Hilangkan Batuk Kering dengan 13 Obat Alami Berikut

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Batuk | Buliran.com

BATUK kering menjadi salah satu penyakit yang cukup mengganggu karena seringkali sulit dikendalikan. Jika tak segera diobati, batuk kering bisa membuat Anda hilang fokus dan tak bebas beraktivitas.

Anda mungkin masih acuh tak acuh saat menderita batuk kering. Tak mau berobat atau mungkin cukup percaya diri bakal sembuh dengan hanya membeli obat batuk kering di warung. Jika masih begitu, Anda harus mencoba obat batuk kering alami. Obat kering alami berdasarkan penelitian ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan berkhasiat tinggi.

Apa Itu Batuk Kering?

Sebelum mengetahui lebih jauh soal obat batuk kering alami, Anda perlu tahu apa itu batuk kering. Ini penting agar Anda tak salah memilih obat. Singkatnya, batuk kering adalah batuk yang terjadi tanpa menghasilkan lendir. Batuk kering umumnya terjadi terus-menerus dan sulit dikendalikan.

Batuk kering bisa menyebabkan iritasi dan luka pada tenggorokan sehingga terasa sakit dan gatal. Suara Anda bisa serak dan bahkan hilang. Jika terjadi pada anak, batuk kering bakal membuat buah hati Anda rewel.

Penyebab Batuk Kering

Anda yang sedang atau pernah terkena batuk kering mungkin penasaran, apa sih penyebab batuk kering? Jadi, batuk kering adalah reaksi dari rasa gatal yang muncul di tenggorokan karena adanya infeksi virus atau bakteri. Namun, ada juga penyebab lain batuk kering. Berikut penjelasannya:

1. Infeksi Virus

4. Infeksi Virus | Buliran.com

Infeksi virus adalah salah satu penyebab flu. Umumnya, gejala bakal hilang dalam waktu kurang dari seminggu. Namun, Anda mungkin akan mengalami batuk kering setelah pilek sembuh.

Batuk kering terjadi akibat infeksi saluran napas yang menjadi sensitif setelah terserang virus. Gejala batuk kering biasanya akan bertahan hingga dua bulan setelah infeksi virus selesai.

2. Alergi

4. Alergi | Buliran.com

Alergi juga bisa menjadi penyebab batuk kering. Ada banyak pemicu alergi atau alergen di udara yang mengiritasi saluran pernapasan Anda. Ketika tubuh bereaksi dengan alergen yang masuk ke saluran pernapasan, batuk akan muncul sebagai reaksi untuk mengeluarkan zat tersebut.

Baca Juga   Ingin Terhindar dari Kanker? Hindari Daftar Makanan Berikut

Udara yang terlalu kering atau dingin, seperti di dalam ruangan ber-AC juga bisa menyebabkan batuk kering. Gejala lain pada batuk kering karena alergi, yakni gatal, bersin-bersin, dan pilek.

3. Asma

4. Asma | Buliran.com

Asma adalah kondisi yang menyebabkan peradangan dan penyempitan saluran udara di paru-paru. Asma bisa memicu batuk berdahak, tapi biasanya lebih sering menyebabkan batuk kering.

Ini terjadi karena saluran pernapasan membengkak dan menyempit sehingga menyulitkan bernapas. Pada jenis asma varian batuk, gejala utamanya berupa batuk kering kronis yang seringkali memburuk pada malam hari.

4. Asam Lambung

4. Asam Lambung | Buliran.com

Penyebab batuk kering lainnya adalah saat terjadi asam lambung atau GERD yang naik ke esofagus atau kerongkongan. Asam lambung yang naik ini kemudian mengiritasi kerongkongan yang memicu gejala batuk kering.

Ciri-ciri Batuk Kering

Ciri-ciri batuk kering bisa berbeda-beda, tergantung pada penyebabnya. Namun, biasanya batuk kering yang muncul bakal disertai ciri-ciri berikut ini:

  • Pilek
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk intens tanpa disertai dahak
  • Suara serak
  • Dada sakit
  • Demam
  • Tubuh pegal
  • Mual
  • Sakit kepala

Obat Batuk Kering Alami Berdasarkan Penelitian

Jika Anda sudah mengalami ciri-ciri batuk kering, segera cari obat agar bisa sembuh dan kembali beraktivitas normal. Jangan bingung, kini ada obat batuk kering alami berdasarkan penelitian yang mudah Anda temukan dan memiliki khasiat luar biasa.

1. Jahe

3.1 Jahe | Buliran.com

Jahe digunakan sebagai obat batuk kering alami karena memiliki sifat antiinflamasi. Selain itu, jahe juga mengandung zat antibakteri dan anti peradangan alami.

Senyawa anti inflamasi pada jahe bisa mengendurkan selaput di saluran udara untuk mengurangi batuk kering. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda tinggal seduh beberapa ruas jahe ke dalam air hangat. Bisa juga tambahkan madu agar wedang jahe lebih nikmat dan ampuh untuk obat batuk kering.

2. Madu

3.2 Madu | Buliran.com

Sama seperti jahe, madu juga bisa dipilih sebagai obat batuk kering alami. Madu efektif mengatasi batuk kering, mengurangi frekuensi batuk, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga   Bakar Kalori Lebih Banyak Saat Tidur? Begini Caranya!

Cara menggunakan madu sebagai obat batuk kering alami adalah mencampur dua sendok teh madu dengan air hangat. Namun, jangan berikan madu untuk anak berusia kurang dari satu tahun karena berisiko menimbulkan botulisme, yaitu bentuk keracunan makanan yang langka namun serius.

3. Kunyit

3.3 Kunyit | Buliran.com

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang potensial sebagai bahan anti peradangan, antivirus, dan antibakteri alami. Bahkan, air rebusan kunyit dan susu disebut dapat menyembuhkan batuk dan penyakit pernapasan terkait.

Selain itu, kunyit juga bisa membantu meringankan gejala asma dan bronkitis. Cara menggunakan kunyit sebagai obat batuk kering alami cukup mudah, Anda tinggal tambahkan satu sendok teh kunyit bubuk dan sejumput lada hitam ke dalam secangkir minuman hangat.

4. Peppermint

3.4 Peppermint | Buliran.com

Peppermint atau daun mint pasti sudah akrab bagi Anda yang sering mengalami batuk. Tanaman ini memang bisa menjadi obat batuk kering alami yang ampuh karena peppermint mengandung mengandung senyawa anti inflamasi, mentol, serta sifat antibakteri dan antivirus yang dapat mempercepat penyembuhan.

Peppermint bakal membuat tenggorokan mati rasa sehingga menghilangkan rasa sakit saat batuk. Anda bisa minum teh peppermint, makan permen peppermint, atau menggunakan minyak peppermint untuk melawan batuk kering.

5. Lemon

3.5 Lemon | Buliran.com

Lemon juga menjadi obat batuk kering alami yang baik karena punya sifat antiinflamasi. Buah satu ini membantu mengurangi iritasi di tenggorokan dan paru-paru membersihkan saluran udara dan meredakan batuk kering.

Cara menggunakan lemon sebagai obat batuk kering alami adalah dengan memanfaatkan perasan airnya. Anda bisa seduh dua sendok makan perasan jeruk lemon dengan 500 ml air hangat.

6. Nanas

3.6 Nanas | Buliran.com

Nanas mengandung bromelain yang dapat membantu mengobati batuk secara alami. Enzim tersebut memiliki sifat anti inflamasi yang kuat sehingga bisa membantu masalah batuk kering yang terkait dengan alergi dan asma.

Bromelain juga dianggap memiliki sifat mukolitik yang membantu memecah dan mengeluarkan lendir. Jika Anda tidak alergi nanas, coba konsumsi jus nanas saat batuk dan sertakan inti buah nanas yang paling banyak bromelainnya.

Baca Juga   Dapatkan 7 Manfaat Berenang untuk Kesehatan

7. Thyme

3.7 Thyme | Buliran.com

Obat batuk kering alami selanjutnya adalah thyme. Selain bisa menambah cita rasa masakan, rempah thyme bisa Anda gunakan sebagai obat batuk kering alami. Caranya, seduh dua sendok teh thyme kering ke dalam secangkir air panas lalu minum selagi hangat.

8. Probiotik

1. Probiotik | Buliran.com

Ada juga probiotik yang bisa menjadi obat batuk kering alami pilihan Anda. Probiotik bisa ditemukan di miso, yogurt, atau kimchi yang dapat membantu mengobati batuk secara alami. Probiotik bisa membantu Anda melawan infeksi, alergen, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

9. Akar Marshmallow

3.9 Akar Marshmallow | Buliran.com

Berasal dari tanaman marshmallow, akar marshmallow terlihat seperti sekam cokelat berserat. Ini cocok Anda konsumsi sebagai obat batuk kering alami. Cara penggunaannya dengan menuangkan air mendidih ke dalam gelas berisi akar kering lalu tutup dan seduh selama 5-10 menit. Setelah itu, saring dan minum.

10. Kayu Putih

3.10 Kayu Putih | Buliran.com

Aromaterapi dengan kandungan minyak kayu putih juga bisa membantu Anda meredakan batuk kering. Caranya tambahkan kayu putih ke dalam diffuser atau cukup oleskan minyak kayu putih agar pernapasan lebih lega, terutama di malam hari.

11. Terapi Uap

3.11 Terapi Uap | Buliran.com

Terapi uap bisa Anda pilih sebagai obat batuk kering alami selanjutnya. Cara ini bisa membantu melembabkan saluran hidung yang teriritasi, meredakan sakit tenggorokan, dan mengurangi keparahan batuk kering.

Untuk melakukan terapi uap, ambil mangkuk besar berisi air panas dan tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Saat menghirup uapnya, taruh handuk di atas kepala Anda.

11. Minuman Hangat

3.12 Minuman Hangat | Buliran.com

Minuman hangat sangat berguna dalam menghilangkan batuk. Karena hawa panasnya akan membuat virus batuk yang ada menjadi mati.

12. Air Garam

3.13 Air Garam | Buliran.com

Terakhir, Anda bisa pergi ke dapur dan mengambil garam sebagai obat batuk kering alami. Berkumur dengan larutan air garam bisa membantu meringankan iritasi karena batuk kering. Berkumurlah dengan segelas air hangat yang diberi satu sendok teh garam. ***