Fenomena Bukit Berwarna di Belahan Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
7. Bukit | Buliran.com

PERNAH dengar nama Zhangye Danxia? Bagi wisatawan nama tersebut sudah sangat akrab. Namun bagi mereka yang jarang traveling, sungguh itu sebuah nama asing. Zhangye Danxia adalah sebuah pegunungan warna-warni di China sempat hebohkan dunia karena kondisi alamnya yang unik. Banyak yang menduga kalau foto-foto gunung tersebut merupakan hasil rekayasa komputer. Padahal, Zhangye Danxia merupakan fenomena alam yang nyata.

Tak hanya China, di negara-negara lain juga terdapat fenomena yang mirip. Antara lain Painted Hills Oregon dan Cerro de los Siete Colores yang ada di Argentina. Indonesia bahkan punya dua. Seperti apa keindahan gunung-gunung berwarna pelangi ini? Mari kita lihat lebih dekat.

1. Zhangye Danxia – China

7.1 Zhangye Danxia China | Buliran.com

Zhangye Danxia bisa dikatakan fenomena gunung pelangi yang paling tersohor. Gunung ini terletak di provinsi Gansu dan dilindungi sebagai bagian dari kawasan konservasi Zhangye Danxia Landform Geological Park. Zhangye Danxia juga dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2010.

Fenomena alam yang menakjubkan ini merupakan contoh geomorfologi petrografi yang terbentuk karena kondisi lingkungan. Menurut Telegraph, warna-warni menakjubkan perbukitan tersebut berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu.

2. Seven Coloured Earths of Chamarel – Mauritius

7.2 Seven Coloured Earths Of Chamarel Mauritius | Buliran.com

Tanah Tujuh Warna, Seven Coloured Earths atau Terres des Sept Couleurs dalam Bahasa Prancis adalah sebuah formasi geologis unik yang bisa ditemui di Chamarel, Distrik Rivire Noire, sebelah barat daya Mauritius. Wilayah ini merupakan bukit pasir dengan lapisan warna merah, cokelat, violet, hijau, biru, ungu, dan kuning.

Baca Juga   Pindang Serani, Kuliner Khas Pesisir Jepara