Jelajahi 10 Landmark Paling Ikonik di Dunia

SETIAP kota atau negara memiliki landmark atau bangunan serta objek ikonik yang menjadi lambang atau wajah dari tempat tersebut. Hal yang membuat ikon ini menjadi landmark dari kota atau negara tersebut sendiri bisa sangat beragam.

Mulai dari nilai sejarah yang dimilikinya, keindahan dan kemegahan dari wujudnya, hingga ukuran atau bentuknya yang lebih menonjol dari lingkungan sekitarnya.

Tak jarang, landmark-landmark dunia ini tak hanya jadi identitas suatu negara atau kota bahkan menjadi daya tarik wisata bagi para turis yang tengah mengunjungi negara atau kota tersebut.

Dari sekian banyak landmark populer yang ada di dunia, berikut beberapa rekomendasi landmark paling ikonik yang ada di berbagai negara yang bisa jadi destinasi traveling-mu selanjutnya!

1. Menara Eiffel, Paris, Prancis

Lokasi: Champ de Mars, 5 Avenue Anatole France, 75007 Paris, Prancis

Menjadi struktur tertinggi yang ada di Kota Paris dengan tinggi 325 m, Menara Eiffel yang selesai dibangun pada 1889 ini telah lama menjadi landmark populer Kota Paris Perancis. Tak heran mengingat menara ikonik ini sempat menjadi struktur tertinggi di dunia hingga tahun 1930.

Perancang landmark dunia yang terkenal ini adalah Gustave Eiffel, yang namanya diabadikan menjadi nama menara ini. Sejak pembangunannya dimulai, lebih dari 200,000,000 orang mengunjungi landmark dari kota yang romantis ini, lho! Berusia lebih dari satu abad, landmark dunia populer ini masih menjadi ikon dari Kota Paris, Prancis.

2. Menara Pisa, Italia

Lokasi: Piazza del Duomo, 56126 Pisa PI, Italia

Menara lainnya di dunia yang tak kalah populer dari Menara Eiffel adalah Menara Miring Pisa yang berdiri berdampingan dengan Katedral Pisa. Yang menjadikan menara satu ini populer dan mendunia bukanlah karena ketinggiannya yang spektakuler, melainkan sturkturnya yang tidak berdiri tegak, alias miring.

Miringnya menara ini tentu bukanlah bagian dari rancangan. Dibangun selama dua ratus tahun lamanya dan selesai pada 1399, awalnya ketinggian dari bangunan ini adalah 60 meter. Namun, permasalahan pada konstruksi terutama situasi tanah dimana landmark dunia ini berdiri mengakibatkan menara ini miring sehingga ketinggian menara menjadi hanya 56 meter pada bagian terendahnya.

Baca Juga   Masjid Megah di Stadion Klub Top Eropa

Uniknya, setelah mengalami kemiringan, menara ini tidaklah runtuh meskipun pada tahun 2000 landmark yang jadi daya tarik wisatawan dunia ini diperkuat dengan menambahkan tanah dengan struktur yang lebih kuat pada bagian bawah menara.

3. Patung Liberty, Amerika Serikat

 

Lokasi: Pulau Liberty, muara Sungai Hudson, New York Harbor, Amerika Serikat

Landmark dunia terpopuler selanjutnya adalah Patung Liberty yang menjadu ikon dari Amerika Serikat. Meskipun sangat populer di Amerika Serikat, ternyat landmark ini terdapat dua di dunia. Selain di Amerika Serikat, Patung Liberty juga bisa kamu temukan di Paris. Tak heran mengingat patung perunggu ini merupakan hadiah dari Prancis kepada Amerika Serikat untuk menyambut 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat sekaligus ungkapan persahabatan antar dua negara.

Diresmikan pada 28 Oktober 1886, landmark dunia terkenal ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1984. Pemahat dari patung ini adalah Frederic Auguste Bartholdi dan perancang struktur penyangga dalamnya adalah Gustave Eiffel, desainer yang juga merancang Menara Eiffel.

4. Sydney Opera House, Sydney, Australia

Lokasi: Bennelong Point, Sydney NSW 2000, Australia

Mengunjungi Australia, khususnya Kota Sydney, perjalananmu takkan lengkap sebelum melihat langsung landmark ikonik satu ini. Berada di dekat Sydney Harbour Bridge, Sydney Opera House merupakan salah satu bangunan dengan arsitektur terunik dan terkenal pada abad ke-20.

Keunikan dari rancangan landmark dunia ini merupakan hasil kompetisi yang dimenangkan oleh Jørn Utzon yang berasal dari Denmark pada tahun 1955. Dan, pada tahun 2007, ikon dari kota Sydney ini akhirnya masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

5. Taj Majal, Agra, India

Lokasi: Dharmapuri, Forest Colony, Tajganj, Agra, Uttar Pradesh 282001, India

Baca Juga   Disandingkan dengan Bernabeu, JIS Masuk Sepuluh Stadion Termegah di Dunia

Tak hanya terkenal akan kemegahannya, landmark dunia selanjutnya ini juga sarat akan kisah romantis dibalik latar belakang pembangunannya. Bangunan ikonik yang sangat populer asal India ini dibangun Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai sebuah musoleun untuk mendiang istri ketiganya, Arjumand Banu Begum yang dikenal juga sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal.

Salah satu landmark paling terkenal di dunia ini dibangun pada 1630 hingga 1653 dan pada tahun 1983, Taj Mahal menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

6. Petronas Towers, Kuala Lumpur, Malaysia

Lokasi: Kuala Lumpur City Centre, 50088 Kuala Lumpur, Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia

Tak perlu jauh ke Eropa ataupun Amerika, ada pula landmark dunia populer yang bisa kamu temukan di negara tetangga, Malaysia. Menara Kembar Petronas sempat menjadi gedung tertinggi di dunia pada rahun 1998 hingga tahun 2004 ketika dilampau oleh Taipei 101. Namun, hingga saat ini landmark ikonik dari Kuala Lumpur ini masih menjadi menara kembar tertinggi yang ada di dunia.

Pokoknya, perjalananmu ke Kuala Lumpur, takkan lengkap sebelum kamu berfoto dengan latar belakang landmark dunia terpopuler satu ini.

7. Big Ben, London, Inggris

Lokasi: Westminster, London SW1A 0AA, Inggris Raya

Dikenal dengan sebutan Big Ben, sebenarnya Big Ben adalah nama dari lonceng besar yang berada di tengah-tengah menara jam ini. Sedangkan menara jam ini memiliki nama resmi Elizabeth Tower. Namun, menara yang kemudian menjadi salah satu ikon dari Kota London ini lebih populer dengan nama Big Ben.

Usia dari landmark dunia ini telah berusia lebih dari satu abad, tepatnya selesai dibangun pada 1858. Dirancang dengan gaya Gothik Victoria, arsitektur dari landmark populer dunia ini sangatlah mempesona.

Mesin mekanik penggerak dari jam di menara ini hanya diproduksi dua di dunia. Selain di Big Ben, mesin penggerak jam ini terdapat di Jam Gadang yang berlokasi di Bukittinggi, Indonesia.

Baca Juga   Ragam Rumah Adat Minangkabau

8. Angkor Wat, Angkor, Kamboja

Lokasi: Krong Siem Reap, Kamboja

Dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12 selama periode pembangunan sekitar 20 tahun merupakan salah satu monumen keagamaan terbesar di dunia. Situs bersejarah ini berdiri di atas kawasan seluas 1.626.000 m2 dan menjadi salah satu landmark dunia yang menjadi destinasi wisata religi yang populer di Kamboja.

Awalnya, Ankor Wat dibangun sebagai candi agama Hindu Kerajaan Khmer yang dibaktikan untuk dewa Wisnu. Namun, memasuki akhir abad ke-12 perlahan dialihfungsikan menjadi kuil Buddha.

Landmark dunia ini menjadi satu-satunya candi yang masih menjadi pusat keagamaan penting semenjak didirikan. Arsitektur khas Khmer sangat kental pada landmark dunia ini, bahkan menjadi bagian dari tampilan bendera negara Kamboja.

9. Burj Khalifa, Uni Emirat Arab

Lokasi: 1 Sheikh Mohammed bin Rashid Blvd – Dubai – Uni Emirat Arab

Landmark dunia selanjutnya ini merupakan salah satu gedung pencakar langit di Dubai paling ikonik di dunia. Dengan ketinggian mencapai 828 meter, Burj Khalifa yang dahulu bernama Burj Dubai ini menjadi gedung pencakar langit tertinggi yang ada dunia! Banyak rekor lainnya yang berhasil disabet oleh landmark ikonik dunia satu ini seperti memiliki lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s dan juga menjadi bangunan dengan paling banyak lantai, yakni 160 lantai.

10. Forbidden City, China

Lokasi: 4 Jingshan Front St, Dongcheng, Beijing, Tiongkok, 100886

Kota Terlarang atau Istana Terlarang yang berada di tengah kawasan kota kuno di Beijing merupakan salah satu kawasan bersejarah yang sangat terkenal dan mendunia. Landmark dari Beijing ini memiliki luas sekitar 720,000 meter persegi, 800 bangunan dan lebih dari 8.000 ruangan dan menjadi koleksi terbesar struktur kayu kuno di dunia dan juga Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1987 sebagai “Istana Kerajaan Dinasti Ming dan Qing”. ***