Jangan Masukkan Benda Ini ke Microwave Anda

7. microwave | Buliran.com

merupakan salah satu barang elektronik yang bisa memudahkan banyak pekerjaan di dapur. Alat ini bisa digunakan untuk memanaskan makanan dan minuman hanya dengan sekali pencet tombol.

Meski demikian, perlu diketahui ada beberapa barang yang tidak boleh masuk microwave. Berikut paparannya:

1. Daging

Potongan daging beku sulit untuk dicairkan dalam microwave. Dan jika microwave Anda tidak memutar makanan saat memasaknya, distribusi panas menjadi tidak merata, yang berpotensi membuat bakteri tumbuh.

Cara paling aman untuk mencairkan daging adalah mengularkannya dari freezer, lalu menyimpannya semalaman di Anda, menurut para pakar keamanan makanan di departemen ilmu makanan di Universitas Negeri Pennsylvania.

2. Mug

Mug stainless steel menghalangi panas sehingga dapat merusak microwave Anda. Jika mug Anda terbuat dari plastik, periksa bagian bawah cangkir untuk melihat apakah gelas tersebut dapat dipergunakan dalam microwave.

3. Spons kering

Spons merupakan salah satu benda di rumah yang dapat menyimpan bakteri. Namun, memasukkan spons kering ke dalam microwave demi membunuh bakteri merupakan ide yang buruk. Itu karena microwave bereaksi dengan sehingga bila spons kering dimasukkan dalam microwave justru akan merusaknya.

4. Telur rebus

Jangan sesekali mencoba merebus telur dalam microwave. Sebab, panas yang cepat dari gelombang mikro menciptakan banyak uap di dalam telur sehingga telur bisa meledak. Selain itu telur yang meledak akan sulit dibersihkan.

5. Alumunium foil

Benda ini dapat menghambat energi microwave. Kalaupun mau digunakan, pastikan Anda memakai sesedikit mungkin alumunium foil, misalnya hanya di pojok wadah makanan.

6. Wadah plastik

Wadah plastik yang tidak bertulisan “micowave safe” tidak aman dimasukkan ke microwave karena akan membuatnya meleleh dan terbakar.

Baca Juga   Bukan Aaree, Ini Deretan Sungai Paling Berbahaya di Dunia

7. Pakaian

Agar cepat kering, mungkin ada orang tergoda untuk memasukkan pakaian ke dalam microwave. Namun, itu merupakan ide buruk mengingat hal ini bisa memicu api.

9. Wadah logam

Jangan gunakan wadah makanan dari logam, karena dapat menghasilkan percikan api yang berbahaya. Sebaiknya, hindari wadah yang terbuat dari alumunium, panci berbahan besi, piring dan mangkok kaleng, dan lain sebagainya. Ganti wadah logam tersebut dengan wadah lainnya yang tahan panas dan cocok digunakan untuk oven microwave.

10. Styrofoam

Wadah styrofoam haram dimasukkan ke dalam microwave. Styrofoam adalah jenis plastik, yang tidak dapat bercampur dengan baik dengan suhu microwave. ***