Ayo Kembalikan Rasa Cinta Kepada Suami Anda

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Cinta | Buliran.com

HUBUNGAN rumah tangga atau suami istri bukanlah sebuah jaminan untuk perasaan cinta yang selalu ada selamanya. Setiap fase hubungan, baik pendekatan, pacaran hingga pernikahan pasti memiliki rasa cinta yang naik turun kadarnya. Seperti hangat di awal, hambar sesudahnya dan hangat lagi. Begitu seterusnya.

Rasa cinta memang tidak dapat ditebak kapan datang maupun perginya. Tidak bisa juga dipegang erat agar tetap tinggal selamanya. Tetapi satu yang pasti, rasa cinta dapat kembali ditumbuhkan jika Anda memang punya niat dan usaha untuk menjadikannya ada.

Setiap jenis hubungan memiliki caranya sendiri untuk mengembalikan rasa cinta, termasuk hubungan pernikahan. Berikut ini beberapa cara mengembalikan rasa cinta kepada suami yang mulai memudar entah ke mana.

1. Tingkatkan Quality Time Berdua

Pudarnya rasa cinta terhadap suami bisa jadi karena kurangnya waktu bersama. Terlalu sibuk dengan kegiatan masing-masing, seperti banyak pekerjaan, membuat fokus pada pasangan pun jadi berkurang. Tak pelak, kerenggangan akan semakin terasa di antara suami istri.

Untuk itu, menghabiskan waktu berdua dapat menjadi solusi untuk mengembalikan rasa cinta. Jadwalkan waktu liburan bersama suami dan nikmati waktu sepanjang hari tanpa gangguan apa pun. Termasuk telepon, pesan singkat, atau email.

Tak perlu jauh dan mahal, sesuaikan liburan dengan budget dan waktu yang dimiliki. Tak perlu mendahulukan kuantitas, cukup tingkatkan kualitas. Gunakan waktu yang singkat tersebut untuk dekat kembali, saling berbicara dari hati ke hati dan bermesraan seperti layaknya saat pacaran dulu.

2. Kenang Masa Lalu yang Indah

Membangkitkan kembali kenangan yang indah adalah salah satu cara membuat cinta bersemi kembali. Cara paling mudah mengenang kisah indah adalah melihat kembali foto-foto lama. Dengan begitu memori indah akan kembali membayangi.

Baca Juga   Arogansi Wakil Ketua DPRD Kota Depok Berbuntut Panjang

Anda juga dapat pergi ke tempat yang penuh kenangan berdua. Menjalani napak tilas bersama di tempat pertama bertemu, pertama berkencan, tempat melamar dan tempat kenangan yang lain.

3. Ambil Inisiatif Lebih Dulu

Jika memang ia adalah tipe cuek, maka mengambil inisiatif terlebih dahulu adalah langkah mengembalikan rasa cinta kepada suami yang dapat dilakukan. Bisa jadi, rasa cinta menjadi hambar karena tidak ada tindakan kedua belah pihak untuk saling mempererat hubungan.

Anda dapat mengambil inisiatif lebih dulu dengan mengajak mengobrol, keluar makan malam, pergi berlibur atau upaya lain untuk lebih dekat dan mengembalikan gairah yang telah lama menghilang. Anda juga dapat memberikan kejutan kecil untuk memulai langkah awal.

Memang mungkin awalnya agak susah ya untuk bersikap baik pada suami yang seringnya itu menyebalkan bagi kita. Tapi dengan berbesar hati, tidak ada salahnya dicoba. Paling penting di sini untuk tidak mudah menyerah meskipun gagal di percobaan pertama.

4. Fokus pada Kelebihan Suami

Terkadang awal dari munculnya cinta adalah rasa kagum terhadap pasangan. Entah itu karena sifat mereka atau perilaku mereka terhadap kita. Oleh karena itu, kagumi lagi suami Anda dengan fokus pada kelebihan dia.

Untuk sementara waktu, sisihkan dulu pikiran tentang kekurangannya atau ketidakcocokan karakter Anda berdua. Kagumi saja hal-hal kecil yang ada pada suami Anda dan semua hal positif yang ada padanya. Entah wajah yang tampan, karakter yang maskulin, tanggung jawabnya, perhatian, atau sekedar kemauannya untuk cuci piring.

Dengan begitu rasa cinta yang mulai pudar akan terganti dengan munculnya rasa kagum. Bukan tidak mungkin rasa kagum itu akan sedikit demi sedikit berubah menjadi tumpukan cinta kembali.

Baca Juga   Nyari Kerja Lewat Akun Medsos, Begini Tipsnya

Selain itu, menerima pasangan apa adanya juga merupakan cara untuk menambah rasa kagum itu sendiri. Berhentilah untuk membanding-bandingkan suami Anda dengan lelaki lain. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, begitu pula mereka dan suami Anda.

5. Hargai Perhatiannya

Rasa cinta yang hilang akan dapat kembali dengan perhatian. Untuk itu, hargai perhatian yang suami berikan seperti layaknya ketika pendekatan awal hubungan dulu. Masa-masa indah pendekatan adalah masa di mana setiap pasangan ingin selalu bersama dan berlomba-lomba memberikan perhatian.

Bisa saja fase “sudah menjadi milik” atau pernikahan membuat perhatian tidak lagi penting. Padahal memberi perhatian adalah menunjukkan kepedulian dan menghargai keberadaan pasangan. Sehingga upayakan agar selalu ada di setiap fase hubungan.

Fokuskan pertanyaan detail darinya seperti bagaimana keadaan Anda sekarang, sudah makan atau belum. Ada kalanya juga ia memperhatikan detail penampilan Anda sebagai bentuk perhatian yang sederhana. Hargai setiap upaya yang dia lakukan untuk membahagiakan Anda, termasuk leluconnya untuk membuat Anda tertawa meskipun itu receh.

6. Jadi Lebih Terbuka

Menjadi sosok yang terbuka dapat menjadi jalan untuk mengembalikan rasa cinta kepada suami Anda. Curhat mengenai masalah yang Anda hadapi atau masalah yang dihadapinya. Kedekatan dapat terbentuk kembali ketika kalian berdua mencari jalan keluar bersama.

Komunikasikan saja semua uneg-uneg, apapun, baik penting atau tidak penting. Terkadang hubungan yang renggang dan cinta yang pudar dikarenakan komunikasi yang tidak intens.

7. Ciptakan Suasana Romantis

Ada kalanya perasaan yang memudar dalam sebuah hubungan diakibatkan kurangnya momen romantis. Untuk itu perlu dilakukan inisiatif untuk ucapan atau tindakan romantis agar hubungan yang hambar kembali terasa manis.

Cara paling mudah tentu dengan menggunakan panggilan sayang pada suami tercinta. Upaya lain yang bisa ditempuh adalah memberi kejutan atau mengajak keluar dan menghabiskan waktu berdua saja.

Baca Juga   Manisan Tomat, yang Segar & Menyehatkan

Boleh lho tetap menggoda pasangan meskipun Anda sudah lama menikah dengan mereka. Tindakan-tindakan kejutan yang sudah lama tidak dilakukan dapat memunculkan kembali letupan api asmara yang dahulu pernah membara.

8. Tingkatkan komunikasi

Salah satu usaha yang dapat dilakukan sejalan dengan menjadi pribadi yang terbuka terhadap pasangan adalah menjalin komunikasi yang baik dengan suami. Komunikasi yang baik dan terbuka dapat mengurangi munculnya pertengkaran yang dapat mengikis rasa cinta itu sendiri.

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang berjalan dua arah. Tak hanya berbicara dan mengeluarkan uneg-uneg, menjadi pendengar yang baik juga salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi yang baik.

Dengan menjadi pendengar yang baik, Anda akan lebih memahami bagaimana karakter pasangan dan apa yang sebenarnya ia inginkan terhadap Anda dan keluarga. Bukan tidak mungkin, dengan semakin mengenalnya, Anda juga akan semakin dan semakin cinta.

9. Turunkan Ego Anda

Ketika Anda memiliki ego yang tinggi dan merasa lebih superior dari pasangan akan terjadi ketidakseimbangan pada hubungan. Bisa jadi hati juga akan tertutup untuk cinta dan kebaikan.

Oleh sebab itu, mengembalikan cinta pada pasangan dapat ditempuh dengan menurunkan ego agar lebih peduli suami, baik untuk kebutuhan ataupun perasannya. ***