Simak! Ini Manfaat Hubungan Seks untuk Kesehatan

9.1 seks | Buliran.com

AKTIVITAS bagi tidak hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan. Sejumlah studi terpercaya telah mengungkap manfaat berhubungan seksual yang ternyata memberikan efek positif terhadap tubuh.

Lantas apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan? Berikut paparannya:

1. Memperbaiki kualitas tidur

Anda mungkin langsung mengantuk dan lelah sehabis menikmati . Tenang saja, Anda tidak sendirian. Justru ini bisa jadi untuk kesehatan karena Anda jadi tidur lebih nyenyak. Setelah orgasme, tubuh manusia memang akan melepaskan hormon prolaktin yang bisa membuat Anda sangat nyaman dan gampang mengantuk.

2. Meningkatkan fungsi otak

Penelitian telah menemukan bahwa orang-orang yang berhubungan intim secara rutin fungsi otaknya bisa meningkat. Sebuah studi dari Oxford University di juga mengatakan bahwa manfaat bercinta ini akan turut mendukung daya ingat. Saat bercinta, ada banyak sel-sel baru di otak yang tumbuh dan proses peradangan juga akan berkurang.

3. Mencegah

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa berhubungan seks dapat membantu mencegah penumpukan zat homosistein dengan cara mendorong sirkulasi darah. Namun, hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa efek tersebut lebih banyak dirasakan manfaatnya oleh pria dibanding oleh wanita.

Menurut penelitian dari Queens University, Belfast, pria yang berhubungan seks 3 kali atau lebih dalam seminggu maka risikonya untuk mengalami serangan jantung dan stroke akan berkurang hingga 50 persen.

Selain menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan detak jantung Anda, seks juga membantu menjaga keseimbangan kadar estrogen dan testosteron Anda.

“Ketika salah satu dari kadar itu rendah, Anda mulai mendapatkan banyak masalah, seperti osteoporosis dan bahkan penyakit jantung,” kata dokter Joseph Pinzone, direktor medis di Amai Wellness.

Baca Juga   Guys, Begini Cara memilih Vitamin yang Baik

4. Menjaga mood tetap positif

Aktivitas seks yang rutin membuat Anda selalu berada dalam semangat dan mood yang positif. Selain bisa menghilangkan stres, seks juga sebenarnya dapat mencegah munculnya . Sebab saat bercinta hormon endorfin akan dilepaskan oleh tubuh.

5. Menghilangkan rasa nyeri

Bagi wanita, orgasme bisa membantu meringankan kram sebelum menstruasi. Sedangkan bagi pria, aktivitas ini bisa menjadi obat penghilang rasa sakit alami.

Dalam sebuah studi, 48 responden diminta untuk menghirup uap oksitosin dan kemudian jari mereka ditusuk. Hasilnya, efek nyeri yang mereka rasakan berkurang hingga 50 persen. Hormon ini diketahui juga bekerja pada sakit kepala dan nyeri punggung.

6. Membakar kalori

Menurut sebuah penelitian, bercinta bisa membakar hingga 250 kalori. Ya, setelah bercinta Anda mungkin akan terengah-engah kehabisan napas dan merasa lelah layaknya orang yang habis . Itulah kenapa seks bisa jadi cara seru untuk membakar kelebihan kalori dalam tubuh.

7. Mengurangi stres

Manfaat bercinta untuk kesehatan bisa dirasakan ketika hormon dopamin dan endorfin yang dilepaskan membuat Anda merasakan nikmat, puas, dan leganya orgasme setelah bercinta. Berhubungan intim juga merupakan sebuah aktivitas fisik yang menyenangankan dan dapat meningkatkan suasana hati Anda serta mengurangi munculnya stres yang dikirim ke otak. ***