Wujudkan KTR, Aparatur Kecamatan Tapos Punguti Puntung Rokok

Avatar Of Teddy Chaniago
2.1 Dedi.jpg | Buliran.com

BuliranNews, DEPOK– Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 2 Tahun 2020 sebagai perubahan atas Perda No 3 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok, mulai dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kota Depok.

Sasaran dari Perda tersebut jelas, yaitu menjadikan Kota Depok menjadi wilayah yang bersih dan steril dari asap rokok. Untuk itu, sanksi tegas pun diluncurkan sekaitan dengan diterapkannya Perda No 2 Tahun 2020 itu.

Dimana, bagi pelanggar akan disanksi dengan kurungan maksimal 3 hari atau denda maksimal Rp 1 juta bagi perorangan dan kurungan maksimal 6 bulan atau denda maksimal Rp 50 juta bagi badan.

“Perda Nomor 2 Tahun 2020 telah dengan tegas mengatur tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) berikut sanksinya. Untuk itu, Pemerintah Kecamatan Tapos dan jajaran tentunya juga harus steril dari rokok,” kata Camat Tapos, H Abdul Mutolib.

Langkah penerapan Peraturan Daerah itu kata Pak Camat, tak hanya dalam bentuk spanduk semata. Namun juga membersihkan areal kantor pemerintahan dari puntung rokok.

“Salah satunya ya seperti yang Pak Wartawan lihat hari ini, aparatur pemerintahan Kecamatan Tapos memunguti puntung rokok yang masih ditemukan di areal kantor camat,” ucapnya.

Meski KTR telah ditetapkan, bagi para perokok kata dia dipersilahkan melaksanakan hobby tersebut di lokasi lain yang tak termasuk KTR.

“Ini tentu lebih fair, di satu sisi peraturan kita tegakkan. Di sisi lain, hobby mereka yang perokok tak perlu kita ganggu,” ucapnya serius.

H Dedi Sadikin selaku personil Trantib Kecamatan Tapos menyebutkan, secara berkala dia dan jajarannya selalu mensosialisasikan perihal KTR tersebut.

“Selain itu, personil Trantib juga diimbau untuk turun tangan langsung jika menemukan puntung rokok berserakan di areal KTR,” ucapnya.

Baca Juga   Belum 100 Hari, Bupati dan Wakil Bupati Bandung Saling Sindir di Medsos

H Dedi menambahkan, karena kebersihan adalah untuk semua, maka siapapun juga berkewajiban untuk mensterilkan wilayahnya dari rokok apalagi dengan telah diterapkannya Perda KTR tersebut. (ted)