Lebih Dekat dengan 5 Sate Khas Pulau Andalas Selain Sate Padang

Avatar Of Teddy Chaniago
9. Sate | Buliran.com
Camera 360

BAGI KALIAN penikmat kuliner jenis sate, pasti tahu dan sangat mengenal Sate Padang kan? Makanan ini adalah salah satu makanan yang menjadi ciri khas provinsi Sumatera Barat di Pulau Sumatera.

Meski Sate Padang sudah sangat melegenda, namun untuk diketahui, masih banyak yang tidak tahu kalau Pulau Sumatera atau Pulau Andalas memiliki lima jenis sate lainnya yang menjadi ciri khas di sana.

Berikut ragamnya : 

1. Sate Gonggong

9.1 Sate Gonggong | Buliran.com

Sate Gonggong merupakan sate khas Pekanbaru, Riau. Kalau biasanya yang dijadikan sate adalah daging ayam atau kambing, sate gonggong ini terbuat dari gonggong. Gonggong adalah salah satu hewan laut yang mirip dengan siput dan kaya akan protein.

Sebelum dijadikan sate, gonggong direbus lebih dulu dan dagingnya dikeluarkan dari cangkangnya. Setelah itu, barulah daging gonggong ditusuk, lalu dioleskan dengan air perasan jeruk nipis dan kecap asin, dan siap dibakar.

2. Sate Matang

9.2 Sate Matang | Buliran.com

Disebut sate matang karena sate ini berasal dari daerah Matang Geuleumpang Dua di Kabupaten Bireun, Aceh. Sate ini terbuat dari daging kambing atau bisa juga daging sapi.

Nah, sate matang ini disajikan dengan kuah kacang dan ada juga yang disajikan dengan kuah kaldu kambing yang kental.

Kuah kaldu ini merupakan hasil campuran rempah-rempah, seperti cengkeh, kayu manis, merica, bunga lawang, dan kapulaga. Dan wanginya, mmm, membuat perut menjadi lapar.

3. Sate Manis

9.3 Sate Manis | Buliran.com

Sate manis ini disebut sebagai sate khas Palembang. Kenapa begitu? Karena sate ini disajikan dengan cuko. Cuko dibuat dari air mendidih dan ditambahkan gula merah, udang kering, bawang putih, garam, dan cabai rawit tumbuk.

Sate manis sendiri dibuat dari daging sapi dan diolesi kecap manis dan campuran cuko. Supaya lebih kenyang, sate manis ini ditemani dengan nasi putih yang sudah diberi kuah soto.

Baca Juga   Masam Jing, Gurihnya Kuliner Khas Dataran Tinggi Gayo

4. Sate Tuhuk

9.4 Sate Tuhuk | Buliran.com

Sate Tuhuk merupakan sate khas dari daerah Pesisir Barat, Lampung. Sesuai namanya, sate ini dibuat dari daging ikan tuhuk atau ikan blue marlin.

Ikan tuhuk sendiri tekstur dagingnya tebal seperti daging sapi dan sebelum dibakar warnanya juga merah kemerah-merahan. Sate ini disajikan dengan bumbu kacang, seperti sate lain, tapi uniknya, rasanya seperti sate ayam, lo.

5. Sate Senapelan

9.5 Sate Senapelan | Buliran.com

Sate Senapelan ini merupakan sate khas Riau yang terbuat dari ikan patin.  Sebelum dibakar, ikan patin diolah menjadi gulai lebih dulu.

Setelah matang dan kuahnya kental, daging ikan dipotong kotak-kotak kecil seperti dadu. Potongan ikan itu lalu ditusuk dan dibakar sampai berwarna cokelat. Nah, sate ini disajkan dengan lontong dan kuah kental gulai tadi. ***