Elektabilitas Cawapres, Populi Center Tempatkan Sandiaga di Posisi Teratas

Avatar Of Teddy Chaniago
9. Sandi | Buliran.com

BuliranNews, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bertengger di posisi puncak terkait elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) jika pemilihan digelar saat survei. Hal ini merupakan salah satu temuan survei Populi Center. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta tersebut mendapatkan 16,6 persen.

“Pada pertanyaan terbuka, mayoritas masyarakat memilih Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Wakil Presiden apabila pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dilakukan hari ini dengan persentase 16,6 persen,” ujar peneliti Populi Center Rafif Pamenang Imawan, Minggu (24/4).

Setelah Sandiaga, kata Rafif, elektabilitas tertinggi kedua sebagai cawapres adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan tingkat keterpilihan 8,6 persen. Lalu. disusul Menteri BUMN Erick Thohir dengan elektabilitas 5,8 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 5 persen, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (5 persen), Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (3,8 persen), Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (3,7 persen), dan mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (3,6 persen).

“Adapun tokoh-tokoh lainnya mendapatkan persentase di bawah 3 persen. Namun, angka ini masih bisa berubah karena sebanyak 29,1 persen responden tidak tahu atau tidak jawab saat survei dilakukan,” ujar Rafif.

Survei Populi Center ini dilakukan dengan wawancara secara tatap muka pada 21-29 Maret 2022 terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat. Responden merupakan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 yang diambil dari 120 desa/kelurahan di 34 provinsi. Angka margin of error ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga   Penundaan Pemilu Berpotensi Lahirkan Anarki & Diktator