Kalahkan Villarreal, Liverpool Menatap Final

1. liverpool | Buliran.com

, – The Anfield Gank Liverpool, sudah menjejakkan satu kakinya di final –2022 usai menang 2-0 atas tamunya pada leg pertama semifinal di Stadion Anfield, Liverpool, Kamis (28 /4) dini hari. Dua gol The Reds dicetak Jordan Henderson dan .

Sejak kick off, kedua tim masih menjajaki satu sama lain. Pelan tapi pasti, The Reds mulai menemukan ritme permainan.

Menguasai jalannya laga, hingga 60 persen penguasaan bola dengan 13 percobaan ke gawang Villarreal, ternyata tak cukup untuk The Reds mencetak gol di babak pertama.

Peluang terbaik menjadi gol bagi Liverpool terjadi pada menit 12 lewat Sadio Mane. Sayang umpan Mohamed Salah di mulut gawang gagal dimanfaatkan Mane dengan sundulan, padahal posisinya onside dan sendirian di depan gawang.

Pun begitu dengan upaya Luis Diaz semenit kemudian. Tendangan keras kaki kanannya dari luar kota penalti masih bisa diblok kiper Villarreal Geronimo Rulli.

Pertahanan Villarreal yang dikomandoi Raul Albiol terus mendapat tekanan dari pemain Liverpool. Termasuk memblok tendangan Thiago Alcantra pada menit 16 hasil umpan sepak pojok.

The Yellow Submarine atau Kapal Selam Kuning, julukan Villarreal, memang menerapkan disiplin ketat pada laga ini. Pasukan Unay Emery hanya menyisakan seorang penyerang di lini depan. Taktik yang berjalan sangat baik.

Upaya kedua Luis Diaz pada menit 27 lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti juga masih ditinju kiper Villarreal Rulli

Upaya Mane sama dengan Diaz pada menit 32 juga belum menemui target dan hanya menghasilkan sepak pojok. Disusul tendangan Salah yang juga masih diblok bek Villarreal. Sejauh ini pertahanan Kapal Selam Kuning begitu kokoh.

Baca Juga   Spurs Bidik Kiper Atalanta Sebagai Suksesor Lloris

Menit 42, giliran sepakan Thiago Alcantra yang masih diselematkan tiang gawang. Sejauh ini pemain Villarreal masih tenang menghadapi tekanan bertubi-tubi The Reds.

Hingga jeda, pasukan Juergen Kloop belum mampu membongkar pertahanan kokoh . Skor ditutup dengan kedudukan sama kuat 0-0.

Babak kedua, tuan rumah masih tetap memegang inisiatif permainan. Menit 49, Fabinho sempat mencetak gol lewat skema sepak pojok. Sayang Van Dijk sudah dalam posisi offside sehingga gol dianulir.

Sundulan Luis Diaz semenit kemudian juga masih lemah dan tepat dipelukkan kiper Villarreal.

Gol yang ditunggu untuk Liverpool akhirnya tercipta pada menit 53. Kapten Jordan Henderson yang bermaksud mengirim umpan bolanya menyentuh kaki bek Villarreal. Bola pun berubah arah dan mengecoh kiper Rulli. Skor 1-0 untuk Liverpool.

Keran gol untuk Liverpool mulai terbuka. Dua menit berselang, tepatnya menit 55, Sadio Mane sukses menggandakan keunggulan Liverpool. Berawal dari umpan Salah di sela kaki bek Villarreal, Mane yang onside tinggal mencocor bola tanpa bisa dihalau Rulli. Skor 2-0 untuk Liverpool.

Andy Robertson sempat menjebol gawang Villarreal pada menit 65. Sayang, Robertson sudah offside saat menerima umpan terukur Terent Arnold.

Anak asuh Juergen Klopp mulai mendikte pertahanan Villarreal. Upaya Fabinho pada menit 68 masih bisa dihalau Rulli. Bola muntah di kaki Luis Diaz yang langsung melapaskan tendangan kaki kanan juga masih diblok Albiol.

Unay Umery mulai memasukkan sejumlah pemain untuk penyegaran. Apalagi pemain Villarreal mulai keteteran menghadapi serangan Liverpool. Di kubu tuan rumah, Klopp menarik keluar Sadio Mane dan memasukkan Diogo Jota.

Upaya Luis Diaz sampai menit 77 belum juga berhasil ke gawang Villarreal. Tendangan kaki kirinya saat melakukan penetrasi ke kotak penalti masih belum menemui sasaran.

Baca Juga   Barca Selamat dari Kekalahan di Markas Espanyol

Hingga wasit asal Polandia Szymon Marciniak meniup peluit panjang, tak ada lagi gol tambahan tercipta. Menang 2-0, menjadi modal berharga Liverpool saat bertandang ke markas Villarreal pada Rabu 5 Mei 2022 pekan depan.

Susunan pemain :

Liverpool (4-3-3): 1-Alisson, 4-V. van Dijk, 26-A. Robertson, 66-T. Alexander-Arnold, 5-I. Konate, 14-J. Henderson, 6-Thiago Alcantara, 3-Fabinho, 11-Mohamed Salah, 10-S. Mane, 23-L. Diaz. Pelatih: J. Klopp

Villarreal (4-4-2): 13-G. Rulli, 3-Albiol, 12-P. Estupinan, 4-Pau Torres, 8-J. Foyth, 6-E. Capoue, 5-Dani Parejo, 19-F. Coquelin, 17-G. Lo Celso, 15-A. Groeneveld, 11-S. Chukwueze. Pelatih: Unai Emery. (*/mdi)