Mengenal Asuransi All Risk dan Asuransi TLO untuk Kenyamanan Mobil Anda

1. asuransi.jpg | Buliran.com

Mengenal All Risk dan , MEMILIKI adalah impian banyak manusia di zaman ini. Namun, biaya juga tidak bisa dikatakan murah. Menggunakan jasa adalah langkah yang sangat disarankan untuk meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan.

dan benturan adalah dua hal yang seringkali mudah merusak bodi mobil. Biaya yang harus dikeluarkan juga tidak murah, karena harus memperbaiki bodinya secara keseluruhan. Oleh karena itu untuk mobil sangatlah disarankan.

Seperti diketahui, ada dua jenis asuransi kendaraan yang umum digunakan untuk mobil kesayangan.

Yaitu, asuransi Asuransi All Risk atau biasa disebut asuransi comprehensive. Jenis asuransi ini memberikan proteksi serta ganti rugi total dari kerusakan ringan, kerusakan berat, hingga kehilangan atau mobil dicuri.

Sehingga, tabrakan dan benturan ditanggung asuransi mobil All Risk, dan biaya perbaikan yang harus anda keluarkan bisa lebih murah.

Sementara itu, asuransi TLO buat siapa? Asuransi TLO alias Total Loss Only memberikan proteksi jika kendaraan mengalami kerusakan parah lebih dari 75 persen atau kehilangan mobil.

Asuransi All Risk

Jaminan pertanggungan yang dicakup dalam Asuransi All Risk adalah kerusakan sebagian ataupun Total Loss yang terjadi.

Biaya asuransi mobil all risk memang bisa dikatakan cukup naik. Namun pelayanan yang didapatkan juga sepadan. Anda akan mendapatkan jaminan biaya perbaikan mobil yang mengalami kerusakan mencakup :

  • Tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, dan terperosok
  • Perbuatan jahat
  • Pencurian termasuk yang diikuti tindakan kekerasan
  • dan tersambar petir
  • Guncangan selama pengangkutan dengan kapal feri
  • Kerusakan roda apabila mengakibatkan kecelakaan
  • Biaya pengangkutan ke bengkel.

Premi untuk asuransi All Risk juga bisa dikatakan lebih tinggi daripada Asuransi Total Loss Only. Karena cakupannya yang lebih luas. Premi untuk asuransi ini bisa mencapai 1.05% – 4.2 % dari biaya pembelian kendaraan tersebut.

Baca Juga   Portal Segera Gelar PDLH Angkatan 19

Namun, terdapat beberapa pengecualian dalam peraturan mengenai Asuransi All Risk. Misalnya, adalah asuransi tidak menjamin biaya perbaikan untuk mobil yang digunakan untuk kursus menyetir. Kebijakan serupa juga diterapkan apabila kehilangan atau pencurian dilakukan oleh keluarga .

Contohnya, apabila mobil seharga 200 juta, menggunakan jasa layanan Asuransi All Risk untuk mobil, maka premi yang harus dibayarkannya kurang lebih adalah 2% dari harga pembelian. Maka premi yang harus dibayarkan adalah Rp4 juta tiap sebulan.

1.1 asuransi | Buliran.com

Asuransi Total Loss Only

Selain All risk yang memiliki premi cukup tinggi, asuransi TLO atau total Loss Only juga bentuk asuransi mobil yang disarankan. Anda akan mendapatkan jaminan bantuan biaya perbaikan meskipun premi yang harus Anda bayarkan tiap bulannya tidak terlalu mahal.

Asuransi TLO lebih disarankan untuk Anda yang menginginkan mobil tetap aman tanpa adanya bekas-bekas kerusakan yang merusak pemandangan, tetapi masih berdebat masalah keuangan.

Harga asuransi mobil dengan metode TLO ini lebih murah daripada All Risk. Namun, perlu dicatat bahwa meskipun harganya lebih murah, jika anda bisa memaksimalkan pemanfaatan uang asuransi anda dengan baik, maka anda akan mendapatkan keuntungan berlebih.

Cakupan asuransi TLO adalah perlindungan termasuk kerusakan di atas 75% dan usia mobil, yang mana ditanggung maksimal 15 tahun. Perlindungan ini juga mencakup apabila dana biaya layanan derek dari bengkel yang sudah menjadi langganan.

Kemudian, asuransi Total Loss Only atau TLO juga memberikan jaminan penggantian apabila terjadi kerusakan pada kendaraan yang Anda gunakan, di mana nilainya mencapai lebih besar atau sama dengan 75% (≥75%) dari nilai kendaraan dan kerugian yang diakibatkan kehilangan atau kerusakan kendaraan.

Premi yang perlu anda bayarkan untuk asuransi total Loss Only juga lebih murah jika dibandingkan dengan premi asuransi All Risk. Kisaran harganya berada pada 0.2% sampai dengan 0.6% dari harga kendaraan. Jadi anda tidak perlu khawatir tentang premi asuransi mobil yang membuat keuangan anda tidak stabil.

Baca Juga   Pilihan Asuransi Syariah dari Tugu Pratama Indonesia

Untuk bisa mengklaim Asuransi TLO, terdapat beberapa langkah yang harus anda lakukan. Pertama adalah melaporkan klaim, kemudian menyiapkan dokumen-dokumen yang terkait dengan kendaraan anda, memeriksa bengkel langganan, melengkapi formulir klaim, dan menunggu konfirmasi dari pihak asuransi.

Itulah ulasan tentang asuransi mobil All Risk maupun Total Loss Only yang bisa menjadi referensi Anda ketika hendak memilih jenis asuransi untuk kendaraan kesayangan.

Gunakan jasa asuransi untuk menjaga kenyamanan mengendarai mobil tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk biaya perbaikan yang tidak terduga kejadiannya.***