Deretan Negara Penjajah di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Penjajah | Buliran.com

NEGARA yang dikenal sebagai negara penjajah adalah negara yang pernah menjadikan wilayah lain sebagai koloninya. Selain untuk memperbesar luas wilayah kekuasaannya, negara penjajah juga mengeksploitasi sumber daya alam dan sumber daya manusia di koloninya tersebut demi memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Portugis dan Spanyol adalah pelopor penjelajahan samudera yang dilakukan oleh bangsa Eropa. Hal ini bermula dari jatuhnya Konstantinopel ke tangan Kekhalifahan Turki Utsmani. Sejak itu, jalur perdagangan darat Asia-Eropa terputus.

Tingginya kebutuhan rempah-rempah di benua Eropa membuat bangsa di Eropa mencari jalan lain untuk memenuhi permintaan pasar. Inilah salah satu alasan yang mendorong negara-negara tersebut menjajah. Berikut ini negara-negara yang dikenal sebagai negara penjajah dilansir beragam sumber.

1. Portugis

Portugis memulai penjelajahan samuderanya untuk mendapatkan akses rempah-rempah. Vasco da Gama berhasil sampai ke India pada 1498, mengikuti jalur yang dilalui Bartholomeus Diaz sebelumnya yang telah mencapai Tanjung Harapan, Afrika Selatan. Di Afrika, pada 1526, Portugis memperbudak pribumi dan mengirimkan mereka ke Brasil sebagai pekerja.

Brasil merupakan kolonisasi Portugis, saat misi pelayarannya tiba di Amerika Selatan pada 1500. Di Asia Tenggara, Afonso de Albuquerque berlabuh di Selat Malaka pada 1511 dan tahun berikutnya tiba di Maluku. Portugis kemudian mendominasi perdagangan rempah-rempah ke Eropa dan mengeruk banyak keuntungan dari tanah jajahannya.

2. Spanyol

Baca Juga   Mengenal 7 Filsuf Yunani Paling Populer