Budaya  

Zaman Dulu Manusia Berkomunikasi Menggunakan Apa? Berikut Penjelasannya

Avatar Of Teddy Chaniago
1.3 Merpati Pos | Buliran.com

MASA sekarang ini, manusia bisa berkomunikasi kapan saja dan dimana saja. Bahkan bisa pula dengan tampilan video. Namun, pernahkah kalian membayangkan, apa yang digunakan manusia untuk menyampaikan pesan ataupun berkomunikasi masa lalu.

berikut ini 5 alat komunikasi yang digunakan orang zaman dulu untuk menyampaikan pesan, berserta fungsinya:

1. Daun Lontar

1. Daun Lontar | Buliran.com

Pada masa dulu, orang-orang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tulisan yang tertuang dalam sebuah surat. Kebiasaan ini sudah dimulai sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Majapahit, Sriwijaya, Pajajaran dan Mataram. Namun, surat pada zaman itu bukan dituliskan di atas kertas, melainkan di atas daun lontar.

2. Kentungan dan Lonceng

1.2 Kentungan | Buliran.com1.2 Lonceng | Buliran.com

Untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang banyak, masyarakat zaman dulu menggunakan lonceng atau kentungan. Mereka akan membunyikan lonceng atau kentungan sebagai penanda pesan.

Hingga saat ini, alat komunikasi berupa lonceng dan ketungan masih dipakai. Misalnya seperti di beberapa daerah, kentungan digunakan untuk memberitahukan warga kalau ada maling atau pun untuk membangunkan sahur. Lonceng biasanya digunakan di sekolah-sekolah atau pun di gereja.

3. Merpati Pos

1. Merpati Pos | Buliran.com

Merpati waktu itu digunakan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan dengan orang yang keberadaannya cukup jauh. Alat komunikasi ini sangat berfungsi ketika masa perang terjadi. Karena digunakan sebagai penyampai pesan militer yang sifatnya rahasia.

Merpati pos ini khusus dimanfaatkan kemampuannya yang bisa menemukan jalan pulang setelah perjalanan jauh.

Baca Juga   Silek Harimau, Beladiri Khas Minangkabau yang Mulai Dilupakan