Kakek Safaruddin : Bersepeda 15 KM demi Vaksin, Usai Divaksin Dapat Dua Motor

  • Share

BuliranNews, MAKASSAR – Vaksinasi tak selamanya membuat orang trauma, justru sebaliknya vaksinasi membuat seseorang justru tertawa senang. Tak perc aya? Silahkan tanyakan langsung ke Safaruddin, seorang kakek berusia 64 tahun dihadiahi sepeda motor dari Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan Presenter Ivan Gunawan.

Warga Jalan Kerung-kerung, Makassar, ini menjadi inspirasi usai dirinya viral lantaran mengayuh sepeda sejauh 15 kilometer demi mendapatkan vaksinasi Covid-19. Dia harus menunggu berjam-jam kebingungan di luar antrean peserta vaksinasi massal lantaran tak punya ponsel untuk mendaftar secara daring sebagai peserta vaksinasi.

“Alhamdulillah, saya dapat dua motor. Satu dari Pak Gubernur dan satunya dari artis namanya Pak Ivan Gunawan,” kata Safaruddin, Sabtu (31/7)

Baca Juga : Viral, Demi Vaksin Bapak ini rela Mengayuh sepeda sejauh 15 kilometer

Dua unit sepeda motor tersebut ia dapatkan pada Jumat (30/7/2021). Sepeda motor pertama diberikan langsung oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

“Saya tiba di rumah sudah ada dua (unit) motor di sini,” kata Safaruddin.

Safaruddin mengaku, sebelumnya sempat dijanjikan akan diberikan sepeda motor oleh Ivan Gunawan saat acara live di salah satu stasiun televisi swasta.

“Saya berbicara langsung dengan artis Pak Ivan Gunawan di TV One, katanya saya dapat uang saku Rp 2 juta dan motor,” kata Safaruddin.

Rencananya, satu unit sepeda motor tersebut akan diberikan kepada anaknya Ardiansyah (27).

“Satu (unit motor) saya kasih anak aku yang bungsu karena dia masih tinggal dengan saya, sama-sama juga kerja cuci motor di tempat aku,” kata Safaruddin.

Seperti diberiatakan sebelumnya, seorang kakek bernama Safaruddin (64), yang kesehariannya bekerja sebagai kuli isi ulang galon air dan cuci mobil, bersusah payah mengayuh sepeda pinjamannya puluhan kilometer untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di Nipah Mall, Rabu (28/7).

Baca Juga   Pelatih Militer Aniaya Anggota TNI Hingga Tewas di Gorontalo

Syafaruddin yang tinggal di Jalam Kerung-Kerung ini pun sempat direkam oleh panitia vaksinasi yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar bekerja sama Yayasan Kalla Grup. Syafaruddin terekam kamera salah seorang dokter, Helmiyadi Kuswardhana dari Satgas IDI Makassar yang mengambil gambar dokumentasi kegiatan.

Video Syafruddin yang diunggah Helmiyadi di media sosial pun langsung viral dan telah ditonton sebanyak 4 juta kali. Syafaruddin tidak berada pada barisan antrean, dia hanya berdiri sendiri dan terus berdiam. Sambil mata melihat siasana vaksinasi massal tersebut.

Syafaruddin yang mengenakan masker ini terus berdiam berdiri. Niat Syafaruddin pun diketahui ingin ikut vaksin, ketika ditanya oleh Helmiyadi.

“Awalnya bapak itu hanya diam terus berdiri sendirian, tidak ikut antrean peserta vaksinasi yang telah mendaftar secara online. Ketika ditanya maksudnya, barulah Syafaruddin mengungkapkan niatnya ingin ikut vaksin,” ungkap Helmiyadi ketika dikonfirmasi, Kamis (29/7).

Helmiyadi pun melanjutkan pertanyaannya, apakah sudah mendaftar secara online. Syafaruddin pun menjawab dengan gamblang bahwa dirinya tidak mempunyai ponsel dan tidak tahu caranya mendaftar secara online. Helmiyadi pun mengarahkan Syafaruddin untuk ikut vaksinasi, meski mendaftarnya secara offline.

Syafaruddin pun diarahkan di salah satu meja vaksinator dan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

“Alhamdulillah, setelah divaksin Syafaruddin sangat senang dan bahagia. Dia akhirnya berhasil divaksin dan dalam kondisi sehat hingga sekarang tanpa ada efek samping yang dialaminya,” tuturnya.

Helmiyadi menjelaskan, Syafaruddin sengaja datang ke Nipah Mall mengikuti vaksinasi massal setelah mendapat informasi dari rekannya. Syafaruddin yang tinggal di Jalan Kerung-Kerung mengayuh sepeda setiap harinya dengan jarak sekitar puluhan kilometer.

“Jadi setelah dia mendapat informasi dari rekan kerjanya, Syafaruddin pun kembali mengayuh sepedanya dari Jl Minasaupa tempatnya bekerja hingga ke Nipah Mall Jl Urip Sumoharjo yang berjarak puluhan kilometer. Saya salut dengan kegigihan Pak Syafaruddin yang ingin divaksin,” tandasnya. (*/kom)

Baca Juga   Berada di Karaoke Hingga Dinihari, 5 Anggota DPRD Labura Sumut Diamankan Polisi!

 

  • Share