10 Negara Mini Nan Mempesona Namun Jarang Terekspose

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Pesona | Buliran.com

Negara Mini Nan Mempesona Namun Jarang Terekspose, SERINGKALI orang mengatakan bahwa dunia ini luas, tetapi jika disuruh menyebutkan nama-nama negara, jawabannya itu-itu saja. Padahal kenyataannya masih banyak sekali negara-negara lain di dunia, contohnya 10 negara berikut ini.

Selain jarang dikenal orang, negara-negara tersebut memiliki fakta yang benar-benar unik, lho. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya, ya.

Vanuatu

10.1 Vanuatu | Buliran.com

Vanuatu terletak di Pasifik Selatan, sebelah tenggara Kepulauan Solomon (Papua New Guinea). Hal inilah yang menyebabkan penduduk aslinya berasal dari suku Melanesia. Masyarakat Vanuatu lebih banyak mengonsumsi ikan karena tempat tinggal mereka lebih banyak di pesisir pantai.

Pantai di Vanuatu terkenal akan pasir putihnya yang membentang, sinar matahari yang berwarna keemasan dan terumbu karang yang bisa dinikmati keindahannya dengan snorkeling maupun scuba diving.

Yang unik di Vanuatu adalah adanya kantor pos yang terletak di gunung dan di dasar laut yang merupakan satu-satunya di dunia, yaitu di Gunung Yasur dan di perairan Pulau Hideway.

Begitu indahnya Vanuatu hingga pernah disebutkan dalam drama Korea berjudul The Bride of Habaek, lho.

Dalam drama tersebut diceritakan bahwa impian tokoh Yoon So Ah yang diperankan oleh Shin Se Kyung adalah ingin pindah dari Korea Selatan ke Vanuatu. Memang, Vanuatu yang jarang dikenal orang ternyata menyimpan berjuta keindahan.

San Marino

10.2 San Marino | Buliran.com

San Marino adalah sebuah negara yang terletak di tengah-tengah Italia dan hanya memiliki luas wilayah sekitar 61 kilometer persegi saja.

Termasuk salah satu negara terkecil di dunia, ternyata negara ini adalah satu-satunya di dunia yang memiliki jumlah mobil lebih banyak dari jumlah penduduknya, yaitu ada 1.263 mobil untuk 1.000 penduduk menurut survei yang dilakukan pada tahun 2010. Uniknya, belum pernah ada pemberitaan tentang kemacetan di jalanan San Marino.

Baca Juga   Hai Kaum Hawa, Begini Tips Memilih Baju Tidur yang Cocok Buat Anda

Hingga saat ini masyarakat San Marino masih mempertahankan kehidupan yang bernuansa abad pertengahan, dimana mereka lebih banyak yang memilih untuk tinggal di bangunan-bangunan dan kastil-kastil kuno yang banyak ditemukan di sana.

Meskipun jalanannya sangat sempit dan banyaknya tangga yang tidak dapat dihitung jumlahnya, masyarakat San Marino sangat menikmati kehidupannya.

Pitcairn Islands

10.3 Pitcairn Islands | Buliran.com

Sebenarnya Pitcairn Islands memiliki nama negara yang cukup panjang, yaitu Pitcairn, Henderson, Ducie dan Oeno Islands. Terletak di tengah Samudera Pasifik, negara ini sangat terpencil dengan jumlah penduduk hanya sekitar 50 orang saja.

Bahkan gereja disana juga tutup dikarenakan sepinya jama’ah. Keunikan lain dari negara ini adalah banyak rumah penduduk yang tidak memiliki pintu, karena keamanan sangat terjaga di sana.

Angka harapan hidup di Pitcairn sangat tinggi dikarenakan tempatnya yang sangat tenang dan damai. Untuk makan sehari-sehari semuanya mereka peroleh dari alam, ikan dari laut dan aneka macam buah dari hutan disebabkan negara ini sangat jauh dari mana-mana. Saat ini, Pitcairn juga sedang serius untuk mengembangkan potensi pariwisatanya.

Tokelau

10.4 Tokelau | Buliran.com

Negara Tokelau terletak di wilayah Selandia Baru di Samudra Pasifik Selatan. Termasuk negara miskin di dunia, Tokelau belum memiliki pemerintahan sendiri, sehingga harus mengandalkan subsidi dari Selandia baru.

Memiliki luas wilayah yang sangat kecil, yaitu hanya 10 kilometer persegi, negara ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1.400 jiwa. Meskipun jarang dikenal banyak orang di dunia nyata, tetapi tidak untuk di dunia maya.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya domain berakhiran .tk yang merupakan milik negara Tokelau. Hingga akhirnya domain tersebut dimonetisasi dan saat ini lebih dari 31,3 juta situs web di dunia menggunakan esktensi Tokelauan (.tk). Keren, kan?

Baca Juga   Jepa, "Pizza" dari Tanah Mandar

Isle of Man

10.5 Isle Of Man | Buliran.com

Isle of Man yang terletak di tengah Laut Irlandia inilah yang pernah melarang penggunaan logo merek dagang cap kaki tiga dikarenakan logo tersebut yang jika dilihat sekilas mirip dengan Triskelion, yaitu bendera Isle of Man.

Meskipun kurang dikenal oleh masyarakat di dunia, namun tempat ini sudah banyak dihuni manusia sejak 6.500 tahun Sebelum Masehi, lho. Negara ini disebut juga dengan negara kepulauan yang sangat indah.

Sektor pariwisata menjadi sumber pendapatan umum masyarakatnya. Wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan museum, gedung kesenian dan wisata sejarah yang mampu menambah pengetahuan.

Nauru

10.6 Nauru | Buliran.com

Sekitar tahun 1980 Nauru yang terletak di Pasifik Selatan, tepatnya di tengah-tengah Australia dan Hawai pernah dinobatkan sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

Namun pada tahun 2017 posisinya berubah menjadi salah satu negara termiskin di dunia dikarenakan persediaan fosfat di negara tersebut telah habis yang berimbas pada kurangnya pendapatan dari waktu ke waktu.

Penambangan fosfat merupakan mata pencaharian utama masyarakat Nauru. Lalu karena mengalami kekeringan akibat aktivitas penambangan membuat ketersediaan air di negara ini menjadi sangat terbatas.

Sehingga setiap kali musim hujan yang akan jatuh pada bulan November hingga Februari, masyarakat Nauru akan mengumpulkan air hujan sebagai persediaan air mereka.

Komoro

10.7 Komoro | Buliran.com

Komoro merupakan negara kepulauan Afrika yang terletak di antara Mozambik dan Madagaskar dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, yaitu sekitar 98 persen.

Negara ini juga merupakan negara penghasil bahan utama pembuatan parfum, ylang-ylang, terbesar di dunia dan sebagai negara penghasil vanilla terbesar kedua setelah Madagaskar. Di sana terdapat satu kota di Grande Comoros yang memiliki masjid kuno bernama Masjid Miraculous atau dikenal pula dengan nama Chiounda yang pernah dibangun sekitar abad ke-14.

Baca Juga   Anda Penggemar Kopi? Wajib Tahu Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Menurut cerita yang berkembang, hanya dibutuhkan waktu semalam untuk membangun masjid ini tanpa bantuan tangan manusia. Wow!

Niger

10.8 Niger | Buliran.com

Memiliki nama yang hampir sama dengan negara Nigeria, ternyata tak lantas membuat negara yang terletak di Afrika Barat sepanjang perbatasan Sahara ini menjadi terkenal pula seperti negara tetangganya tersebut.

Tidak dapat diketahui secara alasan dibalik negara Niger yang kurang dikenal di dunia. Yang jelas penduduk negara ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu rata-rata mereka masih berusia sangat muda di bawah 14 tahun.

Lalu di sekitar Danau Madarounfa di Niger terdapat 99 makam para ulama Islam yang konon katanya setiap hari kamis akan ada peristiwa aneh berupa kumpulan cahaya di sana.

Freetown Christiania

10.9 Freetown Christiania | Buliran.com

Freetown Christiania yang terletak di tengah-tengah Denmark ini bisa dikatakan sebagai negara paling unik di dunia. Negara yang merupakan bekas barak tentara tersebut lebih terlihat seperti kamp di musim panas daripada sebuab negara di Kota Kopenhagen.

Di sana juga ada peraturan yang sangat jelas melarang adanya kendaraan bermotor, larangan kepemilikan senjata api dan properti, lho. Hal ini berarti harta properti menjadi milik bersama warga negaranya.

Wah, ada yang tertarik mau pindah ke Freetown Christiania?

 Transnistria

10.10 Transnistria | Buliran.com

Transnistria terletak di antara Moldova dan Ukraina di Eropa Timur. Kondisi di Transnistria jelas sekali menggambarkan Eropa pada saat perang dingin. Negara yang dinilai tidak mengikuti perkembangan jaman ini seolah menjadi tempat nostalgia bagi para veteran perang dingin.

Hal ini dapat dilihat mulai dari mata uang, paspor dan sistem pemerintahannya yang masih seperti Uni Soviet. ***