Gadget  

Realme 9, Ponsel Pintar untuk Beragam Kebutuhan

7. realme | Buliran.com

PERTENGAHAN April 2022 lalu, vendor ternama dari Tiongkok, resmi merilis kehadiran di Indonesia. Ponsel dengan konektivitas 4G ini mengusung sejumlah fitur unggulan sehingga cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari , bermain game, menikmati hiburan, hingga membuat konten , ponsel 9 dapat diandalkan.

Kemampuan realme 9 yang multiguna menjadi keunikan ponsel ini. Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya, Anda perlu mengetahui spesifikasi smartphone tersebut lebih detail melalui ulasan berikut ini.

1. Dimensi dan Bobot

Mengusung konsep Ultra Slim, Ultra Thin, ponsel realme 9 terasa nyaman saat digenggam. Hal ini dimungkinkan karena ponsel memiliki dimensi 160,2 x 73,3 x 8 mm dan bobot 178 gram. Ponsel memiliki bentuk yang ramping serta ringan sehingga mudah dibawa ke mana pun. Bagi yang memiliki mobilitas tinggi, realme 9 sangat cocok.

2. Layar

Ukuran layar ponsel realme 9 adalah 6,4 inci atau sekitar 16,3 cm dengan rasio 90,8 persen. Layar didesain dengan resolusi 2400 x 1080 FHD. Refresh rate 90 Hz dengan penyesuaian kecerahan otomatis 10.240 tingkat. Layar Super AMOLED membuat Anda dapat menonton film atau bermain game dengan lebih nyaman dan menyenangkan.

3. Chipset dan CPU

Ponsel realme 9 didukung oleh prosesor Snapdragon 680 6nm serta CPU 2.4GHz. Perpaduan kedua elemen ini membuat kinerja ponsel terbilang cepat, tetapi dengan efisiensi termal yang lebih optimal. Penyematan chipset dan CPU setara ini memungkinkan Anda dapat menikmati pengalaman menggunakan ponsel yang luar biasa.

4. RAM dan Memori Penyimpanan

Anda bisa leluasa menyimpan berbagai dokumen, foto, atau video di ponsel karena perangkat ini menawarkan memori penyimpanan internal sebesar 128 GB. Untuk RAM, ada dua varian ponsel yang tersedia, yaitu 6 GB dan 8 GB.

Baca Juga   Cara Mentransfer Data Dari Ponsel Lama Anda ke iPhone 13

RAM dan memori penyimpanan pada sebuah ponsel sangat penting. Dengan RAM yang memadai, Anda bisa menjalankan berbagai tanpa khawatir kinerjanya melambat. RAM dan memori penyimpanan pada realme 9 sangat memadai untuk berbagai kebutuhan.

Akan tetapi, apabila masih kurang, Anda bisa melakukan RAM virtual sebesar 5 GB. Ini dimungkinkan dengan Dynamic RAM Expansion yang terdapat pada ponsel. Selain itu, Anda juga bisa memasang kartu penyimpanan eksternal hingga 256 GB sebagai lokasi alternatif penyimpanan data.

5. Konektivitas

Untuk mendukung konektivitasnya, ponsel ini dilengkapi Dual SIM Nano 2G/3G/4G, Micro SD, dan 4/WiFi 5. Spesifikasi ini cocok bagi Anda yang aktif menggunakan ponsel di dalam ruangan maupun luar ruangan.

6. Kamera Depan dan Kamera Belakang

Salah satu fitur yang banyak dicari dari sebuah ponsel adalah kamera. Sebuah ponsel biasanya dilengkapi dengan kamera depan dan kamera belakang. Kamera depan pada realme 9 adalah 16 MP. Potret Anda dengan kamera depan akan lebih memukau dengan kehadiran berbagai fitur selfie yang disematkan.

Pada bagian belakang, realme 9 dilengkapi dengan 108MP AI Triple Kamera. Ini termasuk kamera utama 108MP, kamera super-wide 8 MP 120 derajat, dan kamera makro 2 MP.

Teknologi NanoPixel Plus dapat menangkap asupan cahaya yang lebih banyak. Alhasil, foto memiliki warna yang lebih akurat, noise minimal, eksposur yang tepat, serta rentang dinamis yang baik. Bukan hanya maksimal pada siang hari, ponsel juga bisa memotret dengan baik pada malam hari.

Selain itu, ada sejumlah fitur yang melengkapi kamera ponsel, yaitu mode panorama, portrait, HDR, ultra macro, AI, bokeh, filter, ultra wide, dan masih banyak lagi.

7. Baterai

Ponsel realme 9 didukung oleh baterai sebesar 5.000 mAh. Daya ini cukup untuk melakukan berbagai tugas rutin selama beberapa hari. Penghematan penggunaan daya dimungkinkan dengan teknologi Dart Charge 33 Watt. Anda pun dapat mengusahakan efisiensi dalam pekerjaan maupun kegiatan hiburan dengan maksimal.

Baca Juga   Buruan Download Aplikasi Penghasil Uang Tunai, Terbukti Membayar Via DANA, GOPAY

8. Fitur Tambahan

Bukan hanya fitur utama, realme 9 juga dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan. Beberapa di antaranya adalah fingerprint in-display, WiFi dual band, jack audio 3,5 mm, dan Bluetooth 5.1. Semua fitur itu bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan pengguna.

9. Warna

Ada tiga pilihan warna ponsel realme 9, yaitu Stargaze White, Meteor Black, dan Sunburst Gold. Masing-masing pilihan warna menawarkan keindahan lanskap padang gurun yang luas. Ponsel juga dilapisi dengan tekstur riak 3D melalui pelapisan Atom Plasma serta UV-Nano Imprinting sehingga tampak dinamis.

10. Harga

Saat ini, realme 9 ditawarkan dengan dua varian harga. Untuk ponsel dengan RAM dan memori penyimpanan 6 GB/128 GB, Anda perlu mempersiapkan dana sebesar Rp 3.399.000. Sementara itu, untuk ponsel dengan RAM dan memori penyimpanan 8 GB/128 GB, harganya sedikit lebih tinggi yaitu Rp 3.599.000.

Nah, inilah ulasan lengkap seputar spesifikasi realme 9 yang baru saja diluncurkan. Apakah fitur-fitur yang dihadirkan bisa memenuhi kebutuhan Anda? Dapatkan pengalaman terbaik dengan ponsel multiguna ini sekarang juga. ***