Hapus Hasil Pencarian dari Google? Begini Caranya

1. hapus | Buliran.com

AKHIRNYA meluncurkan alat dan kebijakan agar pengguna bisa meminta menghapus hasil pencarian dari raksasa itu. Ini termasuk nomor telepon, email hingga alamat fisik.

Langkah ini merupakan pengembangan dari kebijakan sebelumnya, di mana pengguna harus menunjukkan bukti adanya potensi bahaya dari doxing atau pencurian identitas agar bisa dihapus.

Sekarang, penghapusan informasi ini bisa dilakukan dengan alasan apapun. Namun dengan catatan tidak semua permintaan akan mendapatkan persetujuan, misalnya jika informasi layak diberikan atau jika disertakan dalam situs web pemerintah atau sumber resmi lain.

“Penting dicatat saat kami menerima permintaan penghapusan, kami akan evaluasi seluruh konten di laman web memastikan bahwa kami tidak membatasi ketersediaan informasi lain yang berguna secara luas, misalnya dalam artikel berita,” kata Google dalam unggahan di blog resminya, Senin (16/5).

Google mengatakan keputusan penghapusan itu akan dibuat dengan kombinasi alat algoritmik serta pemantauan dari manusia.

Google mengumumkan alat baru itu akan beberapa bulan mendatang. Nantinya pengguna bisa meminta data mereka dihapus dengan hanya beberapa klik saja.

Pada formulir yang diisi, klik opsi ‘menghapus informasi pengenal pribadi (Personally Identifiable Information atau PII) atau konten doxing dari Google Search'. Setelah itu akan ada sejumlah pertanyaan mengenai jenis informasi pribadi yang muncul dalam penelusuran, URL yang menampilkan informasi, istilah untuk menampilkan informasi, dan tangkapan layar situs web dan hasil penelusuran.

Selain itu akan ada pertanyaan apakah informasi pribadi dibagikan dengan biat doxing, berisi konten eksplisit atau harus dihapus akibat alasan .

Perlu dicatat, kebijakan serta alat baru ini hanya untuk informasi yang muncul dalam hasil penelusuran Google. Raksasa mesin pencarian itu tidak bisa dari internet sepenuhnya.

Baca Juga   Ayo Nyari Duit dengan Jadi Kreator Lensa AR di Snapchat

Untuk menghapus seluruh informasi, Google menyarankan pengguna bisa menghubungi situs web yang meng-hosting informasi secara langsung. ***