Gadget  

Smartphone Anti Sadap nan Canggih dan Elegan

Smartphone Anti Sadap
Smartphone Anti Sadap

JIKA beberapa waktu lalu, Nokia komunikator yang disebut memiliki fitur anti sadap. Maka pada era smartphone ini ada ponsel besutan Apple yang terkenal dengan sebutan iPhone yang memiliki fitur keamanan paling canggih di dunia.

Namun, iPhone bukanlah satu-satunya ponsel tercanggih yang memiliki fitur kemanan ketat. Pasalnya, masih ada beberapa merek ponsel lain yang juga menawarkan sistem keamanan dan disebut-sebut anti sadap.

Berikut ini ada 3 ponsel yang disebut memiliki kemampuan Anti Sadap :

1. Blackphone

blackphone

Ponsel pertama adalah Blackphone, ponsel ini memiliki sebutan Snowden Phone, karena mencuat akibat kasus Edward Snowden, pelaku pembocoran dokumen rahasia badan keamanan nasional Amerika Serikat atau National Security Agency (NSA).

Baca Juga : 8 tahun lagi smartphone diprediksi jadi barang usang

Ponsel ini diperkenalkan pada 2014 lalu, pada ajang MWC (Mobile Word Congress), di Barcelona. Ponsel ini dirancang khusus oleh Geekphone dan perusahaan kemanan asal Amerika Silent Circle, yang merancang kebutuhan keamanan.

Ponsel ini sebenarnya juga sudah pernah masuk ke Indonesia dengan harga Rp1 Jutaan namun, karena namanya kurang dikenal ponsel ini gagal di pasar Indonesia.

2. BandrOS

Selanjutnya ada ponsel buatan anak bangsa yang diluncurkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Nama Bandr sendiri memliki arti Bandung Raya, yang dibuat dari sitem operasi dasar Linux.

Badr OS merupakan sistem operasi yang dibuat dan disebut memiliki teknologi anti sadap, harganya juga murah kala itu ponsel ini hanay dibanderol dengan harga 800 ribuan, namun sayang peminatnya sepi.

3. X Privat

Selanjutnya ada smartphone dengan nama X Privat, ponsel ini tentunya belum pernah Anda dengar sebelumnya. Ponsel ini memiliki 3 mode keamanan yang membuatnya seperti ponsel yang buta dan tuli, mode itulah yang membuat ponsel ini diklaim sebagai ponsel teraman di dunia.

Baca Juga   Xiaomi 12 Ultra, Ini Bocoran Spesifikasi dan harganya

Mode tersebut antara lain :

  • Mode normal, smartphone bekerja seperti smartphone lain secara normal.
  • Mematikan semua microphone dan kamera smaratphone
  • Anda bisa memotret dan menyimpannya ke motherboard atau mesin berbeda. (*/gdi)