8 Tahun Lagi, Smartphone Diprediksi Jadi Barang Usang

Avatar Of Teddy Chaniago
4. Usang | Buliran.com

BuliranNews, TEMPERE – CEO Nokia, Pekka Lundmark memperkirakan smartphone akan usang di tahun 2030 mendatang atau hanya dalam 8 tahun ke depan. Dia mengatakan akan hadir teknologi canggih nantinya. Salah satunya chip yang tertanam di tubuh manusia. Selain itu diperkirakan pertumbuhan perangkat seperti AR/VR di masa depan juga lebih signifikan.

Namun Lundmark tidak merinci perangkat mana yang akan menggantikan smartphone di masa depan, dikutip dari Mashable, Selasa (31/5).

Meski jaringan 5G baru mulai dirilis di beberapa negara, namun 6G kemungkinan akan segera hadir. Lundmark juga menyatakan jaringan 6G akan tersedia pada tahun 2030 mendatang.

“6G masih dalam pengerjaan dan tidak ada tanda-tanda akan menggantikan 5G dalam waktu dekat,” ujarnya di markas Nokia, Tempere City, Swedia.

Menurutnya, dunia digital nantinya akan setara dengan dunia fisik. Dia juga menyinggung Metaverse yang cocok dengan keberadaan 6G.

Sejumlah pihak memang sudah mulai melirik jaringan 6G. Salah satunya Samsung yang berambisi menguasai teknologi jaringan tersebut.

Raksasa teknologi Korea Selatan itu mengusulkan memulai studi global soal pengamanan frekuensi untuk teknologi di masa depan. Melalui studi ini, perusahaan berharap dapat mengimplementasikannya di tahun 2028 mendatang, dikutip dari Korea Times.

“Kami telah memulai perjalanan kami sejak lama untuk memahami, mengembangkan, dan menstandardisasi teknologi komunikasi 6G,” kata Choi Sung-hyun, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Pusat Penelitian Komunikasi Lanjutan di Samsung Research, di Gub R&D Samsung Electronics. (*/npb)

 

Baca Juga   Partai Buruh, Kembali!