Waspada, Ini Ciri Anda Terjangkit Kolesterol Tinggi

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Kolesterol | Buliran.com

KOLEStEROLl tinggi termasuk dalam golongan penyakit yang mematikan. Memiliki kolesterol darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
Mengutip data Badan Kesehatan Dunia (WHO), kolesterol tinggi diperkirakan menyebabkan 2,6 juta kematian (4,5% dari total kematian) setiap tahun.

Kondisi tersebut bisa dialami siapa saja, baik tua maupun muda. Sayangnya, meski kolesterol tinggi merupakan kondisi yang sering ditemui, banyak orang masih mengabaikan gejalanya.

1. Sakit kepala

5.1 Sakit Kepala | Buliran.com

Mengutip SehatQ, penumpukan lemak di pembuluh darah bisa menyebabkan saluran darah menyempit dan pasokan oksigen jadi berkurang. Saat kadar oksigen berkurang, Anda bisa mengalami sakit kepala atau badan terasa pegal-pegal.

2. Kaki dan tangan mudah kesemutan

5.2 Kaki Dan Tangan Mudah Kesemutan | Buliran.com

Gejala yang mungkin timbul akibat kolesterol tinggi adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan. Bahkan, terkadang kaki juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekalipun.

3. Sering mencium bau aneh

5.3 Sering Mencium Bau Aneh | Buliran.com

Pengidap kolesterol tinggi terkadang mencium bau aneh yang tidak seharusnya ada di sekitarnya. Kondisi ini disebut sebagai phantom odour perception. Dari penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Laryngoscope pada 2020 diketahui bahwa setidaknya ada tiga bau, yang sebenarnya tidak ada, namun kerap dicium oleh orang yang mengalami phantom odour perception. Di antaranya yakni bau tidak sedap, bau terbakar, dan bau busuk.

Baca Juga   Apa yang Bikin Perut Membuncit? Baca Penjelasan Berikut