Robot Pekerja akan Isi Sejumlah Posisi di Indonesia, Apa Saja?

Robot Pekerja
Robot Pekerja

Robot akan Isi Sejumlah Posisi di Indonesia, PERKEMBANGAN diprediksi akan membuat banyak pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manusia bisa digantikan oleh robot. Adanya keberadaan robot ini dinilai akan dapat membantu banyak pekerjaan dan lebih memudahkan kegiatan yang dilakukan.

Hal ini bahkan sudah diakui oleh Presiden Joko Widodo () sejak tahun 2019 lalu. Saat itu Jokowi bahkan mengatakan posisi Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga akan menjadi salah satu pekerjaan yang akan dapat digantikan ke depannya.

“Ini bukan barang yang sulit. Barang yang mudah dan memudahkan kita untuk memutuskan sebagai pimpinan di daerah maupun nasional,” kata Jokowi saat pembukaan Musrenbangnas RPJMN 2020-2024 pada Desember 2019 silam.

Mengganti PNS dengan robot memang bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah sempat mengatakan sangat memungkinkan PNS diganti dengan tenaga robot. Namun hanya untuk beberapa sektor tertentu.

“Menurut saya bisa saja. Tapi memang tidak semuanya bisa diganti. Karena masyarakat kita masih banyak ogah dilayani dengan teknologi dan lebih puas ngobrol langsung dengan petugas pelayan publik,” kata Trubus.

Pekerjaan yang bisa digantikan itu seperti PNS pengurusan KTP dan yang berada di Samsat. Hal ini dinilai akan membuat masyarakat terbebas dari praktek yang masih sering terjadi.

Selain pekerjaan administrasi seperti PNS, terdapat beberapa jenis pekerjaan lainnya yang juga nantinya akan dapat digantikan oleh robot. Berikut daftar lengkap pekerjaan tersebut:

1. Perakitan dan Pekerja Pabrik

2.1 Pekerja Pabrik | Buliran.com

Hampir seluruh pekerjaan manufaktur besar menggunakan robot untuk membuat jutaan produk. Bahkan komputer telah bertugas merakit mobil dan produk lain. Sejumlah robot seperti Baxter dan Sawyer dari Rethink Robotics bisa diprogram oleh siapapun. Pekerjaan ini juga tak memerlukan lagi teknisi trampil memprogram robot.

Baca Juga   Download Twibbon HUT RI ke-76, Bingkai Minimalist dan Kreatif untuk Media Sosial

2. Supir Bis, Taksi, dan Truk

2.2 Supir Bis | Buliran.com

Ini terjadi akibat tren kendaraan otonom. Bukan tak mungkin bis, taksi dan truk akan dikendalikan oleh otonom bukan lagi dengan manusia. Bahkan ini bisa merambah ke kendaraan berat seperti buldozer, pengeboran dan pengangkutan di pertambangan atau konstruksi.

3. Operator Telepon, Telemarketer & Resepsionis

2.3 Operator Telepon Telemarketer Resepsionis | Buliran.com

Teknologi voice recognition akan makin canggih di masa depan. Dengan begitu perusahaan lebih mudah menggantikan peran orang dalam pekerjaan operator atau telemakerter.

4. Kasir

2.4 Kasir | Buliran.com

Self checkout memang sudah diadopsi oleh sejumlah toko saat ini. Tidak ada lagi manusia yang bertugas di balik mesin kasir, namun dilakukan oleh konsumen sendiri. Manusia mungkin masih akan bertugas di area kasir. Namun untuk melakukan pengawasan operasional mesin kasir.

5. Teller dan Pegawai Bank

2.5 Teller dan Pegawai Bank | Buliran.com

Di masa depan, atau mungkin sudah terjadi saat ini, banyak orang yang tidak lagi pergi ke bank untuk melakukan aktivitas seperti penyimpanan uang. Transaksi keuangan termasuk pengembangan Bitcoin membuat transaksi bisa dilakukan dari perangkat sendiri tanpa perlu lagi datang ke bank. Ini juga membuat pekerjaan seperti teller dan pegawai bank akan tergantikan.

6. Petugas Pengepakan, Ruang Penyimpanan dan Gudang

2.6 Petugas Pengepakan Ruang Penyimpanan dan Gudang | Buliran.com

Robot akan bertugas dalam pengepakan atau memindahkan barang. salah satu perusahaan yang mengalihkan pekerjaan itu dari tangan manusia.

7. Pekerja Farmasi

2.7 Pekerja Farmasi | Buliran.com

Sejumlah apotek telah menggantikan teknisi farmasi dengan robot. Yakni untuk memisahkan dan menangani resep pelanggananya. Robot juga hanya membutuhkan ruang kecil untuk seperti lengan robot. Selain itu mesin akan mencegah kesalahan saat bekerja.

8. Pengumpul Informasi, Analis dan Peneliti

2.8 Pengumpul Informasi Analis dan Peneliti | Buliran.com

Beberapa firma mengganti paralegalnya dan staf lain dengan pengacara e-discovery dan robot riset. Robot bisa menyisir jutaan dokumen dan menemukan fakta relevan dan data seperti nomor telepon dan email berdasarkan kata kunci.

Baca Juga   Pacu Performa Laptop Kalian dengan Penambahan RAM. Begini Caranya

Analis keuangan juga banyak yang digantikan dengan komputer yang dirancang khusus menganalisis dan menemukan pola dan tren dalam data.

9. Pilot

2.9. Pilot | Buliran.com

Militer diketahui telah menggunakan otonom dalam melakukan pengawasan serta menyerang tanpa menggunakan bantuan. Bukan tak mungkin di masa depan drone akan lebih canggih dan merambah ke sektor lain, seperti kargo. Dilaporkan sebuah perusahaan ingin mengganti pilotnya dengan komputer dan operasionalnya bisa dilakukan pilot dari jarak jauh.

10. Bartender

2.10 Bartender | Buliran.com

Tidak sedikit perusahaan telah menggunakan sistem menggantikan bartender untuk menyajikan minuman. Salah satunya adalah layanan Briggo yang dapat menggantikan barista dengan robot untuk membuat minuman populer dan belajar membuat minuman baru. ***