Deretan Tim Sepakbola Indonesia Terkaya 2022

11. klub | Buliran.com

TERDAPAT 5 tim sepakbola Indonesia terkaya pada 2022. Salah satunya diperkuat bintang Indonesia yang dikenal jago duel udara. Sejumlah klub di kompetisi 2021/2022 masuk dalam daftar tim sepakbola Indonesia terkaya. Klub tersebut menjadi yang terkaya di Indonesia berdasarkan total market value yang dimilikinya.

Seperti diketahui, kompetisi paling bergengsi di Indonesia yakni Liga 1 2021/2022 kini telah memasuki putaran kedua. Persaingan yang kian memanas tidak hanya terjadi di atas lapangan hijau.

Sejak awal musim, gengsi banyak klub yang bersaing untuk mendapatkan skuad terbaik dengan mendatangkan pemain-pemain bagus dan mahal. Hal itu semata-mata untuk mencapai posisi akhir menjadi yang terbaik di kelasnya.

Namun dari sekian banyak klub, tim manakah yang berpredikat paling kaya? Hal itu bisa dijawab dengan melihat dari market value yang dimiliki tim tersebut. Ada banyak faktor yang mempengaruhi market value, salah satunya adalah harga seluruh pemain yang dimilikinya. Mengutip , ada 5 tim sepakbola Indonesia terkaya tahun ini. Beberapa di antaranya diperkuat bintang Timnas Indonesia.

1. Bali United

11.1 Bali United | Buliran.com

Di posisi puncak, Bali United menjadi klub Liga 1 Indonesia terkaya. Tim besutan Stefano ‘Teco' Cugurra itu market value-nya mencapai 5,36 juta euro atau Rp87,1 miliar.

Tim kebanggaan masyarakat Bali tersebut bertabur bintang berkat kekayaannya. Terdapat sejumlah pemain mahal seperti Brwa Nouri, Willian Pacheco, Stefano Lilipaly, dan top skorer sementara, Ilija Spasojevic. Terbaru, Bali United merekrut bintang Timnas Indonesia yang bersinar di , .

2.

11.2 persib | Buliran.com

Di bawah Bali United ada tim sepakbola dari Tanah Pasundan, Persib Bandung, yang memiliki mencapai 5,2 juta euro atau setara dengan Rp84,5 miliar. Saat ini, Maung Bandung diarsiteki Robert Rene Alberts dan termasuk dalam jajaran tim dengan skuad termewah. Bahkan, Persib Bandung digadang-gadang menjadi kandidat kuat juara Liga 1 2021/2022. Pemain-pemain seperti Marc Klok hingga Nick Kuipers membuat Persib semakin diperkaya dengan pemain mahal.

Baca Juga   Wow, Mengerikan Formasi Lini Serang PSG Jika Messi Datang

3. Persebaya Surabaya

11.3 Persebaya | Buliran.com

Di posisi ketiga ada klub besutan , Persebaya Surabaya. Diketahui, market value tim berjulukan Bajul Ijo itu mencapai 4,6 juta euro atau sekitar Rp74,8 miliar. Taisei Marukawa menjadi pemain termahal di klub kebanggaan Bonek Mania tersebut. Selain itu, ada nama bintang Timnas Indonesia yang dikenal jago duel udara yakni Rachmat Irianto. Anak legenda sepakbola nasional Bejo Sugiantoro itu berpredikat pemain lokal termahal di Persebaya.

4. Persija Jakarta

11.4 Persija | Buliran.com

Terpaut tipis dengan Persebaya Surabaya, ada Persija Jakarta yang berpredikat sebagai klub Indonesia terkaya nomor empat. Tim kebanggaan The Jakmania ini memiliki market value mencapai 4,59 juta euro Rp74,6 miliar. Persija Jakarta memang memiliki skuad mewah pada dasarnya. Persija memiliki amunisi seperti Marko Simic dan Rohit Chand yang tergolong pemain mahal di Indonesia. Selain itu, nama-nama lokal seperti Osvaldo Haay, Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak juga termasuk bintang yang membuat Persija semakin gahar. 5. Borneo

5. Borneo FC

11.5 Borneo | Buliran.com

Terakhir ada klub berjuluk Pesut Etam, Borneo FC, yang memiliki market value pemain mencapai 4,5 juta euro atau sekitar Rp73,2 miliar. Klub yang berbasis di Kota Samarinda itu memang memiliki banyak koleksi pemain mahal. Nama-nama seperti Javlon Guseynov, Kei Hirose hingga Jonathan Bustos menjadi pemain termahal di Borneo FC. Itulah sederet daftar tim sepakbola Indonesia terkaya 2022. Kelimanya bersaing sengit di 10 besar Liga 1 2021/2022. ***