Jembatan Bailey, Inovasi Masa Perang yang Tetap Dipertahankan

8. jembatan bailey5 | Buliran.com

SETIAP kali terjadi kerusakan pada sebuah , sering kali kita mendengar kata . ini adalah jawaban atau solusi mengatasi arus lalu lintas saat jembatan baru tengah dikerjakan.

Namun tahukah kalian, sejarah Jembatan Bailey tersebut? jembatan bailey ini merupakan salah satu inovasi di masa Dunia II.

Dikembangkan pada tahun 1940 oleh seorang insinyur berkebangsaan , Sir Donald Coleman Bailey, jembatan bailey ini ternyata sangat bermanfaat bagi kepentingan militer.

Menurut situs www.britannica.com, inovasi jembatan bailey ini memainkan peran penting atas kesuksesan tentara Sekutu saat melancarkan kampanye militer mereka di .

“Tanpa jembatan bailey, kita tidak akan memenangkan perang. Jembatan ini merupakan hal terbaik yang pernah kita miliki.” ujar Marsekal Lapangan Lord Bernard L. “Monty” Montgomery, salah seorang pahlawan Perang Dunia II dari Inggris.

Kesuksesan jembatan bailey tersebut tidak berhenti pada masa perang namun hingga saat ini masih terus digunakan sebagai standar di dunia.

Sebagaimana dikutip dalam buku Jembatan Sementara Berbahan Dasar Material Komposit, karya Winarputro Adi R., konsep yang diusung jembatan bailey yaitu berupa struktur rangka sederhana yang terbuat dari komponen standar yang secara mudah dimobilisasi dan dirakit pada kondisi darurat.

Sebagai jembatan sementara, jembatan bailey memiliki spesifikasi umum yang beriaktan dengan strukturnya yang berupa modular dan bentuknya sederhana.

Secara fitur, jembatan ini difabrikasi dalam bentuk panel rangka dengan top dan bottom shords yang simetris. Untuk menghubungkan antar panel menggunakan pin, sementara antar lantai dihubungkan dengan menggunakan baut.

Dengan spesifikasi tersebut, maka jembatan bailey ini merupakan jembatan sementara yang bersifat portabel. Sifat ini yang membuat jembatan bailey mudah dimobilisasi sehingga menjadi pilihan dikala terjadi kondisi darurat pada masa sekarang.***

Baca Juga   5 cara install aplikasi android di iphone, Work!