Budaya  

Deretan Tradisi Unik Saat Lebaran

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Tradisi | Buliran.com

SEBULAN lamanya seluruh umat muslim berpuasa di bulan Ramadhan. Kini saatnya kita tiba di penghujung bulan dan sebentar lagi akan berganti menjadi bulan Syawal dan diperingatinya tanggal 1 Syawal sebagai hari raya Idul Fitri.

Di setiap belahan negara memiliki tradisi yang berbeda-beda. Indonesia sendiri menjadi negara yang paling unik dalam hal tradisi perayaan Idul Fitri atau biasa disebut lebaran. Budaya ini diwariskan secara turun temurun sebagai ciri khas masing-masing daerah.

Perbedaan tradisi hari raya idul fitri membuat perayaan hari raya umat Islam di Indonesia semakin meriah hingga sekarang. Ada beberapa tradisi khas yang hanya dilaksanakan pada lebaran. Selain bersilaturahmi, berikut berbagai budaya lebaran di Indonesia.

1. Mudik

Tradisi Unik Idul Fitri di Indonesia yang peratama adalah mudik. Kamu juga sering melakukan tradisi ini kan? bagi orang-orang yang merantau untuk tujuan tertentu, saat lebaran adalah saat yang dinantikan untuk pulang kampung berkumpul bersama keluarga besar. Mudik seakan menjadi kewajiban yang dilakukan para perantau.

Menjelang idul fitri tiba, berbagai tiket kendaraan umum cepat sekali habis terjual. Meskipun biasanya harga tiket sedikit lebih naik di hari-hari biasanya untuk beberapa kendaraan, tapi tidak memperdulikan hal tersebut karena yang paling penting adalah bisa berkumpul dengan keluarga.

2. Takbir Keliling

Malam hari raya idul fitri di Indonesia ditandai dengan kumandangnya takbir bahkan hingga ke belahan dunia lain. Takbir menjadi penanda kemenangan umat Islam yang telah melaksanakan puasa satu bulan penuh. Nah di Indonesia sendiri tradisi yang menandai hari raya idul fitri malam harinya dengan takbir keliling kampung baik menggunakan kendaraan maupun sekedar berjalan kaki, bahkan tidak sedikit instansi yang memeriahkan malam idul fitri dengan mengadakan perlombaan takbir keliling.

Baca Juga   Kajang Leko, Rumah Adat Jambi yang Penuh Makna