Ayo Kembalikan Performa Mobil Anda Pasca Mudik

Avatar Of Teddy Chaniago
12. Service | Buliran.com

Cek juga ketebalan ban melalui TWI, apa masih cukup tebal atau sudah tipis sehingga perlu diganti. Jangan lupa bersihkan juga kerikil-kerikil yang tersangkut di alur ban.

3. AC Kendaraan

Selama perjalanan mudik, para penumpang pastinya mengandalkan AC untuk membuat kabin tetap sejuk. Oleh sebab itu, AC juga perlu di cek kondisinya.

Pengecekan AC bisa dilakukan mulai dari melihat kondisi selang ac dan apakah bersih dari noda oli atau tidak. Jika sambungan masih baik maka tidak akan noda. Kemudian cek juga kipas AC dan pastikan masih berputar.

Jangan lupa cek freon melalui lubang kaca kecil di dekat kompresor AC. Apabila bening artinya masih penuh sedang kalau muncul busa putih berarti sistem kekurangan freon

4. Kelistrikan Kendaraan

Sistem yang terkait dengan kelistrikan bisa dilakukan dengan mudah. Cara pertama dengan cara mengaktifkan lampu utama, lampu sein, lampu kabin, dan juga head unit. Pastikan semua berjalan dengan baik. Kemudian saat menghidupkan mobil, pastikan mobil bisa hidup dengan mulus.

Selanjutnya, pengecekan dilakukan ke AC. Apabila menggunakan Aki basah, maka bisa mengecek cairan aki apakah masih mencukupi atau perlu ditambah. Apabila menggunakan aki kering, maka di cek indikator apakah masih dalam kondisi normal di warna biru atau hijau, atau bisa melihat tanggal penggantian aki terakhir, karena umumnya umur aki itu 1 – 2 tahun.

Baca Juga   Spesifikasi Sepeda Motor untuk yang Tinggal di Dataran Tinggi