Jangan Parno, Ini 9 Tips Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan Selama Pandemi

Avatar Of Teddy Chaniago
21. Cemas | Buliran.com

BAGAIMANAPUN kita bersikap, namun tak bisa dipungkiri bahwa pandemi membuat kita memiliki raca cemas berlebih. Kadang rasa cemas itu bisa menguras tenaga dan emosi kita, terutama takut akan kehilangan seseorang yang kita cintai.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa cemas dan stres berlebihan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental agar terhindar dari cemas dan overthinking di masa sulit seperti sekarang ini?

Ni Kadek Hellen, S. Psi, M. Ed seorang pakar transpersonal dan konsultan yang telah berhasil mendampingi ribuan klien dalam bertransformasi, memberikan 9 tips mengubah kecemasan menjadi kebahagiaan di masa pandemi.

Berikut tipsnya:

1. Awali hari dengan fokus memperhatikan napas. Pejamkan mata, tarik dan hembuskan napas secara lembut, rileks, iringi dengan tersenyum. Lakukan selama 5 sampai 10 menit. Kemudian ucapkan rasa syukur, doa kebaikan untuk diri, sesama, dan alam semesta.

2. Berjemur sekitar 5 – 10 menit sambil memperhatikan napas. Usahakan tubuh dalam kondisi rileks, lalu perhatikan denyut jantung kita.

3. Menikmati makanan dan minuman dengan perlahan penuh kesadaran. Tanpa melihat gadget atau melakukan aktivitas yang lain.

4. Nikmati segala hal sekecil apapun yang biasa Anda lakukan. Entah itu bekerja, memasak, dan rutinitas harian lainnya. Lakukan dengan tenang. Sadari, syukuri, dan nikmati semuanya.

Baca Juga   Ayo Kurangi Radiasi Ponsel, Ikuti Tips Berikut