Turunkan Kolesterol Tubuh dengan Buah Berikut

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Buah | Buliran.com

HIDANGAN yang disajikan saat lebaran atau hari raya Idul Fitri identik dengan makanan yang mengandung santan, pedas, manis, hingga makanan berlemak.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak saat Idul Fitri akan memberikan efek samping setelahnya. Banyak kemungkinan masalah atau penyakit yang timbul setelah lebaran, salah satunya kolesterol.

Kadar kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi tubuh. Tingginya kolesterol dalam tubuh bisa memicu penyumbatan pada pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung.

Hal tersebut bisa dibantu dengan mengurangi asupan makanan berlemak dan mengkonsumsi buah penurun kolesterol sebelum atau setelah menyantap hidangan lebaran atau Idul Fitri.

Apa saja jenis buah yang membantu turunkan kolesterol dalam tubuh karena makanan berlemak saat lebaran atau Idul Fitri? Berikut kami sajikan yang dihimpun dari berbagai sumber :

1. Alpukat

10.1 Alpukat | Buliran.com

Buah alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi, nutrisi, fitosterol, polifenol, dan serta yang membantu turunkan kadar kolesterol jahat dan menjaganya tetap seimbang.

2. Pisang

10.2 Pisang | Buliran.com

Buah pisang cukup banyak mengandung inulin. Inulin berperan dalam membantu turunkan kolesterol yang dihasilkan oleh asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

3. Apel

10.3 Apel | Buliran.com

Buah apel mengandung polifenol dna antioksidan yang bisa membantu memperlambat oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah peradangan dan plak arteri pembuluh darah.

4. Beri

10.4 Beri | Buliran.com

Buah beri adalah salah satu sumber antioksidan tinggi yang dapat membantu turunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

5. Jeruk

10.5 Jeruk | Buliran.com

Buah jeruk mengandung vitamin C tinggi dan fitoserol mampu menghambat terserapnya kolesterol pada makanan ke dalam tubuh.

6. Delima

10.6 Delima | Buliran.com

Buah delima memiliki kandungan antioksidan untuk membantu turunkan kolesterol dengan mengurangi penumpukan lemak jahat dalam tubuh.

Baca Juga   Dapatkan 7 Manfaat Berenang untuk Kesehatan

7. Timun

10. 7 Timun | Buliran.com

Timun atau mentimun ternyata juga bisa turunkan kolesterol karena memiliki kandungan serat tinggi, kalium, magnesium. Zat tersebut membantu mengurangi lemak jahat dalam saluran pencernaan. ***