Deretan Kota Tertua di Dunia yang Tetap Didiami Hingga Sekarang

Avatar Of Teddy Chaniago
2. Kota | Buliran.com

KOTA TERTUA adalah wilayah dengan sejarah milenium yang dapat menawarkan lebih dari sekedar arsitektur indah dan artefak unik. Kota ini memperlihatkan tanda-tanda zaman dan peradaban sebelumnya, menampilkan perkembangan umat manusia. Kota Tertua, penuh dengan kisah atau legenda yang luar biasa, menarik perhatian besar bagi penjelajah berpengalaman.

Beberapa kota paling tua di dunia dengan periode waktu di mana tempat tersebut telah terus-menerus masih dihuni. Namun ada perbedaan pendapat dari definisi kota tertua dilihat dari bukti-bukti sejarahnya. Beberapa kota seperti Byblos, Aleppo, Damaskus, dan Jericho diklaim cukup populer sebagai kota tertua di dunia.

1. Jericho, Palestina

2.1 Jericho Palestina | Buliran.com

Jericho adalah Kota yang relatif kecil ini ditemukan di dekat Sungai Yordan di Tepi Barat dan saat ini merupakan rumah bagi sekitar 20.000 orang. Menurut beberapa sumber arkeolog, telah ditemukan sisa-sisa permukiman berturut-turut di Jericho. Penggalian arkeologi telah dibuktikan dengan bukti tempat tinggal manusia sejak hampir 11.000 tahun yang lalu dengan setidaknya 20 pemukiman.

Dalam Kitab Ibrani kota ini disebut Kota Palm Trees. Jericho terletak di pusat Palestina, yang berarti itu adalah tempat yang ideal untuk rute dan perdagangan. Selain itu, keindahan alam dan sumber daya Jericho menjadi salah satu penyebab berbagai invasi ke Palestina sejak zaman kuno.

2. Byblos, Libanon (Lebanon)

2.2 Byblos Libanon Lebanon | Buliran.com

Byblos adalah kota yang memiliki banyak peradaban kuno. Byblos diberi nama oleh orang Yunani, yang dulunya mengimport papirus dari kota ini. Ini adalah salah satu kota tertua Phoenicia dan telah terus-menerus dihuni sekitar 5.000 tahun, meskipun tanda-tanda pertama dari pemukiman ditemukan lebih tua ke periode sebelumnya.

Baca Juga   Rumah Terunik di Dunia