Gadget  

Mengenal Handphone Pertama di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Ponsel | Buliran.com

PASTINYA tak pernah kebayang bagi kita, sudah berapa ribu jenis telepon genggam atau handphone yang telah diproduksi hari ini. Akan tetapi, pernahkah kamu bertanya-tanya apa handphone pertama di dunia?

Ide penciptaan telepon seluler (ponsel) atau handphone (HP) awalnya berawal dari keinginan seseorang bernama Martin Cooper. Ia ingin menciptakan alat komunikasi yang bisa dibawa kemana-mana secara fleksibel sehingga Cooper mulai menggarapnya bersama timnya.

Kira-kira seperti itulah secuil sejarah dari penciptaan handphone pada tahun 1973. Sejak saat itu, produksi telepon genggam menjadi begitu masif dan berkembang pesat.

Mungkin kamu juga belum tau HP apa yang pertama kali memiliki fitur layar sentuh, kamera, dan fitur lainnya. Biar nggak penasaran, yuk baca artikel berikut!

1. Handphone Pertama Kali di Dunia

3.1 Dynatac | Buliran.com

Inilah handphone yang diciptakan oleh Martin Cooper dan timnya. Cooper yang saat itu merupakan seorang peneliti dan eksekutif di Motorola berhasil menciptakan generasi HP paling awal yang diberi nama DynaTAC.

Ponsel genggam tersebut diketahui memiliki bobot 2 kilogram dan dijual 10 tahun setelah penemuannya dengan harga 4 ribu dollar AS atau sekitar 36 juta rupiah. HP tersebut cuma bisa digunakan untuk melakukan panggilan selama 30 menit dan memerlukan waktu 10 jam untuk mengisi ulang baterainya hingga penuh.

2. Handphone Layar Sentuh Pertama di Dunia

Baca Juga   Dibanderol Mulai 6 Jutaan, iPhone SE 2022 Resmi Diluncurkan