpul dan Jati Jajar. (ted)

Baca Juga   Cisalak Pasar Siap Jadikan Sektor UMKM Sebagai Ikon