Budaya  

Lebih Heboh, Simak Tradisi Mudik di 6 Negara Ini

Avatar Of Teddy Chaniago
9. Mudik | Buliran.com

LEBARAN dan mudik adalah kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Mudik telah menjadi budaya orang Indonesia saat Ramadan hampir berakhir. Mereka berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudaranya. Berlebaran bersama keluarga adalah momen yang ditunggu-tunggu setiap orang, terutama umat muslim.

Memang tidak dapat dipungkiri, penduduk kota-kota besar di Indonesia sebagian besar adalah orang perantauan. Faktanya, ternyata budaya mudik tidak hanya terjadi di Indonesia. Ada beberapa negara yang memiliki tradisi mudik. Mana saja ya?

1. India

9.1 India | Buliran.com

India adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia di bawah Tiongkok. Negara ini juga memiliki perayaan Lebaran yang meriah, meskipun jumlah umat muslimnya tergolong minoritas. Salah satu kemeriahan lebaran di India terasa saat mudik. Tetapi, arus mudik lebaran lebih kecil dibandingkan pada bulan Oktober hingga November.

Saat itu, sebagian besar warga India akan merayakan “Festival of Lights alias Dilwali”. Perayaan ini meriahnya sama dengan perayaan Idul Fitri di negara-negara Islam. Warga India akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman mereka.

Pemandangan mudik di negara ini lebih heboh dibanding di Indonesia. Transportasi umum seperti kereta api akan penuh sesak hingga banyak warga yang bergelantungan di pintu, jendela hingga di atap kereta.

2. Malaysia

9.2 Malaysia | Buliran.com

Negara tetangga yang masih serumpun ini juga memiliki tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sama seperti Indonesia, penduduk Malaysia mayoritas muslim. Sehingga, kemeriahaannya saat mudik lebaran sangat terasa.

Baca Juga   Budaya dan Tradisi Jangan Tergerus Kemajuan Zaman