Mobil Era 80-an yang Banyak Diburu Hingga Kini

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Mobil | Buliran.com

BUAT kalian para pecinta mobil tua, mobil era tahun 80-an sepertinya sangat cocok dipilih. Walau kesan jadul benar-benar begitu terasa, namun tidak bisa dipungkiri sekarang mobil-mobil tua serta klasik justru sedang naik daun.

Tidak sedikit bahkan para pecinta mobil klasik mencari mobil tahun 80an yang irit bbm untuk dijadikan sebagai koleksi atau dijadikan kendaraan harian. Sebab kesan estetik sepertinya benar-benar bisa didapat ketika menggunakannya.

Memasuki era milenial dan digitalisasi seperti sekarang, bukan memudar. Justru mobil tahun 1980-an makin banyak di cari. Harga jual yang tetap terjaga tinggi menjadi alasan kenapa mobil-mobil tua klasik dari era 80-an terus memikat.

Pilihan mobil tahun 80an yang irit BBM pun ada begitu banyak, bahkan beberapa diataranya merupakan mobil keluaran brand-brand ternama yang saat ini masih tetap kokoh menjadi pabrikan mobil sejuta umat.

Dari banyaknya brand tersebut, diantaranya Datsun, Honda, BMW, Nissan dan Mitsubishi. Lantas apa saja pilihan mobil tahun 80-an yang punya pangsa pasar tinggi namun tetap irit bbm?

Jika sedang mencari mobil irit BBM dari tahun 1980-an, setidaknya ada beberapa pilihan yang dapat kita jadikan sebagai referensi. Dari begitu banyaknya opsi yang ada, berikut adalah beberapa diantaranya.

Toyota Corolla KE55

10.1 Toyota Corolla Ke55 | Buliran.com

Jika mencari mobil tahun 80an yang irit BBM, tidak ada salanya melirik Toyota Corolla KE55. Kerennya mobil Corolla KE55 benar-benar booming di eranya, bahkan Corolla KE55 selalu menjadi penghias layar kaca diberbagai film tanah air.

Merupakan mobil sedan yang dibuat pada tahun 1978 sampai 1980. Mobil dengan penggemar cukup banyak ini masih menjadi pilihan para kolektor mobil klasik. Untuk pasar Indonesia, Corolla KE55 datang dalam dua varian yaitu model 4 pintu dan model hardtop coupe dengan dua pintu.

Baca Juga   8 Mobil Ikonik dalam Film yang Populer hingga Penjuru Dunia

Daihatsu Charmant

10.2 Daihatsu Charmant | Buliran.com

Lalu ada juga mobil Daihatsu Charmant yang menjadi rekomendasi bagi flikermania yang sedang mencari mobil tahun 80an irit bbm. Dipasarkan dengan mengusung mesin berkapasitas 1.2 liter, mobil ini benar-benar cukup irit bbm pada jamannya.

Dari sektor estetiknya, Daihatsu Charmant punya tampilan kecil namun simple. Tidak seperti kebanyakan mobil tahun 80-an lainnya, Daihatsu Charmant bisa dibilang merupakan mobil koleksi dibandingkan mobil harian. Karena untuk pasar Indonesia, Daihatsu Charmant punya jumlah yang cukup langka.

Toyota Corolla DX KE70

10.3 Toyota Corolla Dx Ke70 | Buliran.com

Opsi lain bagi kalian untuk menentukan mobil tahun 80an yang irit BBM adalah Toyota Corolla DX KE70. Mobil Corolla DX KE70 menjadi salah satu sedan idaman dieranya.

Punya desian gagah serta tegas, menjadikan mobil dengan mesin berkapasitas 1.6 liter ini semakin banyak di gemari kaum retro. Oya iritnya bbm dari mobil Corolla DX KE70 berkat adanya teknologoi OHC yang dipasarkan di dalam dapur pacunya.

Mitsubishi Lancer SL

10.4 Mitsubishi Lancer Sl | Buliran.com

Mencari mobil tua dan klasik dari taun 1980-an, rasnya tidak tepat jika tak memasukan Mitsubishi Lancer SL ke dalam daftar rekomendasi. Walau punya kubikasi mesin cukup tinggi yakni 1.400 cc, mobil ini tetap irit bbm.

Bahkan dieranya, Mitsubishi Lancer SL menjadi trend pasar begitu mengesankan. Mengingat mobil ini hadir membawa transmisi manual dengan 5 kecepatan. Kesan tegas dan gagah benar-benar terasa pada bagian desainnya.

BMW 325 E3

10.5 Bmw 3 Series | Buliran.com

Mobil yang hadir dan jaya pada tahun 1982 sampai 1994 bernama BMW 325 E3. Masih benar-benar menjadi salah satu citra yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia sampai dengan saat ini.

Apalagi, mobil BMW 325 E30 juga menjadi ikon film Catatan Si Boy yang menjadi film paling populer pada zamannya. Penggunaan mesin berteknlogi canggih pada zamannya tersebut menjadikan mobil BMW 325 E30 termasuk dalam salah satu sedan paling irit bbm.

Baca Juga   Segera Beli Baru, Jika Melihat 4 Tanda Berikut

Datsun SSS

10.6 Datsun Sss | Buliran.com

Kendaraan roda empat lain termasuk dalam deretan mobil tahun 80an yang irit bbm berikutnya adalah Datsun SSS. Merupakan produk dari pabrikan asal Jepang, Datsun SSS merupakan mobil dengan pemilik kelas atas diera 1980-an.

Walau terkesan simple dan juga kecil, akan tetapi berbagai macam teknologi canggih dieranya menjadi hal yang membuat Datsun SSS begitu banyak dirilik. Salah satunya teknologi mesin berkubikasi 1.6 liter yang cukup irit bbm.

Toyota Starlet XL

10.7 Toyota Starlet Xl | Buliran.com

Kesan klasik benar-benar dapat kita peroleh pada mobil era 1980-an dari brand Toyota. Dimana salah satu produk yang sampai saat ini cukup gemilang dan banyak di incar penggemar mobil klasik adalah Starlet XL.

Berbeda dengan mobil sedan klasik lainnya, mobil yang lahir pada tahun 1987 ini punya bentuk cembung pada sisi belakang. Masuknya dalam daftar mobil tahun 80an yang irit bbm karena Starlet XL punya mesin 4 silinder berkapasitas 1.000 cc yang kita tahu tidak terlalu banyak memakan bahan bakar.

Toyota Carina GT-TR

 

10.8 Toyota Carina Gt Tr | Buliran.com

Walau terdengar asing di telinga masyarakat milenial, mobil tahun 80an yang irit bbm satu ini masih begitu populer. Terutama dikalangan para pecinta mobil klasik.

Hal tersebut dikarenakan Carina GT-TR tak hanya memiliki tampilan desain begitu simple tetapi juga karena bekalan mesinnya. Mobil generasi ketiga yang lahir pada tahun 1981-an ini punya mesin turbo DOHC berkapasitas 1.770 cc.

Toyota Corolla Sprinter

10.9 Toyota Corolla Sprinter 1 | Buliran.com

Toyota punya dominasi yang cukup tinggi untuk pilihan mobil tahun 80an irit bahan bakar. Selain dari pilihan yang telah otoflik.com sampaikan diatas. Ada beberapa tipe lain yang bisa jadi pilihan seperti halnya Corolla Sprinter.

Pada generasi keempat yang lahir di tahun 1980-an, Corolla Sprinter hadir dalam dua pilihan kapasitas mesin yaitu 1.500 cc dan 1.600 cc. Walau cukup besar kubikasinya, namun tetap diklaim menjadi salah satu mobil irit bbm.

Baca Juga   Empat Merek Baru Ini Bakal Bersaing di Industri Otomotif Tanah Air

Honda Legend

10.10 Honda Legend | Buliran.com

Honda juga tidak tertinggal dari daftar mobil irit bbm yang hadir pada tahun 80an. Produk paling banyak di incar adalah Honda Legend. Mobil dengan dua pintu yang memiliki kemampuan menampung hingga 5 penumpang ini begitu banyak di cari penggila mobil klasik.

Salah satu alasanya karena Honda Lagend dilengkapi dengan fitur sunroof yang membuatnya terkesan sempurna. Untuk urusan performa, mesin DOHC 2.675 cc yang dibawanya diklaim tetap irit dalam hal penggunaan bahan bakar.

Honda Civic Wonder SB3

10.11 Honda Civic Wonder | Buliran.com

Tak hanya memiliki Honda Lagend, pabrikan mobil asal Jepang yang satu ini juga punya pilihan lain mobil tahun 80an yang irit bbm. Mobil tersebut adalah Honda Civic Wonder SB3 yang merupakan mobil hatchback terbaik pada masanya.

Kemampuannya yang begitu baik dalam sektor performa, memadikan mobil dengan desain begitu simple ini tak luput dari keiritannya dalam hal bahan bakar. Dan hal ini bisa didapat karena mesin 1.300 cc yang dibawaya telah dilengkapi teknologi VTEC.

Mercedes-Benz W123

10.12 Mercedes Benz W123 | Buliran.com

Sedangkan rekomendasi mobil tahun 80an yang irit bbm terakhir adalah Mercedes-Benz W123. Mobil yang diproduksi pada tahun 1976 sampai 1985 ini dipasarkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1977.

Memiliki kesan unik tersendiri, nilai jual mobil Mercedes-Benz W123 masih tetap tinggi. Bahkan untuk generasi 1985 termasuk mobil klasik dengan jumlah peminat tinggi, terutama untuk para kolektor. ***