Daerah  

Deretan Kota Kabupaten Paling Sepi di Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Kota | Buliran.com

SEBUAH kota biasanya memiliki sarana dan prasarana seperti perkantoran, mall, hingga pusat rekreasi. Namun pastinya, akan selalu identik dengan masyarakat yang bermukim di dalamnya.

Namun ternyata semua pemikiran tersebut tidaklah selalu benar adanya. Karena faktanya, ada beberapa kota yang masih berkembang di Indonesia, sangat sepi oleh penghuninya.

Kekurangan tersebut, ternyata tidak selalu berarti buruk loh!. Kondisinya yang relatif jauh dari kebisingan, justru malah dapat menjadi suatu tempat yang wajib untuk dikunjungi.

Nggak percaya?. Yuk, kita lihat 5 kota keren dengan jumlah penduduk paling sedikit di Indonesia, namun layak sebagai destinasi liburan.

1. Kota Malinau di Kalimantan Utara

1.1 Malinau | Buliran.com

Malinau adalah suatu kota di Provinsi Kalimantan Utara. Asal mulanya, kota keren ini merupakan rumah bagi para Suku Dayak Tidung. Namun setelah terjadi modernisasi, akhirnya berkembang menjadi wilayah kecamatan.

Setelah pemekaran wilayah Kalimantan Utara terbentuk, Malinau berubah lagi menjadi suatu kota kabupaten. Kepadatan penduduk di Malinau sangat kecil, hanya berkisar 1-1,5 orang per km2. Sedangkan wilayahnya, memiliki luas hingga mencapai sekitar 40 km 2.

Kota Malinau masih merupakan kota yang sepi, namun masih terus melakukan pembangunan pada wilayahnya. Terutama, pada sektor pendidikan, kesehatan, dan pariwisata.

2. Kota Kalabahi Alor di Nusa Tenggara Timur

1.2 Alor | Buliran.com

Alor merupakan suatu kota kabupaten dengan ibu kotanya Kalabahi yang wilayahnya menaungi beberapa pulau kecil di sekitarnya. Populasinya sendiri hanya sekitar 66 orang per km2 luas wilayahnya.

Baca Juga   Bumikan Pancasila Melalui Kampung Pancasila