Timnas U-23 Indonesia Dibungkam Vietnam 0-3

8. kalah | Buliran.com

. PHU TO – Perjalanan U-23 Indonesia di perhalatan ini tampaknya gak berat. Kenapa demikian? Karena di pertandingan perdana, Cs kalah telak 0-3 dari tuan rumah pada pertandingan yang digelar di Stadion Viet Tri, Phu To, Jumat (6 Mei 2022) malam.

Keunggulan Vietnam diraih dari gol yang diciptakan Nguyen Tien Linh, Do Hung Dung, dan Le Van Do. Kekalahan itu membuat Indonesia untuk sementara berada di dasar Grup .

Di awal pertandingan, Vietnam langsung mencoba membongkar pertahanan Indonesia setelah wasit meniupkan peluit tanda sepak mula. Kedua tim sama-sama bermain hati-hati pada awal pertandingan. Terbukti belum ada peluang berarti yang tercipta hingga 15 menit pertama.

Pada menit ke-20, Vietnam mendapatkann kesempatan melalui Hoang Anh yang berhasil melewati Rio Fahmi. Beruntung bagi Indonesia, upaya dari Hoang Anh masih menyenggol kaki Fachruddin Aryanto.

Indonesia mendapatkan tendangan pertamanya pada menit ke-22 melalui . Sayangnya tendangan itu masih belum mengarah ke gawang. Vietnam mendapatkan tendangan mengarah ke gawang setelah sepakan dari Tien Linh yang membuat bola memantul sulit diantisipasi oleh Adi Satryo.

Pada menit ke-38, Indonesia mendapatkan kesempatan emas melalui sepak pojok Marc Klok. Namun, tendangan penjuru yang tajam itu berhasil diselamatkan Phan Tuan Tai.

Firza Andika sempat membuat tendangan keras dari luar kotak penalti, tetapi masih melebar dari gawang Vietnam. Menjelang berakhirnya babak pertama, Nguyen Tien Linh nyaris memecah kebuntuan. Beruntung bola tidak mengenai kakinya. Hingga turun minum, skor bertahan 0-0.

Pada babak kedua baru dimulai, Vietnam langsung mendapatkan peluang emas. Namun Adi Satryo masih sigap menghalau tendangan pemain Vietnam.

Baca Juga   Indonesia Superior di Thomas Cup dengan 14 Kali Juara

Pertandingan berjalan delapan menit, Indonesia mendapatkan kesempatan melalui serangan balik, tetapi tendangan Irfan Jauhari masih mampu diblok pemain belakang Vietnam. Vietnam akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-54. Nguyen Tien Linh akhirnya berhasil menaklukkan Adi Satryo melalui sontekannya.

Tertinggal satu gol, langsung merespons dengan memasukkan sejumlah pemain seperti Witan Sulaeman, Alfeandra Dewangga, serta Ronaldo Kwateh pada menit ke-63.

Memasuki menit ke-74, Vietnam kembali berhasil menggandakan keunggulan atas Indonesia. Kali ini giliran sang kapten Do Hung Dung yang berhasil menembus pertahanan Indonesia.

Beberapa saat kemudian, Indonesia nyaris kembali kebobolan melalui penetrasi Le Van Do, Beruntung bagi skuad Garuda umpan dari Van Xuan berhasil diantisipasi oleh Marc Klok.

Pertahanan Indonesia terus digempur oleh lini serang Vietnam. Bahkan, Nguyen Tien Linh nyaris mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya. Vietnam kembali nyaris membobol gawang Adi Satryo tetapi beruntung tiang gawang masih menjadi penyelamat. Indonesia sempat mendapatkan tendangan mengarah ke gawang melalui Witan Sulaeman.

Beberapa menit berselang, Van Xuan melepaskan tendangan keras yang masih membentur mistar gawang. Setelah itu, Indonesia kian terpuruk setelah Tendangan Le Van Do salah diantisipasi oleh Fachruddin Aryanto sehingga mengubah skor menjadi 3-0. Gol tersebut sekaligus menjadi penutup laga tersebut. Indonesia pun tumbang dengan skor 0-3 dari Vietnam.

Susunan Pemain:

Vietnam (5-3-2): Nguyen Van Toan; Le Van Do, Viet Anh, Thanh Binh, Tuan Tai, Van Xuan; Hung Dung, Hoang Anh, Hoang Duc; Nguyen Tien Linh, Nguyen Van Tung.
Pelatih: Park Hang-seo

Indonesia (4-3-2-1): Adi Satryo; Rio Fahmi, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Firza Andika; Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani; Irfan Jauhari
Pelatih: Shin Tae-yong. (*/gpr)

 

Baca Juga   Liga 2 2021: Yang Mujur dan Tergusur