Daerah  

Deretan Kota Kabupaten Paling Sepi di Indonesia

1. kota | Buliran.com

SEBUAH kota biasanya memiliki sarana dan prasarana seperti perkantoran, mall, hingga pusat rekreasi. Namun pastinya, akan selalu identik dengan masyarakat yang bermukim di dalamnya.

Namun ternyata semua pemikiran tersebut tidaklah selalu benar adanya. Karena faktanya, ada beberapa kota yang masih berkembang di Indonesia, sangat sepi oleh penghuninya.

Kekurangan tersebut, ternyata tidak selalu berarti buruk loh!. Kondisinya yang relatif jauh dari kebisingan, justru malah dapat menjadi suatu tempat yang wajib untuk dikunjungi.

Nggak percaya?. Yuk, kita lihat 5 kota keren dengan jumlah penduduk paling sedikit di Indonesia, namun layak sebagai .

1. Kota Malinau di Kalimantan Utara

1.1 malinau | Buliran.com

Malinau adalah suatu kota di . Asal mulanya, kota keren ini merupakan rumah bagi para Suku Dayak Tidung. Namun setelah terjadi modernisasi, akhirnya berkembang menjadi wilayah kecamatan.

Setelah pemekaran wilayah Kalimantan Utara terbentuk, Malinau berubah lagi menjadi suatu . Kepadatan penduduk di Malinau sangat kecil, hanya berkisar 1-1,5 orang per km2. Sedangkan wilayahnya, memiliki luas hingga mencapai sekitar 40 km 2.

Kota Malinau masih merupakan kota yang sepi, namun masih terus melakukan pembangunan pada wilayahnya. Terutama, pada sektor pendidikan, , dan .

2. Kota Kalabahi Alor di Nusa Tenggara Timur

1.2 alor | Buliran.com

Alor merupakan suatu kota kabupaten dengan ibu kotanya Kalabahi yang wilayahnya menaungi beberapa pulau kecil di sekitarnya. Populasinya hanya sekitar 66 orang per km2 luas wilayahnya.

Berkunjung ke Kota Alor, sama dengan pergi ke surga taman laut yang fenomenal keindahannya. Kota keren ini memang memiliki sebuah taman laut yang keren juga, di antara Pulau Alor dan Pulau Pantar.

Baca Juga   Besok, Pesona Jatijajar Hadir di Dmall Depok

Pada kawasan kepulauannya, terdapat 18 titik penyelaman yang bernama Baruna's Dive Sites. Sedangkan beberapa titik dari tempat tersebut adalah, Cave Point, Octopus Garden, dan Sharks Reeway.

Selain wisata pantainya yang sensasional. Kota Kalabahi juga memiliki wisata budaya berupa Kampung Tradisional Takpala. Di Kampung Takpala ini, pengunjung dapat melihat sisi lain dari kehidupan penduduk lokal yang sangat unik.

Salah satu dari bentuk kehidupan tersebut, seperti kehidupan yang menyatu dengan alam, namun tanpa perlu merusaknya. Seperti mengambil di sungai, dan mengambil kayu di hutan.

3. Kota Dompu di Nusa Tenggara Barat

1.3 dompu | Buliran.com

Dompu adalah kota kabupaten yang hanya memiliki kepadatan penduduk sekitar 92 orang per km2. Sedangkan lokasi tepatnya, terletak di Nusa Tenggara Barat. Istimewanya lagi, Dompu terkenal sebagai kota kecil penghasil madu terbaik di Indonesia.

Semua madu tersebut terbuat dari bahan alami, sehingga terjamin keasliannya. Selain itu, Dompu juga terkenal sebagai penghasil susu kuda liar berkualitas baik.

Walaupun termasuk dalam kategori kota keren yang sunyi, Dompu memiliki banyak alam. Dari pantai yang indah, hingga padang savana yang mempesona, semuanya tersedia disana.

Uniknya lagi, padang savana di kota yang eksotis ini, akan menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dengan tempat lainnya. Para pengunjungnya dapat merasakan berwisata, sambil melihat pertunjukan pacuan kuda, yang merupakan bagian dari budaya Dompu.

Sedangkan sisi lain dari keindahannya yang mempesona, dapat terlihat dari pantainya yang masih alami, dengan ombaknya yang cocok buat surfing.

4. Kota Banyuwangi di Jawa Timur

1.4 banyuwangi | Buliran.com

Banyuwangi adalah salah satu kota keren, yang terletak di Jawa Timur. Apabila dibandingkan dengan kota lainnya di Pulau Jawa, kabupaten ini termasuk cukup lengang.

Baca Juga   Kimpul, Ikon UMKM Kelurahan Jatijajar

Penduduk yang berdomisili di Banyuwangi sendiri hanya berjumlah sekitar 290 orang per km2, pada wilayahnya yang luas, hingga sampai Selat Bali.

Kota kabupaten yang mendapat predikat sebagai “The Sunrise of Java” ini, ternyata menjadi tempat sepi terkenal, di kalangan turis mancanegara.

Salah satu destinasi terpopuler di kota sepi ini adalah Kawah Ijen, yang merupakan sebuah yang masih aktif. Selain itu, kawah ini juga berfungsi menjadi pertambangan belerang bagi penduduknya.

Setiap tahun banyak pengunjung mancanegara yang berdatangan, untuk memburu “blue fire”, yaitu sebuah cahaya biru yang terbentuk dari fenomena belerang.

5. Kota Negara Jembrana di Bali

1.5 kota jembrana | Buliran.com

Jembrana adalah sebuah kota keren yang kecil, dan terletak di ujung sebelah barat Pulau Bali. Kota kabupaten ini yakni Kota Negara hanya memiliki kepadatan penduduk sekitar 310 orang per km2, sehingga menjadi yang paling sepi di wilayahnya.

Meskipun demikian, Kota Negara berhasil memikat ribuan pengunjung mancanegara, untuk selalu datang mengunjunginya. Keindahan dan keunikan budaya lokalnya, membuat setiap orang yang berkunjung, betah berlama-lama disana.

Salah satu dari unggulan wisata di Kota Negara ini adalah, Wisata Desa Budaya Sangkaragung. Desa ini terkenal hingga ke seluruh dunia, sebagai pusat kesenian Jegong.

Bahkan masyarakat di kota ini, selalu tampil di Jepang untuk menjadi duta budaya Indonesia, dalam memperkenalkan pertunjukan yang hits tersebut!.

Selain itu, Jembrana juga memiliki berbagai pantai yang ciamik, meski tidak seramai Kuta. Namun dalam kelenggangannya, semua pantai tersebut malah dapat membuat pengunjungnya berlibur dengan lebih santai, sambil menikmati keindahan. ***