Ragam Nasi Goreng Khas Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
11. Nasi Goreng | Buliran.com

TAK bisa dipungkiri, Indonesia memiliki banyak makanan yang terkenal di seluruh dunia. Gak hanya rendang yang masuk ke dalam deretan CNN World’s 50 Best Foods, nasi goreng juga jadi makanan terenak di dunia.

Nah, ternyata jenis nasi goreng khas Indonesia lumayan banyak, dan tentunya gak bisa ditemukan di negara lain. Penasaran ada apa saja? Inilah beberapa jenis nasi goreng yang hanya ada di Indonesia!

1. Nasi Goreng Kambing

11.1 Nasi Goreng Kambing | Buliran.com

Sesuai dengan namanya, nasi goreng ini dimasak dengan campuran rempah, mulai dari kunyit, serai, hingga kapulaga. Biasanya daging kambing diiris tipis atau dipotong kotak yang dicampur bersama nasi goreng.

2. Nasi Goreng Babat

11.2 Nasi Goreng Babat | Buliran.com

Nasi goreng yang cukup dikenal ini, berasal dari Semarang yang memadukan babat dengan bumbu spesial. Nah, babat yang digunakan pun biasanya empuk dan gak bau.

3. Nasi Goreng Kampung

11.3 Nasi Goreng Kampung | Buliran.com

Nah ini lain lagi, meski namanya nasi goreng kampung, namun selalu diburu orang kota. Nasi goreng ini berasal dari Yogyakarta ini berwarna kemerahan. Lauknya berupa ayam kampung dan telur mata sapi.

4. Nasi Goreng Surabaya

11.4 Nasgor Surabaya | Buliran.com

Mungkin sama dengan nasi goreng lainnya, yang membedakannya adalah porsi nasi gorengnya yang cukup besar dengan warna merah kecokelatan, dilengkapi irisan telur dadar dan ayam.

5. Nasi Goreng Sunda

11.5 Nasi Goreng Sunda | Buliran.com

Sebagaimana namanya, nasi goreng ini adalah andalan Masyarakat Sunda, kuliner ini punya bumbu spesial yang menggunakan kencur sebagai bahan utamanya, sehingga rasa dan aromanya makin sedap.

6. Nasi Goreng Mawut

11.6 Nasi Goreng Mawut 1 | Buliran.com

Bingung mendengar namanya? Kalau iya, datanglah ke daerah Jawa. Nasi goreng ini kerap ditemukan di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Campuran mi dengan nasi goreng bikin rasanya lebih gurih.

Baca Juga   Kraca, Si Keong Nikmat Khas Banyumas

7. Nasi Goreng Petai

11.7 Nasi Goreng Petai | Buliran.com

Ini pastinya Indonesia banget dan gak bakal kamu temukan di negara lainnya. Aroma dan rasa petai yang kuat memunculkan sensasi tersendiri bagi penikmatnya.

8. Nasi Goreng Ikan Asin

11.8 Nasi Goreng Ikan Asin | Buliran.com

Sesuai dengan namanya, nasi goreng ini menggunakan lauk spesial yang renyah, sehingga bikin makin gurih. Gak perlu menambahkan banyak garam saat memasaknya

9. Nasi Goreng Resek

11.9 Nasi Goreng Resek | Buliran.com

Aneh kan namanya, ini adalah nasi goreng khas Malang. Nasi goreng ini memiliki banyak isian, ada suwiran ayam, kol, mi, hingga taoge. Nama resek berasal dari sampah, karena campuran nasi goreng tampak berantakan

10. Nasi Goreng Hitam

11.10. Nasi Goreng Hitam | Buliran.com

Nasi goreng unik satu ini, dikenal berasal dari Surabaya. Warna hitamnya berasal dari tinta cumi yang diberi telur sebagai pelengkapnya.